Tips Melindungi Data Pribadi Agar Tidak Disalahgunakan Hacker

data pribadi

Berita tentang pencurian dan penyalahgunaan data oleh hacker bukanlah sesuatu yang asing saat ini. Kabar tentang kebocoran data pengguna PLN, PeduliLindungi hingga beberapa marketplace sempat menjadi pembicaraan hangat media nasional beberapa waktu yang lalu. Mengapa penyalahgunaan data begitu berbahaya dan bagaimana cara mencegahnya?

Salah satu dampak paling nyata dari penyalahgunaan data adalah ketika informasi pribadi kamu digunakan untuk mengajukan pinjaman online yang sebenarnya bukan untukmu. Ini tentu akan sangat merugikan. Selain membuatmu harus membayar tagihan si pencuri data, reputasi dan skor kredit kamu juga bisa terpengaruh karenanya.

Untuk melindungi data pribadimu dari penyalahgunaan yang merugikan oleh hacker, simak beberapa tips berikut ini!

  

Buat Password yang Kuat

Salah satu penyebab paling umum dari pencurian data dan penyalahgunaan identitas adalah ketika password yang digunakan terlalu lemah. Ketimbang hanya fokus pada angka dan huruf, buatlah password yang tidak mudah ditebak oleh hacker.

Gunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, angka dan simbol. Lakukan penggantian password secara berkala. Hindari menggunakan password yang sama untuk beberapa situs yang berbeda. Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan tools password manager.
  

Hindari Overshare di Media Sosial

Kamu mungkin punya teman yang selalu memposting hampir semua aktivitas yang mereka lakukan di media sosialnya. Hal semacam ini tidak hanya mengganggu bagi orang yang melihatnya, tapi juga berisiko membuat informasi pribadi milik mereka jadi berbahaya. Informasi pribadi yang terlalu banyak dibagikan di media sosial bisa menjadi celah bagi para hacker untuk masuk.

Jika ingin memposting, pastikan tidak ada informasi yang terlalu detail di dalamnya. Periksa pengaturan privasi untuk memilih siapa saja yang bisa melihat postinganmu. Berhati-hatilah saat memposting lokasi, tempat tinggal, tempat tanggal lahir dan detail personal lainnya.
  

Hati-hati Saat Menggunakan WiFi Gratis

Ketika sedang berada di area umum, memanfaatkan WiFi gratis yang tersedia adalah hal yang umum. Sebagian besar jaringan WiFi gratis memang sudah dilengkapi dengan pengaman. Namun, bukan berarti ini membuat WiFi gratis sepenuhnya bebas dari peretas.

Pastikan kamu hanya menggunakan jaringan internet pribadi sebelum mengakses situs atau kartu kredit yang membutuhkan PIN dan password. Mengakses data penting dengan menggunakan jaringan Wi-Fi berisiko menyebabkan kebocoran data yang merugikan.
  

Perhatikan Setiap Tautan dan Attachment yang akan Kamu Buka

 

Hacker itu sangat licik. Mereka kerap membuat penipuan dengan cara phishing agar terlihat seperti komunikasi yang sah dari sebuah perusahaan, bank atau entitas lainnya. Mereka kadang sengaja membuat alamat email yang mirip dengan beberapa perbedaan dari ejaan. Jika tidak teliti, sangat mudah bagi penerima email tersebut untuk terkecoh.

Jika kamu menerima email yang mengaku dari perusahaan atau bank tertentu, cek dengan teliti alamat emailnya. Jangan membuat tautan atau mengunduh attachment (lampiran) yang mereka sertakan karena itu bisa jadi adalah malware yang akan menginfeksi perangkatmu. Jika perangkatmu sudah terinfeksi, sangat mudah bagi para penjahat ini untuk mencuri data termasuk informasi pribadi yang kamu simpan di dalamnya.

  

Periksa Keamanan Setiap Situs Ketika Akan Login

Sebelum memasukkan informasi personal seperti nomor kartu kredit atau nomor identitas ke sebuah website. Jika ada simbol gembok atau URL situs dimulai dengan “https”, maka bisa dipastikan situs tersebut sudah aman.

 

Pertimbangkan untuk Menggunakan Proteksi Tambahan

tips melindungi data

Meng-install antivirus, anti-spyware dan firewall bisa memberikanmu perlindungan tambahan saat berselancar di internet. Jika ingin membeli software tambahan untuk kebutuhan kerja dan bisnis, pastikan juga kamu mendapatkannya dari reseller yang terpercaya.

nusa.id di bawah naungan PT. Media Antar Nusa menyediakan beragam produk termasuk web hosting cPanel dan layanan berlangganan Google Workspace. Tidak hanya menjamin kemudahan, nusa.id juga menjamin keamanan semua produk yang akan kamu gunakan. Hubungi kami di sini untuk berkonsultasi!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting