Terms of Service

last update : 29 November 2019

General Service Agreement

Pelanggan atau Calon Pelanggan PT. Media Antar Nusa (NUSA.ID CLOUD) selanjutnya disebut nusa.id cloud wajib membaca dan menyetujui Service Agreement nusa.id cloud pada saat mendaftar sebagai Pelanggan, dan tidak dapat melanjutkan pemesanan jika tidak setuju dengan Service Agreement nusa.id cloud. Service Agreement ini berisikan kontrak antara nusa.id cloud , Perusahaan penyedia layanan Cloud Server, Pendaftaran Domain, VPS Server Singapore, Dedicated Server, G Suite By Google Cloud, Dan Layanan Nusa Cloud Mail yang berkedudukan di Medan Sumatera Utara Indonesia, dan pelanggan yang menyewa layanan di nusa.id cloud.Untuk menghindari perselisihan yang mungkin terjadi kemudian hari, maka dengan membaca dan memahami Service Agreement ini, nusa.id cloud dan Pelanggan menyatakan telah sepakat untuk melaksanakan dan menyetujui seluruh dari isi Service Agreement ini atas peraturan yang disebutkan di halaman ini, termasuk kedalam rujukan detail Seperti Service Level Agreement, Term Of Service, Acceptable Use Policy, Privacy Policy, Refund Policy, Migrasi Pelanggan, Pembatasan Tanggung Jawab & Layanan dan Service Agreement G Suite By Google.Segala Urusan yang terkait dengan Legal, Abuse dan MSA, dapat ditujukan kepada :

nusa.id cloud
Jalan H. Misbah Komplek Multatuli Indah Blok D No. 1
Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun
Medan 20151 Sumatera Utara Indonesia
Telephone +62 61 455 8100 / +62 21 502 00360
Email : cs@nusa.id

Layanan Bantuan Pelanggan & Calon Pelanggan
Email Informasi Umum : cs@nusa.id
Email informasi Tagihan & Pembayaran : billing@nusa.id
Email informasi abuse : abuse@nusa.id
Bantuan Teknis Layanan : Melalui email ke support@nusa.id

Penggunaan Bahasa
Layanan nusa.id cloud dan Perjanjian ini, dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia serta menggunakan istilah – istilah yang wajar dipergunakan dalam bidang komunikasi internet atau Komputer, baik itu di Indonesia maupun Internasional, serta dimengerti oleh nusa.id cloud dan Pelanggan.

Catatan: nusa.id cloud berhak untuk menambahkan / mengubah / mengurangi isi dari Service Agreement, termasuk Term Of Service, Acceptable Use Policy, Service Level Agreement, Privacy Policy, Refund Policy, Pembatasan Tanggung Jawab & Layanan, dan Aturan lain-lain dimana keseluruhan perubahannya mengikat antara nusa.id cloud dan Pelanggan dimana Para pihak tidak mengacu kepada Pasal 1266 & 1267 KUHP. nusa.id cloud akan memberitakan perubahan aturan yang berlaku di nusa.id cloud di halaman Service Agreement, dan di Website nusa.id cloud terutama yang terkait dengan Penghentian Berlangganan, Biaya Berlangganan, atau Perubahan Mayor. Pelanggan wajib memperhatikan aturan yang berlaku di nusa.id cloud dalam periode tertentu untuk memastikan bahwa pelanggan tetap mengupdate informasi dari nusa.id cloud. Permintaan secara khusus oleh Pelanggan mengenai perubahan apapun dari isi Service Agreement, harus dilakukan secara tertulis kepada nusa.id cloud dan akan melalui proses review terlebih dahulu namun tidak menjamin apakah akan disetujui atau tidak disetujui.

Service Level Agreement

  1. Pelanggan yang menyewa layanan di nusa.id cloud menyatakan dan menyetujui bahwa Layanan yang digunakan merupakan tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya, Pelanggan akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pelanggan secara langsung maupun tidak langsung, ataupun kerugian karena kehilangan pendapatan/keuntungan nyata yang diharapkan Pelanggan, dan tuntutan dari pihak manapun atas terganggunya pelayanan jasa nusa.id cloud, apabila  kejadian tersebut terjadi, maka Pelanggan tidak dapat menyalahkan nusa.id cloud dalam bentuk apapun. nusa.id cloud tidak menanggung segala kerusakan, kehilangan data, kerusakan sistem komputer, dan tidak memberikan kompensasi apapun, yang diakibatkan oleh penggunaan layanan atau aplikasi Pelanggan dalam nusa.id cloud (termasuk kedalam, tapi tidak terbatas pada : downnya koneksi dari pihak ISP, error koneksi ISP Pelanggan, kerusakan hardware, peretasan akun Pelanggan, kesalahan Pelanggan, kelalaian staf nusa.id cloud yang tidak sengaja, dan lain sebagainya).
  2. nusa.id cloud akan memberitahukan status server yang digunakan oleh Pelanggan dan akan memberikan data antara lain : informasi data center, network usage jika terjadi masalah, koneksi atau interkoneksi, penggunaan storage, load server,  sebagian data tersebut dapat Pelanggan lihat pada Control Panel yang telah disediakan nusa.id cloud kepada klien. nusa.id cloud akan berusaha memberitahukan dalam rentang waktu 24 hingga 48 jam sebelumnya melalui e-mail, social media atau website untuk tindakan seperti restart server, pemindahan server ke data center lain, pergantian DNS, penggantian IP, serta hal-hal penting lainnya, jika memang dirasa perlu. Kepemilikan terhadap IP Address yang dipergunakan oleh nusa.id cloud merupakan milik Data Center / ISP tempat server nusa.id cloud berada atau nusa.id cloud sendiri, dan dapat diganti atau diminta dikembalikan sewaktu-waktu atas permintaan nusa.id cloud / Data Center / ISP tempat server berada, Tidak terdapat kepemilikan Pelanggan terhadap IP Address yang dipergunakan.
  3. nusa.id cloud akan menghubungi Pelanggan dengan mempergunakan alamat email utama klien yang terdapat di database nusa.id cloud, seputar layanan yang nusa.id cloud berikan atau yang akan diberikan, juga memberitahukan tentang informasi tagihan / pembayaran atau pengumuman penting tentang status server, Pelanggan wajib untuk mengecek inbox emailnya dalam selang waktu maksimum 3 hari sekali. Pelanggan juga wajib untuk mengganti atau memperbaharui alamat emailnya dalam database nusa.id cloud jika Pelanggan menginginkan dihubungi dengan alamat email berbeda, atau email Pelanggan mengalami gangguan.
  4. nusa.id cloud akan berusaha menjaga sebaik – baiknya data Pelanggan di server nusa.id cloud yang bersifat pribadi atau rahasia seperti: source code, atau data yang tidak ingin diperlihatkan kepada pihak lain, seperti database, atau data di directory home Pelanggan, kecuali jika Pelanggan sendiri yang mengatur agar data dapat diperlihatkan kepada pihak lain.
  5. nusa.id cloud tidak dapat memberikan jaminan bahwa situs dengan tingkat traffic tertentu (mis: sekian pageview/unique visitor per hari atau sekian hit/hari) atau menggunakan software tertentu dapat berjalan dengan normal yang dijalankan oleh server shared hosting, cloud server, atau layanan lain di nusa.id cloud. Pelanggan tidak akan mendapatkan pengembalian dana jika layanan yang digunakan tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan pelanggan mengajukan penghentian layanan.
  6. nusa.id cloud menginstall server dalam keadaan standar dan mayoritas program open source bisa berjalan, nusa.id cloud tidak dapat memberikan jaminan bahwa program yang pelanggan pergunakan / akan dipergunakan dapat berjalan dalam kondisi ini, Pelanggan diharuskan membuat penyesuaian terhadap lingkungan server nusa.id cloud.
  7. nusa.id cloud tidak dapat memberikan jaminan kepastian kepada Pelanggan bahwa program – program yang diinstall dan berada di server nusa.id cloud akan tetap berada pada versi tertentu. nusa.id cloud berhak mengupgrade atau mendowngrade program yang diinstall di server nusa.id cloud untuk keamanan atau alasan lain, dan akan mencoba menginformasikan mengenai tindakan ini kepada Klien apabila dirasa perlu oleh nusa.id cloud.
  8. nusa.id cloud berhak untuk menolak pendaftaran calon pelanggan yang dinilai mencurigakan dan akan berakibat fatal jika diterima, atau mengandung unsur terkait dengan tindakan kriminal seperti perjudian, hacking, pornografi, spamming atau hal – hal lain yang bertentangan dengan perundang – undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Term Of Service

Pelanggan Menyetujui Termin berlangganan di nusa.id cloud sebagai berikut:

  1. Masa Berlangganan : Pelanggan menyetujui berlangganan sesuai dengan kontrak yang disewa sesuai dengan pesanan yang dilakukan Pelanggan atau Staff nusa.id cloud yang disetujui oleh Pelanggan dan telah disetujui nusa.id cloud, baik itu Bulanan, Tiga Bulan, Enam Bulan, Dua Belas Bulan, Dua Puluh empat Bulan, Tiga Puluh enam Bulan, Terkecuali ada perjanjian sebelumnya secara tertulis dengan nusa.id cloud. Setiap layanan akan diperbaharui otomatis setiap akhir masa berlangganan, terkecuali ada pembatalan secara tertulis kepada nusa.id cloud. nusa.id cloud akan melakukan penghentian layanan sepihak apabila Pelanggan tidak membayar layanan atau apabila Pelanggan melanggar isi dari Service Agreement nusa.id cloud.
  2. Biaya Berlangganan : Biaya berlangganan yang disewa oleh pelanggan mulai dipergunakan pada saat tanggal aktivasi (Anniversary Billing Date) untuk semua layanan yang terkait dengan layanan yang dipesan, termasuk One Time Fees, Upgrade dan Add On Services, Pembatalan, dan Deposit. Biaya akan ditagihkan di awal tanggal pemesanan, dan akan ditagihkan sebelum periode langganan berakhir.
  3. Biaya Upgrade / Downgrade : Upgrade/Downgrade yang dilakukan Saat Anniversary Billing Date akan ditagihkan secara penuh untuk kontrak baru, dan akan dilanjutkan penagihannya di 7 hari sebelum kontrak berakhir. Upgrade/Downgrade baru dapat dilakukan jika Pelanggan tidak memiliki tagihan yang belum dibayar sebelumnya, dan akan dilakukan biaya prorata (dihitung selisihnya) menuju anniversary billing date berikutnya, dan ditagihkan sebagai tagihan one time fee prorata. Tagihan berikutnya akan dilakukan secara penuh seperti biaya normal pada Anniversary Billing Date.
  4. Biaya Add On atau Layanan Tambahan : Biaya ini merupakan biaya layanan tambahan yang disewa oleh Pelanggan nusa.id cloud, dan akan ditagihkan secara penuh pada kontrak berikutnya, dan akan otomatis diperpanjang juga pada kontrak berikutnya.  Jika dipesan pada saat kontrak berjalan, maka akan ditagihkan secara prorata.
  5. Biaya One Time Fee : Biaya One Time Fee atau Biaya satu kali, seperti biaya Instalasi (Setup) / Re instalasi, Administrasi, Biaya keterlambatan pembayaran, Denda, Biaya Extended Support  / Manage Server – Sesekali / Tidak berlangganan, Biaya Over Usage Space / Bandwidth, akan ditagihkan secara terpisah dengan biaya standar yang ada di nusa.id cloud, atau ditagihkan sesuai dengan perjanjian yang dilakukan secara tertulis melalui Support Ticket dengan approval dari nusa.id cloud.
  6. Pajak : Pelanggan wajib untuk membayar pajak di Negaranya, Propinsi, atau daerah, untuk segala layanan yang disewa di nusa.id cloud.  nusa.id cloud menagih pajak sebesar 10% (PPn) Kepada Pelanggan di Indonesia. Pembayaran Pelanggan kepada nusa.id cloud adalah Penuh, dan tidak dipengaruhi oleh potongan pajak yang berlaku sebagai aturan di Perusahaan / Lembaga tertentu. Biaya materai dan biaya lain lain yang timbul akibat kegiatan pendaftaran di nusa.id cloud yang diperlukan secara administrasi oleh Pelanggan, akan ditanggung 100% oleh Pelanggan.
  7. Deposit : Deposit akan dimasukkan kedalam akun Pelanggan dan dapat dipergunakan untuk mengurangi pembayaran tagihan berikutnya. Deposit tidak dapat dikembalikan atau diuangkan dalam bentuk tunai, atau sebagai cash back kepada Pelanggan dengan alasan apapun, dan tidak dapat ditransfer kepada pemegang akun lain.  Deposit akan kadaluarsa jika akun Pelanggan diterminasi atau memindahkan akunnya ke Pelanggan lain.
  8. Pembatalan  / Penghentian Layanan / Perubahan Layanan : Dikarenakan pembatalan layanan / perubahan Layanan yang dipergunakan Pelanggan di nusa.id cloud adalah layanan otomatis, nusa.id cloud memerlukan Permohonan untuk pembatalan melalui Permohonan Tertulis melalui Support Ticket di Portal layanan Pelanggan nusa.id cloud, Paling Lambat 15 Hari sebelum layanan Berakhir di Anniversary Billing Date, Terkecuali untuk Produk Dedicated Server dan Layanan G Suite By Google, Harus dilakukan Paling Lambat 30 Hari sebelum layanan Berakhir. Jika tidak melakukan permohonan tertulis ini, maka Pelanggan akan dikenakan biaya berlangganan penuh sesuai dengan layanan yang digunakan, dan PELANGGAN WAJIB UNTUK MEMBAYAR TAGIHAN SISA TERSEBUT SEBAGAI KEWAJIBAN PELANGGAN. Seluruh data pelanggan dari layanan yang telah dihentikan sewanya akan diterminasi untuk keamanan dan alasan privasi, terkecuali diperlukan untuk tindakan Hukum.
  9. Refund dan Penyelesaian Kasus : Semua layanan yang disewa oleh Pelanggan di  nusa.id cloud tidak dapat direfund. Termasuk Biaya Setup, One Time Fee, Biaya Berlangganan, Biaya Upgrade, Layanan Tambahan, Biaya Administrasi, Biaya keterlambatan. Dalam kasus tertentu, Pihak nusa.id cloud dapat memutuskan untuk melakukan refund kepada Pelanggan atau tidak. Jika Pelanggan melakukan kelebihan pembayaran, dan Pelanggan menginginkan adanya pengembalian pembayaran untuk kelebihan pembayaran tersebut, dalam hal ini Pelanggan menyetujui untuk menanggung biaya administrasi yang dikenakan oleh Bank atau Perusahaan jasa pembayaran yang ditagihkan melalui nusa.id cloud. Pembatalan layanan yang telah diaktifkan secara sepihak oleh Pelanggan, tidak terdapat pengembalian uang (refund) dengan alasan apapun.  Refund akan dilakukan max 14 Hari Kerja ke akun bank yang digunakan pembayaran oleh Pelanggan.
  10. Upgrade / Downgrade : Semua layanan upgrade untuk jenis Cloud Server adalah prorata, Pelanggan hanya membayar selisih biaya yang timbul akibat naiknya layanan yang disewa, dengan memerhatikan pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya. Apabila Pelanggan melakukan downgrade, maka kelebihan pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya tidak berlaku (tidak dapat dikembalikan). Untuk layanan Dedicated Server / Colocation Server, upgrade tidak dilakukan secara prorata. Pelanggan hanya dapat meminta untuk Upgrade / Downgrade layanan sebelum tagihan dikeluarkan oleh sistem. Apabila tagihan sudah dikeluarkan, maka diwajibkan untuk menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu, baru dapat melakukan upgrade / downgrade.
  11. Pelanggan Yang Tidak Membayar :  Semua pembayaran akan jatuh tempo pada Anniversary Billing Date. Kegagalan atau keterlambatan melakukan pembayaran pada Anniversary Billing Date akan melanggar Term Of Service. Kepada Pelanggan yang tidak membayar pada saat Anniversary Billing Date, layanannya akan langsung dihentikan sementara (suspend) secara otomatis. Peraturan masa suspend ini berlaku untuk semua layanan di nusa.id cloud. (terkecuali layanan Dedicated Server, Cloud Server Indonesia, Cloud Server Singapura, G Suite By Google Cloud) Terlambat membayar 1 hari akan dihentikan langsung layanannya). Pelanggan yang tidak membayar 5 Hari setelah Anniversary Billing Date akan dihapus layanannya dari nusa.id cloud, dan akan dikenakan biaya Reaktivasi yang akan dikenakan untuk berlangganan berikutnya (Jika data masih tersedia).  Pelanggan yang tidak membayar nama domain dalam kurun waktu tertentu setelah anniversary billing date akan dikenakan denda 10 kali lipat dari harga domain normal jika domain telah masuk kedalam masa restore (dan masih dapat direstore). Pelanggan tetap memiliki kewajiban untuk melunasi pembayaran atas seluruh tagihan yang masih tersisa di nusa.id cloud jika tidak melakukan permohonan pembatalan / Penghentian Berlangganan.
  12. Layanan : nusa.id cloud menyediakan Layanan (sesuai dengan paket yang disewa oleh Pelanggan), dan fasilitas Pelanggan di nusa.id cloud, seperti website nusa.id, e-mail dan telepon, layanan registrasi nama domain, kebutuhan operasional server seperti back up data, backup power, dukungan teknis 24 Jam dan jasa terkait layanan lainnya.
  13. nusa.id cloud berhak memutuskan kontrak dan layanan kepada Pelanggan secara sepihak apabila Pelanggan melakukan tindakan buruk atau hal yang tidak sopan atau tidak berprikemanusiaan secara berlebihan atau melampaui batas-batas kesopanan terhadap nusa.id cloud, layanan, dan Staff nusa.id cloud.
  14. nusa.id cloud berhak menuntut ganti rugi apabila pihak Pelanggan atau mantan Pelanggan dengan sengaja mencemarkan nama baik nusa.id cloud di media massa, Mailing List, Forum, Social Media, Surat, atau sejenisnya.
  15. nusa.id cloud berhak untuk menolak permintaan Pelanggan untuk mengeluarkan informasi yang terdapat dalam nusa.id cloud dalam bentuk apapun, yang bukan merupakan hak Pelanggan.
  16. nusa.id cloud tidak dapat mengembalikan dana yang telah dibayarkan oleh Pelanggan, apabila terjadi musibah, kerusuhan, huru-hara, Peperangan, Force Majeure, Kebakaran, Bencana alam, atau segala hal yang tidak diinginkan dan diluar kemampuan nusa.id cloud.
  17. Pendaftaran : Pelanggan yang melakukan pendaftaran layanan di nusa.id cloud adalah Pihak Pribadi atau badan hukum yang dapat melakukan perjanjian dan wajib mendaftar secara online di website nusa.id cloud / offline dengan bantuan staff nusa.id cloud serta Memilih layanan yang dipe.
  18. nusa.id cloud tidak dibebani tanggung jawab apabila terjadi kesalahan pesanan akibat Pelanggan tidak mengisi formulir yang disediakan oleh nusa.id cloud dengan benar, atau Pelanggan telah membayar tetapi invoice pesanan tidak masuk ke nusa.id cloud.
  19. Pelanggan harus memberikan data secara akurat dan lengkap (Alamat fisik, Email utama, Email sekunder, Telepon utama, Handphone, Scan / Foto KTP/Identitas, dsb) sesuai dengan permintaan nusa.id cloud dan memperbaharui data tersebut jika ada perubahan.
  20. Jika Pelanggan memberikan data palsu, atau tidak akurat, atau membuat nusa.id cloud mengalami kesulitan menghubungi Pelanggan (pindah alamat, ganti nomor telepon atau hp mati/rusak, email mental, email tidak diterima, dsb) maka Pelanggan tidak akan menyalahkan nusa.id cloud dengan alasan apapun jika nusa.id cloud menghentikan layanan yang disewa Pelanggan.
  21. Pelanggan menyetujui segala aturan yang berada dan terkait dengan Service Agreement nusa.id cloud dan memberikan kuasa penuh kepada  nusa.id cloud untuk menghentikan / mengurangi / menghapus / menghentikan sementara / permanen terhadap isi website / program / data Pelanggan yang disimpan di nusa.id cloud jika terjadi pelanggaran terhadap Service Agreement nusa.id cloud. Jika Pelanggan dalam kasus pelanggaran tersebut ditemukan bahwa Pelanggan tidak bersalah / lalai, dan dalam keadaannya Pelanggan harus memindahkan datanya keluar jaringan nusa.id cloud, maka dana yang ditimbulkan akibat pemindahan tersebut menjadi tanggung jawab pelanggan. Dana yang telah dibayarkan ke nusa.id cloud tidak dapat dikembalikan.
  22. Pembayaran melalui Bank Transfer : Pemrosesan pembayaran melalui Bank Transfer membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran dilakukan oleh Pelanggan.
  23. Perselisihan kepemilikan Akun / Layanan : Jika suatu saat terjadi perselisihan kepemilikan account atas layanan yang disewa, maka data pemilik yang akan dijadikan acuan yang benar oleh nusa.id cloud adalah data yang dimasukkan pertama kali sewaktu pendaftaran awal di nusa.id cloud. nusa.id cloud berhak mengembalikan / mengubah data kontak akun sesuai dengan data pendaftar pertama kali di nusa.id cloud, meskipun data kontak tersebut telah diperbaharui, atau diubah oleh pihak lain. Terdapat pengecualian dari aturan di atas, apabila nusa.id cloud diperintahkan oleh pihak berwenang untuk mengganti kepemilikan account kepada pemilik asli yang sah (misalnya pemilik trademark/hak dagang), walaupun pemilik tersebut bukanlah pendaftar awal yang melakukan pendaftaran di nusa.id cloud. Pengecualian kedua adalah jika pihak lama telah menyetujui nusa.id cloud melakukan transfer kepemilikan sebagaimana diatur dan dijelaskan pada penjelasan sebelumnya. Segala perselisihan yang timbul dalam pelaksanaan layanan nusa.id cloud, baik itu yang tercantum dalam perjanjian kontrak ataupun tidak, antara nusa.id cloud dengan Pelanggan akan diselesaikan secara musyawarah oleh para pihak terkait.

Acceptable Use Policy

nusa.id cloud sebagai perusahaan penyedia jasa Cloud Server, Dedicated Server, VPS Server Singapore, Pendaftaran Domain, G Suite By Google Cloud dan Nusa Cloud Mail di Indonesia memberikan keleluasaan kepada Pelanggan dalam mengatur isi dari website Pelanggan, namun setiap data yang diletakkan di nusa.id cloud wajib mengikuti ketentuan terhadap penggunaan layanan nusa.id cloud.

nusa.id cloud berhak untuk menghapus, mengedit, menangguhkan, terhadap sebuah file / program yang terdapat dalam akun Pelanggan, baik file atau program tersebut dalam kondisi idle maupun sedang dalam proses, jika file atau program tersebut berbahaya / mencurigakan / melanggar Acceptable Use Policy nusa.id cloud.

Konten dan Aktivitas Pada Server

  1. Konten atau tindakan yang melanggar hukum Indonesia atau Hukum Internasional.
  2. Memasang Bot IRC / Program Chat, Team Speak, Eggdrop / BNC, IRC server, Autolike, Peer2Peer / Downloader, Program Mining Cryptocurrency, PROXY, PHP SHELL, Phising, Spoofing, DDOS, Spamming dan sejenisnya.
  3. Konten yang berisi penghinaan, teror, fitnah, fraud, penipuan, Phising, tindakan Asusila / Pornografi, dalam bentuk gambar, tulisan, foto, video, dan sejenisnya.
  4. Konten menjual atau melakukan bisnis atau bertransaksi PERJUDIAN, NARKOBA, dan obat-obatan tanpa izin dari pihak berwenang.
  5. Konten yang dapat menimbulkan pertentangan politik dan keamanan, SARA, penghasutan, penyudutan terhadap orang atau kelompok organisasi tertentu atau pihak lainnya.
  6. Konten yang menyebarkan atau menyimpan material bersifat kepemilikan hak cipta yang tidak dimiliki izin reproduksi/siarnya yang melanggar ketentuan hukum Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau DMCA.
  7. Konten yang menawarkan SPAMMING, HOAX, Hacking / Cracking, Pencurian Data, Ponzi Scheme, SCAM.
  8. Melanggar ketentuan upstream provider / pihak ISP  / Data Center yang dipergunakan server nusa.id cloud.

Proses Restorasi Data

Proses restorasi data dari hasil backup nusa.id cloud dilakukan dari sisi nusa.id cloud dengan permintaan dari Pelanggan.  Setiap permintaan restorasi data akan menghapus data eksisting. Pelanggan wajib membackup (dan mendownload) datanya terlebih dahulu. TIdak ada jaminan bahwa data akan tetap akurat akibat proses backup.

Penyimpanan Data Backup

Penyimpanan data backup dilakukan oleh nusa.id cloud maksimal 30 (tiga puluh) hari setelah pelanggan tidak melanjutkan layanan di nusa.id cloud, dan akan dikenakan biaya backup jika pelanggan memerlukan data tersebut selama data tersedia.

Penggunaan Layananan Nusa Cloud Mail

Pengguna layanan atau fasilitas email di nusa.id cloud, tidak diperkenankan melebihi hal berikut :

  1. Mengirimkan atau mendistribusikan email SPAM atau Phising atau sengaja membuat hal tersebut.
  2. Melakukan pengiriman email massal atau mail bombing.
  3. Mengirimkan email melebihi jumlah ketentuan setiap paket yang tersedia.
  4. Mengirimkan materi yang bersifat larangan pada AUP nusa.id cloud.
  5. Mengirimkan email melanggar kebijakan atau aturan dari ISP atau DATA CENTER atau Upstream yang digunakan nusa.id cloud.

Sanksi Terhadap Pelanggaran Acceptable Use Policy

Keputusan nusa.id cloud pada setiap pelanggaran yang ditemukan bersifat Final. Apabila Pelanggan dengan sengaja / tidak sengaja melanggar peraturan pada Acceptable Use Policy nusa.id cloud.com, maka nusa.id cloud secara sepihak berhak untuk :

  1. Menghentikan sementara  atau permanen terhadap akun Pelanggan.
  2. Mengurangi fitur dari layanan yang digunakan Pelanggan.
  3. Memberikan peringatan melalui e-mail atau langsung kepada Pelanggan atau menggunakan media lainnya.
  4. Menerapkan denda terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Pelanggan sesuai dengan kerugian yang ditimbulkan.

Privacy Policy

nusa.id cloud menghargai Privacy Pengguna layanan nusa.id cloud, dengan tujuan untuk menjelaskan batasan Privacy antara Pelanggan dan nusa.id cloud maka berikut adalah penjelasan mengenai hal tersebut.

Jenis data yang dikumpulkan nusa.id cloud :

  1. Otomatisasi dalam artian metoda komunikasi, protokol yang dipergunakan, dan Cookies.
  2. Pendaftaran Online dan juga Formulir Offline yang disediakan.
  3. Transaksi dan Permintaan kepada Sales, Billing, Abuse, dan Technical Support
  4. Komunikasi Online Pelanggan kepada nusa.id cloud dan Interaksinya.
  5. Komunikasi Offline Pelanggan kepada nusa.id cloud dan Interaksinya.
  6. Identitas Resmi Pelanggan / Perusahaan Pelanggan berbentuk KTP / SIM / Passport, SIUP / NPWP / TDP, Jika diperlukan oleh Pihak Ketiga dan nusa.id cloud.
  7. Surat Pernyataan, Surat Permohonan, Surat Keterangan, syarat pendaftaran, dan hal terkait baik itu offline maupun online.
  8. Data asli untuk pendaftaran nama domain dan layanan nusa.id cloud.

Keamanan Data Pribadi Pelanggan nusa.id cloud

nusa.id cloud menjamin keamanan data Pelanggan yang dimasukkan kedalam database nusa.id cloud baik itu secara fisik, maupun secara elektronik dengan membuat hak akses berbeda kepada setiap Staff nusa.id cloud.

Data yang dikumpulkan tidak akan disalahgunakan penggunaannya diluar jaringan nusa.id cloud, Jika terjadi penyalahgunaan data tersebut diluar jangkauan nusa.id cloud, maka akan segera melakukan tindakan dan memberitahukan kepada Pelanggan untuk mengganti data tersebut.

nusa.id cloud tidak menjual data Pelanggan ke pihak manapun, dan akan menghancurkan atau memusnahkan data Pelanggan apabila layanan nusa.id cloud tidak lagi dipergunakan atau tidak diperpanjang lagi oleh Pelanggan, atau atas permintaan Pelanggan.

Keamanan Data Kartu Kredit Pelanggan nusa.id cloud

nusa.id cloud menjamin keamanan data kartu kredit pelanggan yang dimasukkan kedalam website pembayaran payment.ipay88.co.id.

nusa.id cloud tidak menyimpan data kartu kredit milik pelanggan.

Penggunaan Data Pelanggan di luar nusa.id cloud

Pelanggan menyetujui jika dikemudian hari nusa.id cloud diminta memberikan informasi kontak Klien kepada lembaga / instansi resmi dari kepolisian, pemerintahan atau kenegaraan baik itu tingkat nasional maupun internasional. Diluar kebutuhan ini, maka informasi Pelanggan akan dijamin kerahasiaannya oleh nusa.id cloud agar tidak disalah gunakan ( dan dienkripsi), terkecuali data pribadi Pelanggan yang tampil dalam whois information, jika data ini disimpan / di cache atau ditangkap oleh situs lain, maka hal ini diluar tanggungan nusa.id cloud. Jika Pelanggan tidak ingin data ini dipublikasikan, harap segera merequest privacy protect/masking (Rp.50.000 (belum termasuk ppn)) untuk whois domain (tidak tersedia di semua extensi domain) pada saat memesan / mengaktifkan pesanan domain tersebut.

Jaminan Perlindungan Data Pada Server Pelanggan

  1. nusa.id cloud hanya menyediakan sarana prasarana untuk peletakan konten milik Pelanggan.
  2. nusa.id cloud tidak mencampuri atau membuat atau mengubah konten milik Pelanggan tanpa persetujuan Pelanggan sebelumnya. Terkecuali terdapat tindakan darurat yang membuat nusa.id cloud harus mengubah / mengedit / menghapus konten milik pelanggan – dalam hal ini Pelanggan akan diinformasikan mengenai perubahannya.
  3. nusa.id cloud menjaga kerahasiaan data Pelanggan, termasuk nomor telepon dan juga isi dari server, terkecuali jika Pelanggan yang membukanya kepada publik, atau meminta untuk dipublikasikan. Pada Saat Pendaftaran, Pelanggan Wajib menggunakan data Asli dan dapat meminta untuk menutupi data informasi pada nama domain apabila diizinkan oleh registry.

Refund Policy

  1. Pelanggan melakukan request paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah pembayaran dilakukan, Jika lebih dari 10 (sepuluh) Hari setelah pembayaran maka pengembalian dana tidak dapat diproses.
  2. Team finance nusa.id cloud akan melakukan verifikasi, dan jika proses disetujui, maka akan dilakukan pengembalian dana.
  3. Pengembalian dana dapat dilakukan hanya kedalam metoda pembayaran yang sama
  4. dengan yang dilakukan oleh Pelanggan. Pelanggan wajib menyerahkan data sebagai berikut :
    1. Bukti Pembayaran
    2. Nomor Invoice
    3. Nama Pelanggan
    4. Nomor Telepon
    5. Email
    6. Metoda Pembayaran
  5. Biaya yang timbul ketika melakukan proses pengembalian dana maka akan dibebankan kepada pelanggan.
  6. Waktu pemrosesan pengembalian dana dilakukan dalam masa 7 – 14 hari kerja.

Apa saja yang dapat di Refund ?

  1. Kesalahan pembayaran (Salah Transfer, Kelebihan Transfer).
  2. Pembatalan pesanan dari sisi nusa.id cloud (apabila pesanan/layanan belum diaktifkan).

Pembatasan Tanggung Jawab & Layanan

Pembatasan tanggung jawab dan layanan yang disediakan oleh nusa.id cloud

  1. Konten dan Program Di Dalam Server, nusa.id cloud tidak menanggung isi dari website klien dari kejadian seperti :
    1. Terhapusnya isi website klien, kejadian website cracking, atau defacement atau hal lain yang timbul akibat kelalaian atau tindakan Pelanggan, Pelanggan wajib mengupgrade software / program yang dipergunakan sendiri.
    2. Program atau aplikasi yang dipergunakan oleh Pelanggan.
    3. Keterbatasan kemampuan klien dalam mempergunakan layanan nusa.id cloud, seperti kemampuan pemrograman, kemampuan membaca atau memahami manual atau referensi yang disediakan, kemapuan mempergunakan program, kemampuan mengoperasikan layanan yang disewa, yang dimana hal ini merupakan kewajiban Pelanggan untuk mempergunakan & mempelajarinya sendiri.
    4. Keakuratan  isi konten pada Server Pelanggan yang di sewa ke nusa.id cloud, serta hal-hal yang dapat timbul akibat isi server pelanggan, baik itu tuntutan dari pihak ketiga, atau apapun juga atas segala hal yang terjadi akibat isi dari situs Pelanggan.
    5. Hilangnya sebagian atau keseluruhan isi atau konten Pelanggan yang ditempatkan pada server yang disewa dari nusa.id cloud baik itu akibat kelalaian klien, atau kelalaian staff nusa.id cloud atau kejadian lain.
    6. Force Majeur , Bencana Alam, Kebakaran, Kebanjiran, Huru-Hara, dan segala kejadian yang tidak diinginkan diluar kekuasaan dan kemampuan nusa.id cloud, untuk kejadian seperti ini, maka Pelanggan akan membebaskan nusa.id cloud dari tuntutan apapun.
    7. Kerugian karena kehilangan pendapatan/keuntungan nyata yang diharapkan pelanggan, dan tuntutan dari pihak manapun atas terganggunya pelayanan jasa nusa.id cloud.
  2. Nama Domain : nusa.id cloud tidak menanggung hal terkait dengan nama domain sebagai berikut :
    1. Kelalaian Klien atau Staff nusa.id cloud, baik itu sengaja ataupun tidak sengaja.
    2. Gangguan hacker, atau virus dan spam terhadap website klien.
    3. Perubahan sistem atau terganggunya sistem registrar domain nusa.id cloud yang berada di Luar Negeri maupun Dalam Negeri / Hari Libur Registrar.
    4. Terjadi perubahan dari sistem internet di seluruh dunia.
    5. Pembajakan domain / terhapusnya nama domain dari sistem akibat klien yang terlambat membayar.
    6. Perpindahan datacenter server nusa.id cloud yang mengakibatkan perubahan IP Adress.
    7. Force majeur, bencana alam, dan putusnya jaringan internet.
  3. Hal yang disebutkan di atas merupakan kejadian diluar kekuasaan nusa.id cloud atau kondisi yang bersifat darurat, oleh karenanya, Pelanggan tidak dapat mengajukan tuntutan kepada nusa.id cloud dalam bentuk apapun.
  4. Domain yang telah didaftarkan oleh klien di nusa.id cloud, dapat saja dinonaktifkan atau diwajibkan diganti, atau dibatalkan penggunaannya apabila terdapat kasus pelanggaran Hak Cipta atau pelanggaran merek, atau terdapat kasus lain yang dapat menyebabkan nama domain tersebut bermasalah.
  5. Registrasi nama domain bersifat First Come & First Served, Pelanggan tidak akan menyalahkan nusa.id cloud jika domain yang akan diregistrasi Pelanggan di situs nusa.id cloud telah dipergunakan orang lain sebelum sempat didaftarkan oleh nusa.id cloud. Meskipun hal tersebut terjadi pada hari / jam yang sama atau bersamaan dengan hari libur, diluar jam kerja staff nusa.id cloud terkait, atau karena pembayaran tidak lengkap atau data kurang jelas atau Pelanggan tidak melakukan konfirmasi pembayaran. Atau juga nama domain tersebut telah lama dipergunakan atau didaftarkan orang lain, maupun yang tidak dapat didaftarkan karena hal diluar kekuasaan nusa.id cloud salah satunya: Premium Domain
  6. Nama domain yang didaftarkan melalui nusa.id cloud hanyalah bersifat penyewaan selama masa tertentu saja. Tidak ada kepemilikan permanen terhadap nama domain. Apabila nama domain yang disewa oleh Pelanggan melalui nusa.id cloud tidak dapat dipergunakan karena sebab apapun, maka hal tersebut diluar tanggung jawab nusa.id cloud karena fungsi nusa.id cloud hanya sebagai perantara untuk mendaftarkan nama domain.
  7. Domain yang pernah didaftarkan di nusa.id cloud, namun ditransfer layanan domainnya / hostingnya keluar nusa.id cloud, atau dihentikan layanan domainnya / hostingnya, maka sejak itu domain tersebut diluar tanggungan nusa.id cloud.