fbpx

Mengenal Apa Itu Ransomware, Cara Mengatasinya, dan Pencegahannya

laptop yang terkena ransomware

Mengingat betapa besarnya dampak dari serangan ransomware tersebut, pengetahuan tentang salah satu jenis kejahatan di dunia siber ini perlu Anda pahami. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan tindakan preventif dan sekaligus memahami bagaimana cara mengatasinya.
  

Apa Itu Ransomware?

Dalam pengertiannya, ransomware merupakan salah satu jenis malware (malicious software) atau perangkat lunak berbahaya yang sengaja dirancang untuk melakukan perusakan pada sistem. Dalam sistem kerjanya, ransomware akan melakukan penguncian akses terhadap sebuah file dengan melakukan enkripsi terhadap berkas tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar bisa membuka akses menuju ke file yang terkunci tersebut? Upaya yang bisa Anda lakukan untuk membuka akses penguncian data tersebut adalah dengan memenuhi permintaan dari peretas. Dalam praktiknya, peretas biasanya meminta imbalan sejumlah uang sebagai imbalan.
  

Upaya Pencegahan dan Cara Mengatasi Ransomware

Ransomware memang menjadi salah satu malware yang sangat merugikan bagi para pelaku bisnis. Apalagi, tingkat serangan malware ini terus meningkat sejak era pandemi. Oleh karena itu, Anda sebagai seorang pelaku bisnis perlu memahami upaya dalam mengatasi serta melakukan pencegahan.
  

Cara Mengatasi Ransomware

Untuk upaya penanganan serangan ransomware, Anda bisa melakukan beberapa tindakan, di antaranya:

  • Jangan memenuhi permintaan peretas

 
Hacker kerap mengirimkan ancaman berupa penghapusan atau penjualan data kalau Anda tak memenuhi permintaan mereka. Namun, Anda jangan sekali-kali punya niat untuk memenuhi permintaan tersebut.

Alasannya, karena tidak ada jaminan kalau hacker akan mengembalikan akses data setelah Anda mengabulkan permintaannya. Jadi, dalam situasi ini, Anda harus mengikhlaskan data tersebut hilang.
 

  • Gunakan layanan cyber protection

 
Upaya ini sangat penting untuk melakukan penghapusan terhadap jejak serangan ransomware. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kejadian serupa kembali terulang di masa mendatang.
 

  • Manfaatkan aplikasi decryptor

 
Ada pula solusi mengatasi ransomware dengan memanfaatkan aplikasi decryptor. Aplikasi ini bekerja dengan melakukan penguraian kode enkripsi yang mengunci file.

Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa proses dekripsi berkas yang terkunci sangatlah kompleks. Oleh karenanya, Anda memerlukan tenaga profesional untuk melakukannya. Selain itu, ada pula risiko data terkunci atau terhapus secara permanen.
  

Cara Mencegah Serangan Ransomware

Sekarang, Anda tahu kalau upaya dalam mengatasi ransomware sangat sulit. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan upaya pencegahan biar tidak berhadapan pada situasi seperti itu. Ada berbagai langkah yang dapat Anda terapkan dalam mencegah terjadinya serangan cyber dengan ransomware, di antaranya:

  • Backup data secara rutin

 
Dengan melakukan backup data, Anda tidak perlu risau ketika terjadi penguncian data penting oleh hacker. Anda tetap mempunyai data penting tersebut dengan memanfaatkan data hasil backup.
 

  • Hindari kebiasaan mengeklik tautan sembarangan

 
Malware dapat menyebar dengan cepat kalau Anda terbiasa mengeklik tautan secara serampangan. Apalagi, kalau tautan tersebut disebar dengan menggunakan pemendek URL. Waspadai.
 

  • Jangan mengunduh atau mengunjungi website ilegal

 
Kunjungan ke website yang ilegal dan apalagi sampai mengunduh file di sana, sangat berisiko pada sistem keamanan IT tempat Anda mengoperasikan perangkat komputer. File serta website ilegal tersebut bisa saja menjadi sarang persembunyian virus berbahaya.

Kalau Anda ingin menggunakan software penting, gunakan perangkat lunak legal dari pihak developer. Dengan begitu, tingkat keamanannya terjamin dan Anda bisa menghindarkan diri dari risiko serangan cyber yang merugikan.

Sebagai tambahan, pastikan Anda menggunakan sistem keamanan IT yang mumpuni untuk sarana penyimpanan data perusahaan. Solusinya, Anda bisa menggunakan layanan dari nusa.id cloud. nusa.id cloud hadir untuk memenuhi kebutuhan sistem IT yang aman dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Anda pun bisa menjumpai berbagai produk layanan dari nusa.id cloud, termasuk di antaranya adalah cloud server, Google Workspace, dedicated server, dan bahkan layanan terkait pengelolaan SDM. Semuanya tersedia lengkap di nusa.id cloud.

Share Artikel :

Blog Terkait

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif untuk Kantor

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif

Router VPN adalah solusi penting untuk meningkatkan keamanan jaringan kantor, terutama dalam

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di Kantor

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di

Topologi jaringan mesh merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja jaringan kantor,

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di Kantor

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di

Switch managed merupakan perangkat jaringan yang penting untuk kantor yang menginginkan kontrol