Memahami Spyware Serta Cara Mengatasinya

Memahami Spyware Serta Cara Mengatasinya

Program pengintai alias spyware adalah ancaman serius bagi pengguna perangkat digital serta internet. Selain sulit terdeteksi, program tersebut bisa menimbulkan risiko seperti kerugian finansial, kerusakan perangkat, hingga penipuan identitas. Ketahui lebih lanjut agar Anda lebih waspada!

Bagaimana Spyware Bekerja?

 

Spyware bisa masuk lewat unduhan, misalnya file atau program tertentu yang mencurigakan. Setelah menyusup ke sistem di perangkat Anda, program ini akan mencuri data-data penting dan bahkan memengaruhi kerja perangkat. Terkadang, program pengintai bahkan bisa masuk lewat file yang terlihat resmi. Spyware juga bisa masuk lewat file yang diunduh secara borongan (“bundled files“).

 

Begitu masuk, program pengintai akan bekerja mencuri informasi yang Anda masukkan lewat internet. Contohnya adalah kata kunci, kode PIN, alamat email, nomor kartu kredit, hingga identitas pribadi. Bahkan ada juga program yang bisa melacak jejak ketikan kita di papan ketik. Biasanya, ada juga tanda fisik berupa perangkat yang sering menjadi panas atau melambat.

 

Tips Menghindari Spyware

Ada beberapa cara agar Anda aman dari program ini, misalnya:

1. Hindari Mengunduh Sembarangan

Jangan mengunduh program hanya karena gratis dan terlihat resmi. Pastikan memeriksa keamanannya dengan membaca berbagai ulasan. Hindari juga tempat mengunduh yang tidak jelas atau terlihat mencurigakan.

2. Hindari Mengeklik Pop Ads

Iklan yang mendadak muncul (“pop ads“) berpotensi memiliki program susupan. Hal ini terutama dari iklan yang mengatasnamakan nama terkenal seperti Google, Facebook, dan sebagainya(misalnya menawarkan undian). Solusinya adalah menghindari mereka atau mengaktifkan pop ads blocker, program yang mengeblok iklan dadakan.

3. Memperbarui Antivirus dan Sistem Keamanan

Pastikan memiliki program antivirus terbaru serta memperbarui sistem keamanan. Nyalakan program pembaruan(“update“) di laptop, ponsel, atau komputer Anda agar sistem keamanan selalu prima.

4. Gunakan Workspace dengan Sistem Keamanan Prima

Spyware yang menyusup ke workspace sangat berbahaya karena bisa merampok data-data penting dan identitas karyawan. Pilih workspace yang tepercaya seperti yang tersedia di nusa.id untuk lokasi kerja bersistem cloud yang aman

Teknologi spyware saat ini mendatangkan risiko yang semakin besar bagi pengguna teknologi. Akan tetapi, mengetahui sifat program tersebut serta solusi praktisnya bisa menghindarkan Anda dari risiko terburuk saat menggunakan perangkat atau internet.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting