Adware adalah: Definisi, Bahaya, dan Cara Menghilangkannya

adware adalah

Pernah dengar istilah adware? Adware adalah salah satu jenis virus yang bisa Anda jumpai baik di komputer dan smartphone. Adware sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis aplikasi, tetapi aplikasi ini dibuat sekadar untuk mendistribusikan iklan di smartphone maupun komputer yang menginstalnya.

Jika Anda menginstal adware, komputer/smartphone akan menampilkan iklan yang terus bermunculan saat terkoneksi dengan internet. Tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan Anda, bukan? Yuk, cari tahu bagaimana cara mencegah dan menghilangkan adware di artikel berikut!

Apa Itu Adware?

Istilah adware sebenarnya merupakan singkatan dari advertising-supported software. Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa jenis software ini merupakan software yang salah satu tujuannya adalah untuk menayangkan iklan.

Iklan yang akan ditayangkan adware adalah iklan – iklan online dari berbagai niche. Developer adware sebagai pemilik wadah beriklan akan menggunakan aplikasi yang mereka buat untuk memperoleh penghasilan melalui total display iklan maupun melalui skema pay-per-click.
  

Jenis-jenis Adware

Jenis-jenis adware dibagi berdasarkan perangkat yang diserang, yaitu personal computer dan Android.

  • Adware personal computer

 
Sesuai dengan namanya, jenis adware ini menyerang personal computer maupun laptop. Biasanya, Anda memperoleh adware ini setelah menginstal shareware, software gratisan, maupun mengunduh ekstensi browser.

Ketika mengunduh aplikasi tersebut, biasanya adware juga turut terunduh. Begitu Anda menginstal aplikasi tersebut, adware akan turut terinstal karena menjadi satu paket dari aplikasi tersebut.
  

  • Adware Android

Adware yang satu ini menyerang smartphone Android saja. Biasanya, Anda tidak sengaja mengunduh dan menginstal adware setelah mengunjungi website yang kurang jelas peruntukannya.

Berbeda dengan adware personal computer, adware Android bisa masuk ke smartphone dengan mudah bahkan tanpa Anda sadari. Anda bisa saja tidak sengaja mengunduh adware pada saat mengunduh suatu file atau membuka sebuah laman web.
  

Bahaya Adware

Secara umum, adware yang muncul di perangkat Anda–baik smartphone maupun personal computer–dapat memberikan beberapa dampak negatif sebagaimana disebutkan berikut ini.
 

1. Berkurangnya kenyamanan dalam menggunakan gawai

 
Salah satu dampak negatif yang paling terasa karena adware berkaitan dengan user experience. Karena iklan adware bisa muncul secara tiba-tiba, hal ini dapat mengganggu Anda saat menggunakan gawai. Informasi yang sedang Anda baca juga bisa tertutupi dengan adanya iklan. Belum lagi jika iklannya sulit dihilangkan, misalnya seperti pop-up browser yang tiba-tiba muncul saat Anda berusaha menutup iklan.
  

2. Konten iklan dapat membuat pengguna terganggu

 
Tidak hanya mengganggu pengguna dengan iklan-iklan yang terus bermunculan, konten iklan yang disajikan adware terkadang berkaitan dengan hal-hal yang kurang baik, misalnya iklan judi online, iklan dengan ilustrasi konten dewasa, maupun iklan clickbait yang justru mengarah pada hoax.
  

3. Adanya risiko serangan terhadap data pribadi

 
Pernahkah Anda melihat laman website yang meminta Anda untuk memasukkan data-data sensitif, seperti nama, nomor ponsel, dan nomor identitas?

Nah, itulah salah satu risiko yang bisa disebabkan oleh adanya adware. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa saja memasukkan data pribadi penting ke website ilegal. Kalau sudah begitu, data-data penting Anda dapat diakses pihak yang sebenarnya tidak berkepentingan. Akibatnya, risiko penyalahgunaan data bisa terjadi.
  

Bagaimana Cara Menghindari Adware?

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dan menghilangkan adware adalah sebagai berikut.
 

1. Memasang antivirus

&nbsp
Salah satu cara yang ampuh dalam menghindari adware adalah dengan memasang software antivirus. Tidak hanya mencegah masuknya adware, memasang antivirus juga bisa membantu Anda untuk mencegah malware maupun jenis virus lain yang bisa mengancam keamanan data Anda.
  

2. Jangan asal menginstal aplikasi

 
Terkadang menggunakan software antivirus saja tidak cukup untuk menghindari masuknya adware ke perangkat Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda pintar-pintar memilih aplikasi yang Anda unduh ke gawai.

Pastikan untuk membaca informasi mengenai aplikasi sebelum mengunduhnya. Untuk gawai Android, akan lebih baik jika Anda tidak mengunduh aplikasi dari source yang terkesan abal-abal. Supaya lebih aman, Anda bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang ada di Google PlayStore saja.
  

3. Menghapus instalasi adware

 
Jika Anda tahu aplikasi apa yang menyebabkan kemunculan iklan di smartphone maupun personal computer, menghapus instalasi adware tersebut bisa membantu agar iklan-iklan tersebut tidak muncul lagi.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa membersihkan adware dengan menggunakan software khusus, misalnya seperti AdwCleaner, Malwarebytes, dsb.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu adware, bahaya yang dapat ditimbulkannya, serta bagaimana cara menghilangkan adware di gawai Anda. Semoga dengan penjelasan di atas Anda bisa menghindari adware di gawai, ya!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting