fbpx

Windows 11 vs Windows 10, Pilih Upgrade atau Tetap Pakai OS Lama?

windows 11
Windows 11 vs Windows 10, mana yang lebih baik?

Microsoft telah meluncurkan OS terbaru, yakni Windows 11 sejak Juni 2021. Seperti biasa, mereka melakukan berbagai promosi untuk mendorong pemakaiannya. Salah satunya adalah kesempatan untuk memperoleh upgrade Windows 11 secara gratis bagi para pengguna Windows 10.

Namun, apakah Anda perlu memanfaatkan kesempatan tersebut? Terlebih lagi, saat ini Anda sudah merasa nyaman dengan Windows 10. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berbeda, tidak ada salahnya untuk mencoba Windows 11. Microsoft juga memberi waktu selama 10 hari kalau kamu ingin downgrade kembali memakai Windows 10.

Perbandingan Windows 11 dan Windows 10

windows 11

Sebelum memutuskan untuk beralih dari Windows 10 ke Windows 11, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui perbandingan kedua sistem operasi tersebut. Ada tujuh poin penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Kompatibilitas

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah terkait spesifikasi minimum. Microsoft menetapkan minimum requirement untuk Windows 11 adalah prosesor Intel Core generasi 8 atau AMD Ryzen 2000. Jadi, bagi Anda yang mempunyai perangkat komputer dengan prosesor keluaran lama, kemungkinan besar tidak bisa menginstal Windows 11.

Selain itu, ada pula kompatibilitas berkaitan dengan fitur keamanan. Microsoft menetapkan standar spesifikasi berupa TPM 2.0. TPM adalah modul yang mempunyai fungsi sebagai pelindung serta mencegah akses saat terjadi peretasan atau serangan malware.

2. Performa

Sebagai OS terbaru, Windows 11 memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding Windows 10. Terlebih lagi, Microsoft meningkatkan kemampuan manajemen memori ketika menjalankan sebuah aplikasi serta program yang berjalan di background. Dalam sebuah pengujian, Microsoft memperlihatkan Excel dapat dibuka dengan cepat meski load CPU berada di angka 90%.

Lebih lanjut, Windows 11 juga memerlukan waktu yang lebih cepat menyalakan kembali komputer dari posisi sleep. Microsoft mengklaim kalau terdapat peningkatan kecepatan sebesar 25% ketika Anda menyalakan PC dari keadaan sleep.

3. Bug

Sebagai platform yang relatif masih baru, tidak heran kalau Anda akan menjumpai cukup banyak bug di Windows 11. Beberapa di antaranya adalah secara khusus dirasakan oleh para pengguna AMD, konsumsi RAM yang tinggi saat membuka beberapa File Explorer, dan lain sebagainya.

4. tart Menu dan Taskbar

Perbedaan yang sangat mencolok antara Windows 11 dengan Windows 10 terletak pada tampilan Taskbar dan Start Menu. Microsoft menempatkan keduanya di bagian tengah layar sehingga sekilas membuat tampilan Windows 11 mirip MacOS serta ChromeOS. Meskipun begitu, Anda bisa pula memindahkannya ke bagian pojok layar.

5. Multitasking dan Dukungan Monitor Eksternal

Windows 11 dirancang Microsoft dalam menunjang multitasking serta performa sistem. Di platform ini, Anda akan menjumpai fitur yang disebut dengan Snap Layouts. Pemakaiannya bisa membantu Anda mengelompokkan window dan menyimpannya pada taskbar. Di Windows 10, Anda bisa melakukan hal seperti ini secara manual.

Selain itu, Anda juga memperoleh keuntungan ketika terbiasa menggunakan beberapa layar sekaligus. Windows 11 mempunyai kemampuan untuk mengingat pengaturan yang Anda pakai saat menggunakan monitor eksternal.

6. Mode Tablet

Saat menggunakan mode tablet pada Windows 11, Anda akan merasa kenyamanan yang lebih baik. Anda akan melihat adanya efek ketika menyentuh layar. Keberadaan mode tablet pada Windows 11 memberi pengalaman seperti tengah menggunakan iPad.

7. Microsoft Store

Terakhir, Microsoft memberi dukungan aplikasi secara lebih bebas bagi para pengguna Windows 11. Windows 10 dan Windows 11 memang sama-sama mempunyai Microsoft Store. Hanya saja, ketersediaan aplikasi di Microsoft Store Windows 11 jauh lebih banyak dibanding Windows 10.

Anda punya kesempatan untuk menginstal aplikasi Android di Windows 11 melalui Amazon Appstore. Selain itu, Anda bisa pula menemukan adanya game-game dari Epic Games Store tersedia di toko aplikasi Microsoft.

Nah, itulah tujuh faktor yang menjadi perbedaan antara Windows 11 vs Windows 10. Sampai di sini, Anda tertarik untuk beralih ke Windows 11 atau masih tetap setia dengan Windows 10?

Share Artikel :

Blog Terkait

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Tutorial ini menunjukkan cara mengonfigurasi notifikasi MikroTik melalui webhook Google Chat. Dengan

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Port knocking adalah metode keamanan yang menjaga port layanan sensitif seperti SSH

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Signature atau tanda tangan di email merupakan bagian penting untuk menunjukkan identitas