Website Kapasitas Besar Gunakan Virtual Private Server (VPS)

Ada berbagai pilihan paket hosting yang bisa kamu pilih saat membuat website. Salah satunya, Virtual Private Server (VPS) yaitu server virtual yang berfungsi untuk menyimpan file atau data dari suatu website. VPS hosting biasanya dipilih oleh perusahaan yang memiliki website berkapasitas besar.

Apa Saja Fungsi VPS?

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang peran VPS dalam mendukung website berkapasitas besar, ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi VPS berikut ini.

  • Sebagai Web Hosting : VPS dapat berfungsi sebagai web hosting atau tempat untuk menyimpan data maupun file dari sebuah website. VPS memiliki resource yang tepat karena tidak terlalu besar maupun terlalu kecil serta dapat diinstal dengan berbagai tools dan framework tambahan. Dengan tools dan framework tersebut, fungsi website menjadi lebih optimal.Menariknya, berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh VPS bisa dinikmati dengan harga yang masih terjangkau. Jika dibandingkan dengan cloud hosting maupun dedicated server, menggunakan VPS lebih murah.
  •  

  • Sebagai Game Server : VPS juga bisa difungsikan sebagai gameserver. Karena server pribadi, pengguna bisa melakukan instalasi game serta bermain game online menggunakan aturan sendiri. VPS juga mendukung sesi bermain game dengan koneksi khusus sehingga tidak mengalami lag.Melalui VPS, campur tangan pihak ketiga bisa dihindari sehingga privasi lebih terjamin. Selain itu, kamu akan mendapatkan akses root sehingga bisa mengelola sendiri server game tersebut. Jika ingin menggunakan VPS, kamu juga harus memperhatikan sejumlah aspek teknis, misalnya kecepatan prosesor, kuota penyimpanan, dan resource yang besar.
  •  

  • Sebagai Layanan VPN : VPN merupakan jaringan pribadi di internet yang bisa menyembunyikan identitas penggunanya. Selain itu, VPN juga bisa membatasi akses dari pengguna yang berasal dari jaringan internet lain. Kondisi ini membuat proses pertukaran data menjadi lebih aman. Server VPS bisa dimanfaatkan untuk membuat VPN.
  •  

  • Backup Server Utama : Selalu ada resiko kehilangan data pada sebuah server, meskipun telah diatur dengan sangat aman. Ini biasanya terjadi karena kesalahan konfigurasi, juga adanya upaya pembobolan dari pihak lain. Nah, VPS bisa menjadi backup dalam penyimpanan data dan bersifat up to date. Data backup ini bisa di-restore sewaktu-waktu.

  

Mengapa Menggunakan VPS?

virtual private server

Karena kemampuannya dalam menampung data, VPS adalah jenis hosting yang cukup populer untuk digunakan. Ada beberapa kondisi berikut yang membuat VPS perlu dipilih dibandingkan jenis hosting lainnya.

  • Jika Trafik Website Tinggi : Apakah website yang kamu miliki sangat populer sehingga memancing view yang sangat tinggi? Supaya website tetap lancar, kamu harus menggunakan layanan VPS yang menawarkan sumber daya dan bandwidth yang besar juga. Dengan fasilitas ini, kamu bisa menikmati kecepatan akses dan performa tanpa gangguan.
  •  

  • Ingin Memiliki Kontrol Penuh : Jika kamu ingin memiliki website dengan kontrol penuh, hal ini tidak bisa disediakan oleh shared hosting. Kamu harus menggunakan layanan VPS sehingga bebas memilih sistem operasi atau melakukan perubahan dalam pengaturan server. 
  •  

  • Penyimpanan Berkapasitas Besar : Keunggulan lainnya adalah VPS memiliki ruang penyimpanan file yang besar. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan harganya karena lebih murah dibandingkan hosting lainnya. Kamu pun bebas menggunakan ruang yang tersedia secara pribadi sesuai paket yang dipilih tanpa berbagi dengan yang lain.

  
Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS, sebaiknya lakukan identifikasi terhadap kebutuhan kamu. Jika kebutuhan terhadap penyimpanan data terbilang besar, VPS merupakan solusi yang sangat tepat. Sesuaikan dengan jenis paket yang tersedia. Begitu pula mengenai kapasitas bandwidth, ada layanan VPS yang menerapkan biaya tambahan jika melebihi penggunaan normal.

Kamu bisa mencoba layanan VPS di nusa.id yang menawarkan berbagai kelebihan. Dengan VPS hosting, kebutuhan perusahaan akan penyimpanan data maupun bandwidth dalam jumlah besar bisa terpenuhi. Semoga bermanfaat!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting