Tidak Lagi Gratis, Begini Cara Upgrade Google Workspace Legacy!

G Suite merupakan aplikasi kolaborasi berbasis cloud milik Google yang diluncurkan sebagai Google Apps pertama kali tahun 2006. Selama hampir 20 tahun, banyak perusahaan maupun individu yang memanfaatkan aplikasi ini untuk untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Pada awal tahun ini, Google menyampaikan kabar yang membuat banyak pengguna G Suite Legacy kaget dengan rencana meniadakan layanan gratis dan meminta pengguna untuk upgrade ke Google Workspace Legacy yang lebih baru.

Adanya pro dan kontra terkait rencana ini membuat Google beberapa kali mengubah rencana mereka terkait upgrade pengguna ke Google Workspace Legacy. Google akhirnya merilis pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa pengguna G Suite versi free tetap bisa memindahkan konten berbayar non-Google Workspace ke opsi tanpa biaya.

Opsi baru ini disebut tidak akan menyertakan fitur premium seperti email khusus dan manajemen multi-akun. Sebelum melakukan upgrade, pengguna juga bisa mengevaluasi opsi mana yang paling sesuai dengan mereka sampai 1 Juli ini.

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Upgrade Google Workspace Legacy



Sebelum melakukan upgrade, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai rencana Google untuk meniadakan versi gratis dari G Suite Legacy. Apa saja?

  • Bagi Anda menggunakan G Suite versi free untuk tujuan bisnis, Google secara otomatis akan meng upgrade akun ke Google Workspace Legacy per Juni 2022.
  • Layanan keamanan dan kolaborasi versi baru untuk sementara dapat dinikmati sampai dengan 1 Agustus 2022.
  • Untuk penggunaan keluarga dan individu yang bersifat non-komersial, Anda dapat melakukan identifikasi sebagai pengguna pribadi dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang tertera pada halaman G Suite Anda.
  • Jika Anda memilih opsi tidak berbayar, Anda bisa tetap menikmati berbagai fitur termasuk domain kustom Gmail, mendapatkan akses ke layanan Google yang gratis seperti Google Meet, Google Drive, serta menyimpan data dan riwayat pembelian.

Bagaimana Cara Upgrade Google Workspace Legacy?


Bagi para pebisnis yang selama ini menggunakan G Suite untuk aktivitasnya, upgrade ke versi berbayar akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Selain bisa menikmati berbagai fitur premium, keamanan yang ditingkatkan akan membuat data Anda lebih terjamin. Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk melakukan upgrade?

Dilansir dari laman Support Google, Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Login ke konsol Google Admin Anda (bukan dengan akun yang berakhiran @gmail.com).
  • Pada halaman beranda konsol Admin, pilih “Billing” kemudian “Get more services”.
  • Pada edisi yang Anda kehendaki, klik “Switch”. Lakukan peninjauan kemudian klik “Get started”.
  • Pilih rencana pembayaran. Ada 2 opsi yang tersedia yakni Flexible Plan (tidak ada komitmen jangka panjang dan Anda bisa menghapus serta menambah pengguna sesuai kebutuhan). Untuk opsi ini, penagihan akan mulai dilakukan per 1 Agustus 2022. Opsi kedua adalah Annual Plan atau paket tahunan dengan pembayaran bulanan. Jika Anda memilih opsi ini, penagihan akan langsung dilakukan.
  • Klik “Checkout”.
  • Masukkan informasi penagihan Anda kemudian pilih “Place Order”.

Itulah beberapa langkah untuk melakukan upgrade ke Google Workspace Legacy. Masih bingung dengan caranya? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena nusa.id bold siap membantu Anda untuk melakukannya dengan mudah.

Sebagai Google Cloud Partner, nusa.id cloud menyediakan lima pilihan Google Workspace yang bisa Anda pesan sesuai kebutuhan—mulai dari Workspace Business Starter, Workspace Business Standard, Workspace Business Plus, Workspace Enterprise Standard, hingga Workspace Enterprise Plus.

Jadikan aktivitas bisnis dan kerja remote Anda makin produktif bersama Google Workspace Legacy. Hubungi nusa.id cloud sekarang juga untuk melakukan upgrade ke versi terbaru yang lebih mumpuni.