Tahun Baru, Teknologi Baru! Ini Dia Daftar Teknologi Baru Yang Akan Hadir di Tahun 2024

teknologi AI

Transformasi digital tidak pernah berhenti. Tren-tren teknologi penuh inovasi yang telah kita rasakan di tahun 2023 bisa dipastikan akan terus berkembang. Maka, sudah pasti tahun 2024 akan menghadirkan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih. Kira-kira apa saja teknologi terbaru baru yang akan hadir di tahun 2024? Menurut Bernard Marr, seorang pakar di bidang transformasi digital, ada 5 teknologi terbaru yang diperkirakan akan menjadi tren di 2024 nanti. Berikut kelima teknologi tersebut sebagaimana dimuat di Forbes.

Teknologi AI yang Membantu Kehidupan Sehari-hari

Saat ini kita sudah mulai mengenal dan bahkan terbiasa dengan kecerdasan buatan (AI). Di tahun 2024, AI diprediksi akan menjadi teman sehari-hari kita. 

Bukan hanya terbatas pada mesin pencari atau aplikasi kantor, tetapi AI akan membantu kita dalam berbagai hal. Mulai dari mencari informasi, menjadwalkan kegiatan, hingga mengelola proyek. 

Integrasi Antara Dunia Nyata dan Digital

Bernard Marr menyebutnya Phytigal Convergence, yakni peleburan antara dunia fisik (physical) dan dunia digital. 

Saat ini kita sudah mulai merasakan bahwa batasan antara dunia nyata dan dunia digital semakin kabur. Hal ini tak lain disebabkan oleh teknologi terbaru Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan internet yang membuat kita semakin terhubung. 

Nah, di tahun 2024, perbedaan antara dunia nyata dan dunia virtual akan semakin tipis. Artinya, dunia digital akan menjadi semakin realistis, dan dunia nyata akan menjadi lebih fleksibel seperti dunia digital.

Teknologi Terbaru yang Ramah Lingkungan

Bernard Marr juga memperkirakan di tahun 2024, teknologi terbaru akan membantu kita menjaga bumi dengan lebih baik. Mulai dari mobil listrik hingga solusi kreatif untuk mengatasi masalah lingkungan. 

Bukan hanya itu, konsep ekonomi sirkular juga akan semakin populer. Artinya, produk akan dirancang agar tahan lama, bisa didaur ulang, dan mudah digunakan kembali. 

Perlindungan Diri dari Serangan Siber

Serangan siber semakin menjadi ancaman serius. Namun, jangan khawatir, di tahun 2024, teknologi terbaru akan membantu kita melindungi diri dari ancaman ini. Di samping itu, AI akan membantu otomatisasi pertahanan siber. 

Komputasi Kuantum

Teknologi terbaru lainnya yang diperkirakan akan hadir di 2024 tak lain adalah quantum computing. Bernadr Marr memprediksi bahwa tahun depan kita akan melihat manfaat nyata dari teknologi ini. Bukan hanya soal kecepatan komputasi, kita akan melihat teknologi ini membawa terobosan besar dalam menyelesaikan masalah-masalah sulit di dunia.

Itulah lima tren teknologi baru yang diprediksi akan menciptakan gebrakan di 2024. Bagaimana, apakah Anda siap menyambut teknologi canggih yang akan datang? Sudahkah Anda menerapkan transformasi digital pada bisnis Anda?

Kalau belum, segeralah bergerak sebelum terlambat. Dorong pertumbuhan bisnis Anda bersama nusa.id cloud. Sebagai cloud server provider tepercaya dan terdaftar sebagai Google Premier Partner, nusa.id cloud memberikan solusi all-in-one untuk kebutuhan personal, bisnis, hingga enterprise.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting