Produk-Produk Google Workspace yang Dapat Menunjang Aktivitas Work from Home

Pandemi telah memaksa banyak kantor tutup dan mengharuskan segala pekerjaan diselesaikan dari rumah, lebih dikenal dengan istilah Work from Home (WFH). Bahkan, di masa new normal seperti sekarang ini pun aktivitas kantor belum bisa sepenuhnya kembali “normal”, misal rapat tetap dijalankan secara virtual, laporan keuangan dikirimkan dan diperiksa secara online, dokumen teks dibuat dan diedit secara daring, dan masih banyak lagi.

Nah, supaya bisa melaksanakan segala kegiatan tersebut, jajaran pimpinan dan karyawan harus mampu berkolaborasi langsung secara online. Sebab itu, Anda membutuhkan produk-produk Google Workspace sebagai alat pendukung. Apa saja produknya? Simak ulasan lengkapnya!

Email Bisnis: Gmail


Hal penting yang harus dipunyai saat WFH adalah email bisnis khusus perusahaan. Berbeda dengan email publik yang biasa dipakai, email bisnis akan menawarkan user menggunakan domain perusahaan. Itu artinya masing-masing anggota terdaftar akan mempunyai akun namakaryawan@domainperusahaan.id.

Email bisnis menawarkan banyak manfaat, seperti membangun kepercayaan pelanggan dan menampilkan kesan profesional perusahaan. Selain itu, surel bisnis ini juga digunakan agar Anda dan karyawan tetap terhubung dengan aman tanpa ancaman spam, malware, dan lainnya.

Meet


Cocok buat perusahaan yang sering mengadakan meeting, seminar, pelatihan, bahkan wawancara. Semua kegiatan dilakukan secara virtual dan real time. Hebatnya lagi, Google Meet mampu menampilkan peserta video conference hingga mencapai 250 orang peserta sekaligus merekam jalannya meeting.

Tidak hanya itu, produk Google Workspace ini saling terintegrasi satu sama lain sehingga Anda bisa mengatur jadwal di Google Calendar sebagai undangan bagi setiap karyawan terdaftar. Jadi, tak perlu lagi repot-repot mengirim pesan ke satu per satu karyawan. Mudah bukan?

Drive


Drive memudahkan Anda dan tim untuk menyimpan, mengakses, serta membagikan file di ruang bersama secara online. Dengan penawaran ruang penyimpanan fleksibel, perusahaan dapat memilih kapasitas Drive sesuai kebutuhan.

Misalnya saja, nusa.id cloud menawarkan tiga paket pilihan Google Workspace dengan kapasitas drive berbeda, yakni starter (30 GB), standard (2TB), dan plus (5TB).

Aplikasi Perkantoran (Docs, Sheets, Slides)


Mengetik dokumen, membuat laporan keuangan, dan menampilkan materi presentasi tetap bisa dilakukan secara online melalui produk workspace dari Google, yakni Docs, Sheets, dan Slides.

Kerennya lagi, bila bekerja dalam tim, setiap anggota tim dapat bekerja secara bersamaan dan menyimpan hasil pekerjaan secara real-time. Tidak hanya itu, setiap perubahan yang dibuat tersimpan rapi di fitur riwayat sehingga Anda memiliki kontrol penuh terhadap perubahan yang terjadi.

Sejatinya, masih banyak produk Google Workspace lainnya, seperti App Script, Cloud Search, Sites, dan sebagainya. Bila ingin mengetahuinya lebih lanjut, Anda sebaiknya mengunjungi website nusa.id cloud (https://www.nusa.id/google-workspace).