Pilih Kebutuhan Edisi Google Workspace dengan Panduan Ini!

 
Kenapa harus menyesuaikan kebutuhan edisi Google Workspace ? Karena setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, Google juga menyediakan beberapa edisi yang bisa Anda pilih. Selain edisi individu untuk pengguna personal, Google Workspace juga bisa dimanfaatkan oleh bisnis dan perusahaan besar. Tentu saja dengan ragam fitur yang berbeda satu sama lain.

Untuk Anda yang sudah memiliki alamat Gmail pribadi dan tidak perlu domain, Anda bisa mendaftar langsung dengan akun Google yang sudah ada. Google Workspace Individual menawarkan para pemilik usaha kecil layanan untuk jadi lebih produktif. Lalu bagaimana untuk penggunaan bisnis?

Business and Enterprise Edition tersedia dalam 4 edisi yakni edisi Business Starter Edition, Business Standard Edition, Business Plus Edition dan Enterprise Edition. Untuk mengetahui edisi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, simak perbandingan setiap edisinya berikut ini!
  

Business Starter Edition

google workspace

Edisi ini mampu menampung sampai 300 pengguna dengan penyimpanan 30 GB setiap pengguna. Edisi Business Starter terdiri dari kumpulan aplikasi kolaboratif yang menawarkan email profesional bisnis, konferensi video yang aman, kalender bersama, pengeditan dokumen dan masih banyak lagi.

Paket aplikasi kolaboratif yang bisa Anda nikmati dalam Google Workspace edisi ini antara lain adalah Gmail, Google Meet, Calendar, Docs (untuk melakukan kolaborasi real-time dalam dokumen, spreadsheet dan presentasi online), Google Drive untuk penyimpanan dan Chat untuk percakapan bersama yang didukung oleh media.
  

Business Standard Edition

google workspace

Edisi ini memiliki berbagai layanan yang tersedia dalam edisi Business Starter dengan beberapa tambahan fitur. Selain dapat digunakan oleh 300 pengguna, memori penyimpanan gabungan yang tersedia adalah 2 TB per pengguna. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh edisi ini dibanding edisi sebelumnya adalah:

  • Menggelar meeting dengan maksimal 150 anggota
  • Meeting bisa direkam dan disimpan di Drive
  • Fitur Hand Raising
  • Ruang istirahat
  • Polling audiens dan tanya jawab
  • Chat bisa diaktifkan dan dinonaktifkan secara default

 
Dan masih ada beberapa fitur tambahan lainnya.
  

Business Plus Edition

google workspace
 
Edisi ini bisa digunakan sampai 300 peserta dengan kapasitas penyimpanan mencapai 5 TB per pengguna. Edisi Business Plus mencakup semua fitur yang ada di Business Standar dengan beberapa penambahan yakni:

  • Anggota meeting maksimal 250 peserta
  • Pelacakan kehadiran
  • Kontrol administrator tingkat lanjut dengan tata kelola Vault. Gunakan Vault untuk menyimpan, menelusuri dan mengekspor data organisasi Anda untuk kebutuhan eDiscovery dan kepatuhan.

  

Edisi Khusus

 

Selain beberapa edisi di atas, Google Workspace juga tersedia dalam edisi khusus yang didesain untuk fungsi kerja tertentu. Edisi-edisi tersebut adalah:

  • Frontline Edition. Edisi ini didesain secara khusus untuk memudahkan tugas para pekerja frontliners
  • Diskon untuk sekolah dan lembaga nirlaba. Organisasi pendidikan dan nirlaba mungkin memenuhi syarat untuk memperoleh diskon edisi khusus dengan penyediaan Google Workshop secara gratis atau dengan harga diskon
  • Government Edition. Untuk lembaga atau instansi pemerintahan, Google bisa memberikan penawaran dan harga yang unik, tergantung pada kebutuhan masing-masing instansi.

  

Enterprise Edition

 

Apakah Anda sudah tau kebutuhan edisi google workspace Anda? Jika dalam berbagai edisi di atas Anda belum mendapatkan apa yang Anda butuhkan, Anda bisa memilih edisi Enterprise dengan berbagai fitur yang lebih lengkap untuk mendukung kinerja perusahaan besar. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung menghubungi nusa.id cloud sebagai Google Cloud Partner resmi di Indonesia.

Setelah mengetahui spesifikasi setiap edisi, sekarang Anda bisa lebih mudah menentukan edisi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Masih bingung memilih? Konsultasikan apa yang Anda butuhkan pada nusa.id cloud untuk memperoleh rekomendasi terbaik.
 

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting