Pentingnya Menjaga Keamanan Data Cloud di Era Serba Digital

kemanan data cloud

Transformasi digital sudah menjadi kebutuhan penting bagi para pelaku bisnis. Namun, Anda jangan melakukannya hanya karena ingin mengikuti tren sehingga tidak memahami hal-hal yang sifatnya esensial dalam proses tersebut. Salah satu aspek esensial dalam proses transformasi digital bisnis adalah terkait keamanan data cloud.

Teknologi berbasis cloud memang menjadi kunci utama dalam penerapan transformasi digital bisnis. Implementasinya memungkinkan Anda untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung dengan hal-hal yang bersifat teknis seperti pemeliharaan server, pengaturan jaringan, dan sebagainya.
  

Alasan Kenapa Anda Perlu Memperhatikan Keamanan Data Cloud

Pemanfaatan layanan berbasis cloud memang memberi banyak kenyamanan. Anda tidak perlu bingung dengan pembayaran tagihan listrik tinggi ataupun penyiapan ruangan khusus untuk server. Namun, Anda tetap perlu cermat dalam memilih layanan berbasis cloud.

Pastikan bahwa layanan yang Anda gunakan memberi jaminan keamanan data cloud terbaik. Ada banyak alasan kenapa Anda perlu memperhatikan aspek terkait keamanan data penting bisnis, di antaranya:
 
1. Risiko Serangan Siber yang Meningkat
 
Kemajuan teknologi memang memberi banyak kemudahan. Namun, Anda juga perlu paham kalau ada risiko kejahatan di balik berbagai kemudahan tersebut. Salah satunya adalah adanya peningkatan serangan siber yang secara khusus menyasar para pelaku bisnis.
 
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebutkan, ada lebih dari 700 juta cyber attack yang terjadi sepanjang tahun 2022 di Indonesia. Serangan siber tersebut muncul dalam berbagai jenis, termasuk di antaranya adalah ransomware, phishing, website defacement, dan lain sebagainya.
 
2. Meningkatkan Citra Perusahaan
 
Anda juga perlu memperhatikan keamanan data cloud perusahaan sebagai bagian penting dari upaya menjaga citra perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam menjaga keamanan data penting memberikan image positif di mata konsumen. Alhasil, konsumen menaruh rasa kepercayaan tinggi terhadap layanan ataupun produk Anda.
 
3. Penghematan Anggaran
 
Upaya menjaga keamanan data penting perusahaan memang memerlukan anggaran khusus. Namun, besaran dana tersebut jauh lebih kecil dibandingkan ketika Anda harus mengeluarkan biaya untuk pemulihan sistem akibat serangan siber.
 
Saat menjadi korban penyerangan siber, Anda tidak hanya perlu mewaspadai adanya pencurian data. Namun, ada pula proses yang tak kalah penting, yakni melakukan penghapusan jejak peretasan. Kalau tidak, jejak tersebut bisa menjadi akses masuk aktivitas peretasan lain di masa mendatang.
 
4. Menjaga Stabilitas Operasional Bisnis
 
Dalam berbagai kasus, serangan siber oleh hacker berdampak pada operasional bisnis perusahaan. Contohnya adalah ketika seorang peretas melakukan serangan ransomware pada bisnis Anda. Pada situasi tersebut, Anda tidak akan mempunyai akses terhadap data yang telah dikunci hacker.
 
Apa akibat dari penguncian data tersebut? Data menjadi benar-benar tidak bisa diakses. Pemblokiran akses tersebut kemudian dapat berdampak pada terganggunya penggunaan aplikasi maupun website perusahaan.
 
5. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
 
Manfaat yang tak kalah penting dari upaya nyata menjaga keamanan data cloud perusahaan adalah mendorong daya saing bisnis. Jaminan keamanan data membuat bisnis Anda tetap memiliki daya saing tinggi di mata konsumen. Bahkan, Anda bisa pula menggunakan fasilitas keamanan data sebagai nilai lebih saat memasarkan produk.
  

Solusi Keamanan Data Cloud Terbaik untuk Bisnis

Untuk mendapatkan semua manfaat dari keamanan data penting perusahaan, Anda perlu menggunakan layanan berbasis cloud terbaik. Solusi tersebut bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan layanan dari nusa.id cloud.
 
nusa.id mengimplementasikan sistem keamanan berstandar internasional dalam mengamankan layanan berbasis cloud yang Anda gunakan. Sistem keamanan ini pun bekerja secara otomatis mendeteksi setiap adanya gerak-gerik mencurigakan, terutama berkaitan dengan akses data penting di cloud.
 
Dengan sistem pendeteksi yang canggih tersebut, keamanan data yang tersimpan di cloud terjamin. Anda pun bisa melakukan operasional bisnis dengan tenang dan lancar.
 
Ingin merasakan ketenangan tersebut? Yuk, segera gunakan layanan berbasis teknologi cloud di nusa.id cloud. Ada banyak produk yang siap memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting