Pengenalan Tentang Google Workspace

Perusahaan Google sudah bekerja menciptakan banyak produk yang dapat memudahkan pekerjaan setiap orang jika berkaitan dengan teknologi. Ada juga produk yang mengubah cara bekerja orang-orang yang mana tidak lagi memerlukan tempat fisik dan seluruh komunikasi bisa dilakukan secara digital.

Seluruh karyawan tidak harus melakukan diskusi secara dadakan ketika bertemu di mesin fotokopi. Tidak juga harus berdiskusi secara mendadak saat sedang berjalan menuju ke ruang rapat. Bukan hal yang mustahil mengubah rumah menjadi ruang kerja. Setiap orang yang bekerja di garis depan berupa konstruksi dapat terus mengawasi pembangunan melalui ponsel.


Apa Itu Google Workspace?


Bukannya tidak mungkin membuat dokter dan para psikolog, tidak perlu bertemu secara fisik dengan para pasien mereka. Beberapa lembaga pemerintahan setempat dapat memberikan layanan yang bisa dilakukan melalui teknologi dengan lebih cepat. Di tengah-tengah terjadinya transformasi, waktu berubah menjadi lebih terfragmentasi, dimana perlu pembagian pekerjaan dan tanggung jawab pribadi.

Ini memang bisa menjadi tantangan yang menarik dan tetap menunjukkan kesempatan untuk membantu orang-orang menjadi lebih sukses melalui dunia digital. Melalui solusi yang tepat, orang-orang akan dipermudah dalam melakukan kolaborasi. Menghabiskan waktu yang cukup produktif dan relasi baik antar manusia dimana saja mereka berada.

Solusi dari seluruh tantangan tersebut adalah Google Workspace. Seluruh kegiatan yang sudah disebutkan tadi dapat diselesaikan dalam satu tempat yaitu Google Workspace. Seluruh aplikasi yang Anda ketahui dan suka tersedia di produk yang satu ini. Misalkan saja gmail, kalender, drive, dokumen, spreadsheet, meet, slide, dan lain-lain.


Pengalaman Baru untuk Pengguna


Saat ini menyelesaikan pekerjaan bisa dilakukan melalui rumah. Ide pembuatan produk ini muncul untuk komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik, melalui chatting, email, suara, dan video, serta konten manajemen lainnya. Setiap karyawan akan bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dalam satu wadah.

Bahkan, produk rilisan Google yang satu ini memungkinkan dipakai untuk melakukan pengelolaan dana keluarga, membuat rencana perayaan suatu acara, dan lain-lain. Anda akan bisa menggunakan produk baru yang memungkinkan pembuatan dan kolaborasi suatu dokumen dengan tamu undangan dalam satu ruang chatting.

Jadi seluruh konten yang ada dalam ruang chat akan bisa dibagikan dan langsung secara realtime melakukan kerjasama dan semua orang dapat mengakses informasi dan membacanya secara langsung. Setiap menit yang dimanfaatkan secara efisien dapat membuat Anda memiliki waktu yang cukup bersama keluarga.

Bahkan Anda akan dapat membuka Docs, Sheets, dan Slides melalui pratinjau file yang ditautkan tanpa harus membuka tab baru. Ini berarti dapat membantu Anda dalam menghemat lebih banyak waktu yang biasa dipakai untuk berpindah aplikasi. Alhasil Anda akan memiliki banyak kesempatan mengerjakan lebih banyak tugas maupun membuat tugas menjadi lebih sempurna.


Identitas Brand yang Baru


Beberapa dekade yang lalu, setiap produk Google memang masih berupa aplikasi yang terpisah dan memiliki fokus penyelesaian masalah yang berbeda. Seiring berjalannya waktu setiap individu yang menggunakan aplikasi single tadi perlu melakukan kolaborasi melalui suatu platform. Tidak ada lagi batasan pengembangan hanya pada satu aplikasi saja, karena semuanya akan digabungkan menjadi satu.

Google Workspace memberikan koneksi dan pengalaman yang lebih fleksibel, sehingga memerlukan ikon yang berbeda. Anda akan mendapati adanya perubahan ikon pada aplikasi Gmail, Drive, Kalender, dan produk Google lainnya yang merepresentasikan semua aplikasi tadi adalah bagian dari satu kesatuan.

Itu akan menunjukkan dedikasi Google dalam mengembangkan perangkat multifungsi yang terintegrasi antar aplikasi dengan baik. Pengguna akan bisa memanfaatkan produk Google tersebut untuk tujuan pendidikan dan kegiatan yang tidak mengambil keuntungan. Konsumen bisa menggunakan akun G Suite untuk pendidikan. Sedangkan tujuan organisasi yang tidak mengambil keuntungan bisa dilakukan dengan menggunakan Google Suite program nonprofit.