fbpx

Panduan Memilih Cloud Server yang Tepat untuk Bisnis Anda: Kinerja, Skalabilitas, dan Keamanan

ilustrasi cloud server dalam genggaman tangan

Server cloud memberikan manfaat besar untuk bisnis dan organisasi. Maka, wajar bila teknologi ini telah menjadi komponen utama dalam infrastruktur teknologi informasi modern ini. Karenanya, penting memilih server cloud yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.  Jangan sampai salah pilih. Ikuti panduan cloud server berikut agar Anda dapat menentukan pilihan bijak sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Panduan Memilih Cloud Server

ilustrasi cloud server dalam genggaman tangan

1. Kinerja: Tentukan Dulu Kapasitas yang Diperlukan

Dengan cloud server, Anda memang tidak akan terbatas dalam penggunaan daya komputasi. Bahkan, jika Anda perlu lebih banyak memori atau ruang, kapasitas cloud server akan dengan sangat mudah ditingkatkan. Itu sebabnya, cloud server sangat cocok untuk perusahaan yang sedang berkembang.

Maka, langkah pertama adalah memahami seberapa besar kapasitas cloud server yang Anda butuhkan untuk menunjang kinerja tim. Makin besar perusahaan, makin besar pula memori atau ruang yang Anda perlukan. Sebaliknya, perusahaan yang baru bertumbuh cukup dengan memori seperlunya.

2. Skalabilitas: Selaraskan dengan Budget dan Pertumbuhan Bisnis

Panduan cloud server selanjutnya adalah Anda perlu mempertimbangkan skalabilitas ke depannya. Server cloud biasanya menawarkan berbagai pilihan paket, dengan berbagai tingkat daya pemrosesan, penyimpanan, dan kapasitas jaringan. Tentunya, pilihan paket ini juga harus Anda sesuaikan dengan budget yang tersedia.  Pertimbangkan juga kemungkinan scale up ke depannya. 

3. Keamanan Tetap Nomor Satu

Bicara soal panduan cloud server, keamanan adalah aspek yang tidak bisa diganggu gugat. Maka, penting untuk menentukan sejauh mana Anda perlu menjaga keamanan data. 

Server cloud dapat memberikan tingkat keamanan yang tinggi, tetapi Anda juga perlu memastikan bahwa penyedia cloud Anda memiliki kebijakan dan kontrol keamanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya saja, pilihlah penyedia cloud  yang memberikan perlindungan dari serangan DDoS atau ancaman keamanan lainnya, seperti nusa.id cloud.

 

Pilih Cloud Server Provider Tepercaya

 

ilustrasi cloud server dan gambar tangan sedang mengetik di laptop

 

Dengan mengikuti panduan cloud server tadi, Anda bisa berinvestasi untuk solusi komputasi cloud yang akan mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Akan tetapi, memilih cloud server provider juga sama pentingnya karena ini akan menentukan kualitas layanan ke depannya.

Oleh sebab itu, pilihlah cloud server provider terpercaya seperti nusa.id cloud yang telah menjadi Google Cloud Premier Partner. Layanan Cloud Server Indonesia ini menawarkan kecepatan dan latensi optimal dengan infrastruktur yang berlokasi di dalam negeri. 

Paket-paket nusa.id cloud yang dapat Anda pilih pun beragam, mulai dari yang paling terjangkau dengan Rp90.000 per bulan saja. Dengan paket NCC 25 ini, Anda sudah mendapatkan 1 GB RAM, 1 CPU, dan 25 GB SSD Storage. Untuk kebutuhan yang lebih besar, ada NCC 60 dengan harga Rp295.000 per bulan, yang memberikan 4 GB RAM, 2 CPU, dan 60 GB SSD Storage

Apa pun pilihan Anda, setiap paket dilengkapi dengan Unmetered Bandwidth dan satu Dedicated IP Indonesia. Perihal keamanan, nusa.id cloud juga sudah memberikan perlindungan DDOS langsung dari Upstream. Terlebih, ada layanan pelanggan 24/7 yang siap membantu Anda kapan saja.

Share Artikel :

Blog Terkait

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Tutorial ini menunjukkan cara mengonfigurasi notifikasi MikroTik melalui webhook Google Chat. Dengan

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Port knocking adalah metode keamanan yang menjaga port layanan sensitif seperti SSH

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Signature atau tanda tangan di email merupakan bagian penting untuk menunjukkan identitas