Nikmati Ragam Fitur Baru Google Workspace untuk Pengalaman WFH yang Lebih Menyenangkan

google workspace

Sejak peluncuran Google Docs dan Google Sheets 15 tahun silam, Google terus berusaha memperbaiki fitur dokumen kerja untuk para penggunanya. Lebih dari sekadar kertas digital, saat ini siapa pun bisa menikmati konten kolaboratif yang saling terhubung semudah mengakses internet. Tujuannya adalah membangun proses kerja yang lebih mudah, terutama mendukung kegiatan WFH yang semakin banyak dilakukan di era pandemi.

Melalui Google Workspace, Google menyatukan berbagai aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang setiap harinya untuk bekerja. Mulai dari Docs, Sheets dan Slide dalam satu dasbor kolaborasi yang fleksibel, interaktif dan cerdas. Tahun ini, beragam fitur terbaru dihadirkan untuk Anda demi mendukung kegiatan WFH yang lebih menyenangkan. Simak beberapa di antaranya dalam ulasan berikut ini!

@ untuk Me-mention Orang, File dan Meeting

 
 
Sebelumnya, fitur @ (mention) telah tersedia jika Anda ingin menyebutkan atau menandai orang dalam file dokumen. Seiring berjalannya waktu, informasi tambahan seperti lokasi, jabatan dan kontak ternyata juga dibutuhkan. Saat ini, Google Workspace menyediakan chip pintar baru dalam Docs untuk file dan meeting yang ingin disebutkan/direkomendasikan.

Cara menggunakannya sangat mudah, semudah saat Anda menandai orang dalam file. Cukup ketik “@” maka pilihan nama orang, file dan meeting akan muncul. Anda tinggal meng-klik pada opsi yang diinginkan. Dari web atau seluler, kolaborator bisa langsung melihat notifikasi atau pratinjau dari dokumen yang ditautkan. Dalam beberapa bulan mendatang, chip pintar ini akan tersedia di Spreadsheet.
  

Dokumen Tanpa Halaman/Pageless Document

 

Saat ini, Google Docs tersedia dalam format baru tanpa halaman. Dengan fitur ini, Anda bisa menghapus bata halaman untuk membuat tampilannya bisa digunakan dalam perangkat apa pun. Ini akan memudahkan kolaborator yang ingin melihatnya dalam bentuk gambar besar atau layar berukuran lebar.

Kalau Anda ingin mencetak atau mengkonversinya ke PDF, Anda dengan cepat bisa mengubahnya kembali dalam format dengan halaman.
  

Emoji di Docs

google workspace

Untuk membuat proses kerja menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa mengirimkan emoji dalam kolom komentar atau reaksi di file Docs.
  

Rekomendasi Bahasa Inklusif dan Fitur Penulisan Bantuan Lainnya

 

Fitur penulisan bantu juga akan menawarkan rekomendasi bahasa yang lebih inklusif dan masuk akal. Anda bisa menggunakan kata-kata seperti “chairperson” alih-alih “chairman” atau memilih untuk memakai kata “mail carrier” bukan “mailman”. Tidak hanya itu, fitur penulisan bantu juga akan menjadi lebih cerdas dengan memberikan saran gaya bahasa yang sesuai.

Misalnya alih-alih menggunakan bahasa pasif atau kalimat yang menyinggung, fitur ini akan membantu memberikan rekomendasi pengganti yang lebih baik. Semua ini akan membantu proses pengeditan agar berjalan lebih cepat dan membuat tulisan Anda lebih manusiawi.
  

Template Catatan Meeting yang Lebih Cerdas di Docs

google workspace

Template Docs yang baru ini secara otomatis akan mengimpor informasi yang relevan dari undangan rapat Calendar termasuk chip pintar untuk peserta dan file yang dilampirkan. Ini memungkinkan proses rapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
  

Checklist yang Terhubung di Docs

 

Kini Checklist di Docs bisa digunakan di versi web maupun seluler. Anda bisa menetapkan item Checklist pada orang lain dan melihat item tindakan di Google Tasks. Fitur baru ini akan memudahkan semua orang untuk mengelola To Do List proyek.
  

Template Tabel di Docs

 

Google juga memperkenalkan template tabel di Docs. Tabel pemilihan topik memungkinkan Anda mengumpulkan umpan balik dari semua anggota tim dengan mudah. Sementara tabel pelacak proyek akan membantu Anda melihat pencapaian dan status dengan cepat.
  

Teks dan Terjemahan Langsung di Google Meet

google workspace

Untuk Anda yang sering mengadakan rapat via Google Meet dengan orang asing, saat ini Google menawarkan teks dan terjemahan langsung dalam 5 bahasa (beberapa bahasa lainnya sedang dalam proses). Selain teks dalam bahasa Inggris, terjemahan yang tersedia adalah bahasa Prancis, Jerman, Portugis dan Spanyol.

Untuk menikmati semua fitur terbaru ini, Anda bisa berlangganan Google Workspace melalui nusa.id cloud. Sebagai Google Cloud Partner resmi di Indonesia, kami siap membantu aktivitas WFH menjadi semakin nyaman dan menyenangkan dengan Google Workspace.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting