fbpx

Microsoft Office vs Microsoft 365: Apa Saja Perbedaannya?

microsoft office

Microsoft Office merupakan perangkat lunak yang paling banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan maupun menyelesaikan tugas. Mulai dari mengolah dokumen, membuat laporan keuangan, melakukan revisi, hingga membuat presentasi. Tak hanya digunakan oleh karyawan kantoran ataupun pebisnis, Microsoft Office juga menjadi andalan anak sekolah, mahasiswa, maupun tenaga pendidik.

Setelah sukses dengan Office, Microsoft kembali merilis perangkat lunak yang diklaim memiliki lebih banyak keunggulan. Perangkat lunak tersebut dinamakan Microsoft 365. Sebenarnya, fungsi Microsoft 365 tak berbeda dengan Microsoft Office. Keduanya dilengkapi dengan fitur yang memudahkan proses pengolahan data, informasi, dan dokumen. 

Kendati tampak serupa, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan singkat mengenai perbedaan Microsoft Office dengan Microsoft 365.

 

Ini Sederet Perbedaan Microsoft Office vs Microsoft 365

microsoft office

Sumber : History Computer

Adapun perbedaan antara Microsoft Office vs Microsoft 365, di antaranya sebagai berikut.

  • Jenis Lisensi Microsoft Office vs Microsoft 365

Lisensi Microsoft Office hanya perlu dibeli satu kali untuk pemakaian jangka panjang, sedangkan Microsoft 365 memberlakukan jenis lisensi berlangganan dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. 
 

  • Penggunaan Perangkat

Kendati Microsoft Office dapat digunakan selamanya, Anda harus melakukan pembelian ulang lisensi apabila berganti perangkat. Berbeda dengan Office, Microsoft 365 lebih fleksibel karena bisa digunakan di perangkat apa pun dalam satu waktu. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berbagi langganan dengan lima orang lainnya. 

 

  • Aplikasi Pendukung 

Setiap pembelian lisensi Office, Anda akan mendapatkan aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan juga dengan berlangganan Microsoft 365. Bedanya Anda akan mendapatkan aplikasi tambahan lain, seperti OneNote, Outlook, OneDrive, Planner, Microsoft Teams, dan aplikasi pendukung lainnya. 

Berbekal aplikasi tersebut, Anda bisa merancang rapat, menyimpan file, bertukar dokumen, mengerjakan tugas bersama, melakukan diskusi, bertukar ide, atau melakukan rapat online, panggilan video, serta chat tanpa batasan waktu dan tempat.  

 

  • Pembaruan Microsoft Office vs Microsoft 365

Microsoft Office hanya memberikan pembaruan keamanan, sedangkan Microsoft 365 memberikan pembaruan untuk aplikasi, fitur, perbaikan bug, dan keamanan hingga ke versi terbaru selama Anda masih berlangganan. 

Demikianlah perbedaan antara Microsoft Office dengan Microsoft 365 yang bisa digunakan untuk mempertimbangkan pilihan terbaik bagi bisnis Anda. Kalau tertarik menggunakan Microsoft 365, Anda bisa memilih layanan yang disediakan oleh nusa.id cloud dengan harga terjangkau. Mau bisnis makin sukses? Pilih nusa.id, Cloud Google Partner Indonesia yang telah dipercaya oleh 15 ribu bisnis di Indonesia! 

Share Artikel :

Blog Terkait

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif untuk Kantor

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif

Router VPN adalah solusi penting untuk meningkatkan keamanan jaringan kantor, terutama dalam

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di Kantor

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di

Topologi jaringan mesh merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja jaringan kantor,

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di Kantor

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di

Switch managed merupakan perangkat jaringan yang penting untuk kantor yang menginginkan kontrol