Menggunakan Font yang Tepat untuk Meningkatkan Kualitas Websitemu

font yang tepat

Meski terkesan sepele, sesungguhnya pemilihan font website dapat berpengaruh dalam personal branding bisnismu. Tidak ada pilihan yang baik atau buruk soal ini. Yang ada hanyalah pilihan font yang dirasakan paling cocok dalam mengomunikasikan brand-mu kepada pengunjung website.

Maka dari itu, menentukan font untuk website kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan, ada kalanya kamu harus membuat beberapa contoh. Lalu, kamu bisa menanyakan beberapa orang tepercaya untuk memilih sampel yang paling bagus.

 

Seperti Apa Pengaruh Font Website?

Seperti apakah pengaruh font website untuk personal branding milikmu? Inilah beberapa contohnya.

1. Dapat Mempengaruhi Minat Baca Pengunjung

Bisa saja kamu menggunakan font unik pada judul website untuk menarik perhatian pengunjung. Namun, agar mereka mau betah membaca, hindari font serupa untuk isi konten. Justru, gunakanlah font standar yang mudah terbaca dan tidak menyakitkan mata.

2. Dapat Mempengaruhi Estetika Website

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pilihlah jenis font berbeda berdasarkan keperluan. Bila font bergaya unik cocok untuk logo brand dan judul website, maka font bergaya standar lebih cocok untuk isi konten. Secara estetika pada website, kombinasi font ini akan membuat website terlihat lebih rapi.

3. Dapat memudahkan penyampaian informasi dengan lebih baik

Misalnya: kamu memilih font Calibri untuk huruf-huruf pada konten artikel. Pilihan ini tepat, karena artikel jadi lebih mudah terbaca. Bila pilihan font jatuh pada model yang ribet dan terlalu meliuk-liuk, ada kemungkinan artikel takkan mudah terbaca. Yang paling mengkhawatirkan, pengunjung bisa salah membaca, sehingga salah memahami informasi yang kamu berikan.

4. Merefleksikan pemilik website

Font website secara tidak langsung merefleksikan pemilik website tersebut. Misalnya: website dengan font standar macam Arial, Times New Roman, serta Calibri menggambarkan pemilik website yang serius dan profesional. Website dengan font unik biasanya menggambarkan pemilik website yang kreatif, luwes, dan imajinatif.

 

Tips Memilih Font Website

Inilah beberapa tips memilih font website untuk personal branding milikmu.

1. Pilih yang mudah terbaca

Serif sans termasuk salah satu font pilihan yang mudah terbaca bila untuk artikel konten web. Selain itu, pilihan latar belakang (background) desain web juga menentukan terbacanya tulisan atau tidak. Jangan sampai pilihan font sudah tepat, namun kombinasi warna tulisan dengan latar mirip-mirip, sehingga tulisan jadi susah terbaca.

2. Pilih yang tingkat keterbacaannya tinggi

Font dengan readability tinggi berpeluang makin mudah terbaca, bahkan dalam waktu singkat. Mengingat attention span pengunjung website lebih pendek daripada pembaca media cetak, hindari memilih font yang letaknya agak terlalu dempet. Jarak yang pas antar huruf, antar kata, hingga antar kalimat sangat berpengaruh dalam hal keterbacaan.

3. Gabungkan dua atau lebih font yang tampak selaras

Cara ini dapat mencegah kebosanan pengunjung website saat membaca konten website kamu. Desain font website jadi terlihat lebih variatif dan artistik. Pengunjung tidak akan merasa bahwa yang sedang mereka lihat dan baca tampak monoton.

Namun, hati-hati juga saat ingin menggabungkan dua atau lebih font. Untuk amannya, inilah beberapa contoh kombinasi yang selaras:

  • Dua font dengan typeface sama. Contoh: Arial Black dan Arial.
  • Dua font yang tampak kontras. Contoh: Serif dan Serif Sans.
  • Dua sub-kategori yang digabungkan. Contoh: Gill Sands dan Garamond.
  • Dua font dengan efek mood yang sama. Contoh: Amatic dan Bellota.

 

4. Manfaatkan ragam jenis font family

Pilihlah beragam jenis font family yang mirip, namun berbeda dari segi ukuran, ketebalan, serta penulisan. Banyak sumber font family gratisan yang bisa kamu pertimbangkan dan pilih untuk website kamu. Misalnya: di fonts.google.com . Keuntungan dari memilih ragam font family untuk font website adalah adanya variasi pada tulisan konten.

Bahkan, menyesuaikan ukuran font dapat memberikan mood yang tepat dalam pesan yang ingin disampaikan. Font akan terlihat lebih hidup, seolah ingin mengabarkan sesuatu yang menarik.

Nah, ternyata memilih font website tidak bisa sembarangan. Meskipun banyak pilihan, belum tentu semua bisa kamu gunakan. Pilihlah font yang tepat, sesuai dengan kebutuhan personal branding milikmu. Ditambah dengan komposisi warna dan latar yang tepat, font pilihan akan terlihat cemerlang.

Tingkatkan fitur Website-mu ! Klik disini !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting