Mengenal Web Hosting Secara Sederhana

Ketika masuk ke dunia pengembangan website, memang banyak istilah baru yang perlu dipelajari. Salah satu yang paling dasar adalah mengenai domain dan hosting yang harus ditentukan sejak awal website dibuat. Jika diibaratkan sebuah rumah, domain adalah alamat yang akan menjadi identitas web. Sementara itu, hosting adalah ruang yang akan menjadi ruang penyimpanan seluruh data website.

Ruang tersebut berada di dalam sebuah server, yang bisa berbentuk fisik atau awan (cloud). Selama ini, server fisik selalu menjadi andalan dan perlu pemeliharaan khusus agar tetap aktif dan minim kesalahan teknis. Sementara itu, komputasi awan atau cloud hosting baru muncul pada dekade terakhir, memberikan ruang server yang lebih luas dan disewa sesuai kebutuhan.

Website Hosting, Tempat Semua Data Website Tersimpan


Ketika seseorang memasukkan alamat domain Anda di kotak pencarian, web hosting akan mengirimkan semua data yang dibutuhkan untuk menampilkan website. Itu berlaku untuk semua data seperti gambar, teks, desain laman web, hingga video yang disematkan pada laman.

Makin banyak laman dan fitur yang ada dalam website Anda, makin besar juga kapasitas hosting yang Anda butuhkan. Biasanya, Anda bisa memulai dari hosting yang paling sederhana untuk website yang belum memiliki traffic yang terlalu tinggi. Seiring berjalannya waktu, performa website bisa ditingkatkan dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Pengaturan Website Sederhana Bersama nusa.id cloud


Untuk mengatur web hosting, biasanya pengelola website perlu memiliki tool sendiri. Namun, kalau Anda menggunakan layanan web hosting seperti yang ditawarkan oleh nusa.id cloud, Anda sudah mendapatkan platform panel kontrol yang memudahkan untuk melakukan pengaturan. Pengaturan ini meliputi tampilan, desain, hingga kecepatan load yang ada pada website.

Panel hosting cPanel ini menggunakan sistem penyimpanan SSD yang lebih fleksibel dengan performa transfer data yang tinggi. Selain itu, nusa.id cloud juga menyediakan layanan 24/7 yang dapat memberikan bantuan ketika pengguna menghadapi masalah dalam pengaturan website.

Kalau Anda sedang berpikir untuk membangun website, nusa.id cloud bisa menjadi tempat berkonsultasi untuk segala kebutuhan website dan hosting Anda, bahkan ketika Anda belum pernah membuat website sebelumnya.