fbpx

Mengenal Google Sites, Platform untuk Membuat Website Gratis

google sites

 
Google selalu memiliki cara untuk memudahkan para penggunanya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Google Sites sebagai website builder. Google Sites sendiri merupakan sebuah platform pembuatan website dari Google. Kalau sebelumnya kamu pernah menggunakan Wix atau WordPress, Google Sites memiliki kemiripan dengan keduanya.

Meski mirip, tapi Google Sites lebih sederhana dengan fitur yang lebih sedikit. Tapi kalau kamu butuh platform untuk membuat portofolio, situs bisnis atau sekadar blog pribadi maupun perusahaan, ini cukup mumpuni dan mudah digunakan.

Kalau sudah menggunakan produk Google lain dan merasa terbantu dengan keberadaannya bagi bisnismu, kamu mungkin perlu menambahkan Google Sites ke dalam toolbox-mu. Namun sebelumnya, cari tahu dulu secara lengkap tentang Google Sites berikut ini!

 

Perkenalan Ringkas tentang Google Sites

Google Sites merupakan aplikasi yang menjadi bagian dari Google Workspace (sebelumnya bernama G Suite). Ini merupakan kumpulan dari berbagai aplikasi dari Google untuk mendukung produktivitas termasuk Gmail, Calendar, Docs, Spreadsheet, Slide, Drive, Meet dan masih banyak lagi.

Google Sites bisa digunakan secara gratis bagi siapa saja yang punya akun Google. Tapi ada beberapa pilihan berlangganan berbayar yang bisa kamu pilih dengan tambahan fitur khusus bagi bisnis. Salah satunya adalah Google Workspace.

Namun, kamu tidak membutuhkan akun Google Workspace berbayar untuk bisa mengakses dan menggunakan Google Sites. Jika memiliki Google Account, navigasikan ke Google Sites kemudian pilih tanda plus untuk membuat situs baru. Kalau belum punya Google Account, buat yang baru untuk bisa menggunakan Google Sites.

Jika membuat situs dengan Google Sites, nama situsmu adalah https://sites.google.com/view/[nama situs kamu]. Namun, kamu juga bisa membeli domain khusus atau menggunakan domain lain yang sudah dibeli sebelumnya dari perusahaan domain registrar.

  

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan dengan Google Sites?

Google Sites memungkinkanmu membuat website sendiri tanpa harus melakukan coding sendiri. Ketika sedang membuat halaman Google Sites, pastikan bagian Google Sites Support Page tetap terbuka dan bisa diakses. Dengan begitu, kamu bisa mengeceknya jika ada pertanyaan.

Sama dengan platform lain seperti WordPress.com atau Wix, Google Sites menyediakan sejumlah fitur yang memudahkan dan intuitif untuk mendesain situs seperti yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan “Gadget” seperti Map, Spreadsheet, Calendar dan presentasi untuk membuat situsmu menjadi lebih fungsional.

Pilih tema kemudian sesuaikan dengan cara apa saja yang kamu mau. Buat situs yang profesional dan berfungsi dengan baik di semua jenis gawai mulai dari perangkat seluler hingga desktop.

 

Mengapa Menggunakan Google Sites?

Membangun website sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, Google Sites memberikan kemudahan dengan menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk membuat website yang unik sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya untuk membangun toko online yang sesuai dengan kebutuhan.

Kalau punya tim besar yang akan saling bekerja sama, kamu mungkin juga perlu mempertimbangkan penggunaan Google Sites untuk membangun intranet guna memudahkan komunikasi. Uniknya, Google Sites juga memungkinkanmu untuk memilih siapa yang bisa dan tidak bisa mengakses situs yang sudah dibuat.

Jadi jika menginginkan pengunjung eksternal mengunjungi situsmu dan memberikan hak istimewa pengeditan kolaboratif kepada pengguna tertentu, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Cukup dengan beberapa klik saja lewat Google Sites.

Ingin menikmati semua fitur Google Sites bersama dengan beragam tools Google Workspace lainnya? nusa.id cloud sebagai Google Cloud Partner sekaligus Reseller Partner Google Workspace siap membantu kamu. Hubungi kami di sini untuk mengkonsultasikan kebutuhanmu. Tingkatkan produktivitas harian dan bisnismu bersama nusa.id sekarang juga!

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling