fbpx

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Cloud Computing

menggunakan cloud computing

Secara sederhana, cloud computing dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi komputer dan internet untuk menyimpan berbagai data penting suatu perusahaan, lembaga, organisasi, atau individu. Perkembangan internet beberapa dekade belakangan merupakan salah satu alasan teknologi ini banyak dimanfaatkan.

Tuntutan zaman dan kebutuhan perusahaan juga menjadi faktor popularitas teknologi komputasi cloud. Meskipun mungkin penggunaan cloud bukan lagi hal asing, tidak ada salahnya untuk mengetahui alasan sebuah instansi atau perusahaan harus menggunakan teknologi cloud computing. Berikut ulasannya.

1. Keamanan Terjamin

Bicara keamanan, teknologi ini termasuk salah satu yang dilengkapi dengan sistem mumpuni dan mampu melindungi berbagai data di dalamnya, baik dari bahasa fisik seperti pencurian data online hingga serangan virus atau malware. Risiko ini telah diwaspadai sejak teknologi cloud dibuat.

Jadi, apabila masih ragu dengan keamanan data, sebaiknya kekhawatiran tersebut kita hentikan saat ini juga. Karena seiring perkembangan teknologi, sistem keamanan yang digunakan pun ikut berkembang ke arah yang lebih baik.

2. Hemat Biaya

Data bagi sebuah perusahaan terutama yang berbasis internet adalah aset yang sangat berharga. Inilah alasan dibutuhkan tempat penyimpanan yang aman, berkapasitas besar, dan mudah diakses. Dengan adanya teknologi cloud, hal ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Hanya dengan menggunakan aplikasi cloud pilihan, Anda bisa menyimpan jutaan data dengan aman tanpa harus bingung menyediakan lokasi yang memadai. Dinilai dari segi ekonomi, keberadaan cloud jelas dapat menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan perusahaan beberapa kali lebih efektif.

3. Fleksibel

Serunya memanfaatkan cloud, kita tidak perlu repot-repot membawa data. Cukup dengan mengunggah data yang dibutuhkan, Anda bisa mengaksesnya kapan pun membutuhkannya, tanpa dibatasi ruang dan waktu. Fleksibilitas semacam ini tentu saja belum tentu bisa kita dapatkan jika menyimpan data di server fisik.

Saat ini, ada banyak pilihan aplikasi cloud computing yang bisa digunakan dan memiliki banyak sekali manfaat yang dibutuhkan perusahaan. Salah satu yang recommended adalah Google Workspace. Jadi, masih ragu menggunakan teknologi komputasi cloud?

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling