fbpx

Memasuki Tahun Baru Dengan Keunggulan: Fitur Terkini Google Workspace Untuk Tahun Baru

google workspace

Tahun baru, solusi baru! Google Workspace kembali dengan sejumlah fitur baru yang siap mengubah cara kerja dan kolaborasi kita. Tidak hanya memberikan pengalaman yang lebih baik, tetapi juga memastikan bahwa tahun baru ini dimulai dengan keunggulan.

Berikut beberapa fitur terkini Google Workspace yang bisa membuat aktivitas sehari-hari kita lebih lancar dan efisien.

Makin Canggih dengan Duet AI

Pertama, fitur terbaru Google Workspace untuk tahun baru adalah Duet AI. Fitur ini diumumkan pada konferensi I/O developer pada awal tahun 2023. Apa saja yang berubah dengan adanya Duet AI di Google Workspace? Berikut beberapa perubahan canggih yang bisa Anda nikmati:

Gmail untuk Smartphone

Sekarang, Anda bisa menulis email di smartphone dengan mudah. Cukup mengetikkan beberapa kata, Duet AI membantu membuatkan balasan email lengkap. Nantinya fitur ini akan berkembang, yakni membuatkan balasan yang professional secara otomatis. 

Google Slides

Bagi yang sering berurusan dengan presentasi, Google Slides sekarang dilengkapi dengan Duet AI untuk membuat gambar asli dari teks. Cukup dengan beberapa kata perintah, Anda dapat menghasilkan visual yang unik dan menarik untuk presentasi Anda. Proses yang dulu memakan waktu menjadi lebih efisien, memberikan kemudahan bagi para pemasar, desainer, atau siapa pun yang sering membuat materi presentasi.

Google Spreadsheet

Dalam dunia analisis data, Google Spreadsheet kini didukung oleh Duet AI untuk klasifikasi otomatis dan pembuatan rencana kustom. Alat klasifikasi ini memahami konteks data dalam sel, menghemat waktu dari entri data manual yang membosankan. Selain itu, kemampuan bantu saya secara otomatis membuat rencana khusus untuk tugas, proyek, atau aktivitas lainnya. Inilah cara baru untuk meningkatkan produktivitas tim Anda!

Meet

Duet AI juga hadir dalam Google Meet untuk memberikan sentuhan pribadi pada panggilan video. Sekarang, Anda dapat membuat latar belakang unik untuk panggilan video Anda, mencerminkan kepribadian atau suasana hati Anda. Ini tidak hanya membuat panggilan video lebih menyenangkan tetapi juga menjaga privasi di sekitar Anda. Sebuah fitur kecil yang memberikan dampak besar dalam meningkatkan kualitas komunikasi jarak jauh.

Google Docs

Google Docs juga mendapatkan penyempurnaan dengan Duet AI. Selain membantu Anda menulis dengan lebih baik, sekarang Duet AI juga menyertakan chip pintar untuk informasi seperti lokasi dan status, serta variabel untuk detail yang ingin Anda sesuaikan. Membuat kolaborasi tim lebih terorganisir dan efektif.

Koreksi Bahasa

Adanya Duet AI juga membantu pengguna mengoreksi, memperbaiki nada, dan gaya dalam tulisan mereka. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat tulisan yang rapi dan terstruktur.

Pembaruan Lainnya di Google Workspace

Selain Duet AI, Google Workspace juga mempersembahkan sederet pembaruan terbaru pada fitur-fitur yang sudah ada. Terhitung sejak Desember 2023, ada sejumlah update yang pastinya akan mendukung produktivitas menyongsong tahun baru nanti. Apa saja perubahannya? Berikut daftarnya:

  • Google Workspace: Merekam dan membagikan pengucapan nama Anda di seluruh produk Google Workspace.
  • Google Chat: Mempermudah pengalaman pengguna di Google Chat untuk menemukan informasi dengan lebih cepat.
  • Google Meet: SDK Meet Add-ons kini tersedia dalam Developer Preview. Peningkatan lainnya datang dari kamera Huddly, yang membawa framing kontinu ke dalam ruangan dengan Google Meet Series One room kits.
  • Google Docs: Memudahkan pengisian smart chips di Google Docs menggunakan placeholder chips.
  • Google Drive: Tersedia fitur filter berdasarkan orang atau grup di Google Drive. Selain itu, e-Signature kini tersedia untuk pelanggan Google Workspace Individual.
  • Forms: New beta menambahkan opsi kontrol terperinci tentang siapa yang dapat merespons Google Forms.
  • Keamanan: Notifikasi kustom untuk data loss prevention  di Google Chat.
  • Google Vault: Admin di Google Vault sekarang bisa mengekspor konten Google Drive yang terhubung dari pesan Gmail. Selain itu, akses log audit Google Vault bersamaan dengan log audit Google Workspace lainnya.


Dengan pembaruan dan fitur canggih ini, Google Workspace siap mendukung Anda meningkatkan produktivitas di tahun baru. Bagaimana, sudah berlangganan Google Workspace? Kalau belum, tentu saja nusa.id cloud bisa membantu Anda dalam hal itu. Karena nusa.id cloud merupakan Google Premier Partner di Indonesia sejak 2018. Sebagai penyedia jasa layanan cloud server dan web hosting, nusa.id cloud telah dipercaya oleh lebih dari 1.500 bisnis dan personal. Kapan giliran Anda?

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling