fbpx

Mau Bayar Layanan Google Workspace Lewat Transfer Bank? Begini Caranya!

google workspace

 
Di tengah aktivitas WFH, kebutuhan akan platform kolaborasi untuk mendukung produktivitas semakin tinggi. Salah satu layanan yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Workspace. Google Workspace atau yang sebelumnya disebut dengan G Suite merupakan kumpulan cloud, perangkat produktivitas dan kolaborasi yang diluncurkan pada tahun 2006. Google Workspace sendiri terdiri dari berbagai layanan termasuk Gmail, Calendar, Contact, Meet dan Chat untuk berkomunikasi.

Bagi Anda yang menggunakan Google Workspace, melakukan pembayaran untuk menikmati semua fasilitas ini mungkin terasa membingungkan. Ini karena dalam opsi yang tersedia adalah pembayaran dengan menggunakan mata uang dolar. Lalu, bagaimana cara membayar layanan Google Workspace dengan menggunakan transfer bank? Bagaimana caranya?
  

Opsi Pembayaran untuk Layanan Google Workspace

google workspace

Sama seperti layanan lain yang disediakan, Google menerima pembayaran untuk biaya berlangganan di lebih dari 230 negara di dunia lewat kartu kredit. Anda bisa membayar dengan menggunakan MasterCard, Visa dan American Express. Di beberapa negara termasuk di Indonesia, Anda juga bisa membayar layanan Google Workspace dari rekening Anda dengan metode debit.

Sayangnya ada beberapa metode pembayaran yang tidak bisa dilakukan di negara mana pun termasuk Western Union, kartu kredit virtual dan transfer bank yang dilakukan langsung oleh pelanggan. Lalu, bagaimana solusinya?
  

Membayar Layanan Google Workspace Lewat Local Partner

google workspace

Penagihan yang menggunakan mata uang dolar serta tidak bisa dilakukan dengan transfer bank mungkin terasa menyulitkan. Apalagi bagi Anda yang tidak punya kartu kredit sendiri. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembayaran layanan Google Workspace dengan menggunakan mata uang rupiah melalui Local Partner Google Workspace yang ada di Indonesia.

Di setiap region seperti APAC, umumnya ada beberapa perusahaan yang bermitra sebagai Local Partner. Keberadaan Local Partner ini akan memudahkan Anda yang ingin melakukan pembayaran. Caranya adalah dengan berlangganan langsung melalui Google Local Partner ini. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berlangganan layanan Google Workspace lewat Google Local Partner:

  • Tersedia layanan konsultasi. Bicarakan terlebih dahulu dengan Google Partner terkait layanan apa saja yang Anda butuhkan dan inginkan dalam Google Workspace Anda. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur budget.
  • Bisa membayar dengan sistem transfer bank. Jika berlangganan langsung tidak memungkinkan Anda melakukan pembayaran lewat transfer bank, Anda bisa melakukannya dengan perantara Local Partner. Anda cukup transfer biaya berlangganan ke akun bank partner, biarkan Local Partner yang menyelesaikan pembayaran untuk Anda ke Google.
  • Pembayaran cenderung stabil karena dilakukan dengan menggunakan mata uang rupiah.

  

Bagaimana Cara Memindahkan Akun Google Workspace ke Partner?

google workspace

Agar pembayaran dapat dilakukan oleh Local Partner, Anda harus mentransfer terlebih dahulu akun ke partner. Dengan begitu, pembayarannya akan dipindahkan ke akun partner. Caranya sangat mudah yakni dengan mengirimkan token Google Workspace kepada partner lewat langkah berikut:

  • Minta ID publik reseller
  • Masuk ke Google Admin Console – https://admin.google.com
  • Masuk dengan menggunakan akun administrator
  • Buka untuk mengambil Token Transfer – https://admin.google.com/TransferToken
  • Setujui syarat dan ketentuan yang ditetapkan dengan membuat centang pada kotak
  • Pada bagian Enter Reseller’s Public Identifier, masukkan ID publik reseller kemudian konfirmasi
  • Klik “Create Transfer Token”
  • Klik “Copy Code”, ambil kode Transfer Tokennya
  • Bagikan kode tersebut kepada Google Workspace Partner Indonesia

 
Transfer ini akan langsung berlaku setelah partner menerima token dan proses transfer akun diselesaikan.

Salah satu partner yang bisa membantu Anda melakukan pembayaran dengan transfer bank adalah nusa.id cloud. Sebagai Google Cloud Partner resmi, kami siap membantu semua keperluan berlangganan layanan Google Workspace Anda. Konsultasikan terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan dan biarkan kami yang membantu menyelesaikan proses pembayarannya untuk Anda.

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling