Manfaat Update Storage Google Workspace

manfaat update Storage Google workspace

Yang namanya berbisnis dan bekerja, pasti akan ada komunikasi, baik melalui media atau secara langsung. Lalu, ada juga kegiatan meeting baik online atau offline, kirim dokumen, hingga menyimpan data perusahaan.

Lalu Anda pikir, semuanya bisa dilakukan tanpa sebuah perangkat? Jika dilihat di zaman sekarang, mungkin sepertinya perusahaan sudah mulai menggunakan perangkat lunak atau software, sebagai workspace yang aman dan nyaman untuk digunakan.

Kalau perusahaan Anda bagaimana? Yakin, masih serba manual? Padahal, saat ini ada teknologi yang namanya Google Workspace lho!

Wah, apa tuh? Google, bukannya untuk mesin pencarian yah?

Apa Itu Google Workspace?

Google Workspace adalah sebuah paket perangkat lunak (software) yang disediakan oleh Google, dan menyediakan berbagai macam aplikasi seperti Gmail, Calendar, Drive, Meet, dan Docs.

Dari salah satu aplikasi tersebut, mungkin Anda pernah memakainya bukan?

Lalu, paket ini juga ditujukan untuk membantu organisasi dan perusahaan dalam mengelola komunikasi, dan collaboration agar bisnis berjalan dengan maksimal. Fitur yang disediakan juga dapat digunakan oleh individu.

Untuk Anda yang sedang membangun perusahaan rintisan, dan ingin mencoba menggunakan perangkat lunak ini, tentu sangat memungkinkan! Terlebih, Google juga menyediakan paket Google Workspace Standard.

Google Workspace Business Starter

Google Workspace Business Starter adalah versi dasar dari paket perangkat lunak Google Workspace, yang menyediakan akses ke fitur-fitur dasar. Contohnya seperti email, kalender, drive, dan aplikasi pengolah dokumen.

Nah, kalau Anda memilih dan menggunakan paket Google Workspace Starter ini, Anda akan mendapatkan beberapa fitur, diantaranya adalah:

  • Email: Pengguna dapat mengirim dan menerima email menggunakan alamat email yang disesuaikan dengan nama domain perusahaan atau organisasi.

 

  • Kalender: Pengguna dapat membuat, mengelola, dan berkolaborasi dalam jadwal dan acara.

 

  • Drive: Pengguna dapat menyimpan, berbagi, dan berkolaborasi pada file.

 

  • Docs: Pengguna dapat menulis, mengedit, dan berkolaborasi pada dokumen secara real-time.

 

  • Sheets: Pengguna dapat mengelola data dalam bentuk tabel seperti spreadsheet.

 

  • Slides: Pengguna dapat membuat presentasi.

 

  • Form: Pengguna dapat membuat dan mengirim formulir survei, dan menganalisis hasilnya.

 

  • Admin Console: Pengguna dapat mengelola akun, pengguna, dan pengaturan organisasi.

 

  • Mobile: Aplikasi mobile untuk mengakses semua fitur dari Google Workspace dari perangkat mobile.

 

  • Storage: Pengguna akan dapat menyimpan data hingga 30 GB per user.

 

  • Meet: Pengguna dapat melakukan video conference dengan kapasitas hingga 100 orang.

 
Perlu diketahui, bahwa Google Workspace Starter ini tidak termasuk fitur tambahan seperti video recording, jam kerja, dan integrasi aplikasi pihak ketiga.

Namun, pihak perusahaan sebagai pengguna, juga dapat menambahkan fitur tambahan dengan membeli paket yang lebih tinggi, atau upgrade dari Google Workspace.
  

Manfaat Upgrade Storage Google Workspace

Upgrade storage pada Google Workspace dapat memberikan berbagai manfaat bagi organisasi atau perusahaan, beberapa diantaranya adalah:

  • Kapasitas penyimpanan yang lebih besar: Upgrade storage dapat menambah kapasitas penyimpanan yang tersedia per pengguna, sehingga dapat menyimpan lebih banyak data.

 

  • Keamanan Data: Penambahan storage juga dapat meningkatkan keamanan data dengan menyimpan data yang lebih banyak dan lebih lama, sehingga dapat digunakan untuk backup data.

 

  • Aksesibilitas data: Upgrade storage akan membuat data lebih mudah diakses dan di-share oleh pengguna yang berbeda dalam organisasi atau perusahaan.

 

  • Integrasi Aplikasi : Penambahan storage akan memberikan lebih banyak integrasi dengan aplikasi lain, sehingga dapat digunakan dengan lebih efisien.

 

  • Compliance : Penambahan storage akan membuat organisasi atau perusahaan lebih mudah untuk memenuhi persyaratan compliance regulasi yang berlaku.

 

  • Analytic & report: Penambahan storage akan memberikan lebih banyak data yang dapat digunakan untuk analitik dan laporan, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas.

 

  • Pemeliharaan : Upgrade storage akan membuat pemeliharaan data lebih mudah dan efisien, karena dapat menyimpan data yang lebih banyak dan lebih lama.

 

  • Bisnis Continuity : Penambahan storage akan meningkatkan kontinuitas bisnis karena data yang penting lebih mudah diakses dan di-backup.

  

Partner Resmi Google Indonesia

Google bekerja dengan berbagai partner di Indonesia untuk menyediakan produk dan layanan Google, yang dapat digunakan oleh perusahaan dan organisasi di Indonesia.

Namun, perlu ditekankan, bahwa daftar ini hanyalah beberapa contoh dari partner resmi Google di Indonesia. Karena, masih banyak lagi partner yang bekerja sama dengan Google untuk menyediakan layanan Google Workspace, kepada perusahaan dan organisasi di Indonesia.

Beberapa partner resmi Google di Indonesia adalah:

1. PT. Media Antar Nusa – nusa.id cloud

Mungkin Anda akan menemukan beragam Google Cloud Partner, yang dapat ditemukan di Indonesia. Tapi, ada rekomendasi terbaik yang bisa Anda atau perusahaan pilih, yakni nusa.id cloud.

nusa.id cloud sendiri merupakan salah satu penyedia jasa cloud server di Indonesia, yang dinaungi oleh PT Media Antar Nusa. Bukan perusahaan baru, PT Media Antar Nusa sudah lama berdiri, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

2. Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yang bekerja sama dengan Google untuk menyediakan layanan Google Workspace kepada pelanggannya.

3. Indosat Oredoo

Indosat Ooredoo juga merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang bekerja sama dengan Google, untuk menyediakan layanan Google Workspace kepada pelanggannya.

Bagaimana? Tidak perlu bingung untuk menentukan pilihan, karena kamu bisa pilih pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi, jika butuh rekomendasi, nusa.id cloud bisa jadi pilihan yang tepat!

Kenapa? Karena nusa.id mampu bersaing dengan layanan lainnya, serta mampu menjadi provider penyedia layanan cloud Indonesia, dengan sumber daya yang berpengalaman.

Bagaimana tidak? Saat ini saja, nusa.id cloud telah dipercaya oleh lebih dari 15.000 bisnis, maupun personal sebagai solusi layanan cloud server dan web hosting.

nusa.id cloud bisa menjadi pilihan, sebagai Google Cloud Partner dan juga reseller, yang siap membantu kebutuhan Google Workspace. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di sini!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting