fbpx

5 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Websitemu

Saat hendak membangun image di dunia digital, kamu tentu memerlukan sebuah website. Meski begitu, kamu harus menentukan domain yang tepat untuk websitemu sebelum membuatnya. Sebenarnya, menentukan nama domain sama dengan memilih nama untuk organisasi atau bisnis yang mampu menampilkan identitas brand yang hendak dibuat.

Inilah mengapa, banyak pebisnis yang memerlukan waktu lebih banyak hanya untuk menentukan nama domain sebuah website. Hal itu tidak mengherankan; pasalnya, nama domain nantinya akan menjadi suatu identitas yang membuat calon pelanggan tertarik dengan bisnismu. Jadi, sudah pasti kamu harus memilih nama domain yang tepat.
  

Tips Memilih Nama Domain untuk Website

nama domain

Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk menentukan nama domain yang pas. Agar tidak salah, simak tips memilih nama domain berikut ini.
  

1. Pilih Nama Domain yang Singkat

Nama domain yang terlalu panjang akan membuat orang sulit mengingatnya. Alhasil, websitemu akan kesulitan mendapatkan pengunjung. Bukan tidak mungkin mereka turut mengalami kesulitan saat harus mengeja maupun mengetik domain websitemu.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih nama domain yang singkat dan mudah dieja maupun diketik. Lebih baik lagi apabila nama domain yang kamu pilih tidak lebih panjang dari 17 karakter. Cukup menantang, ya?
  

2. Pakai Nama Brand

Semua bisnis pasti memerlukan brand. Sebab, adanya brand membuat layanan maupun produk yang kamu miliki lebih mudah dikenali dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Tak hanya itu, brand pun dapat membuat bisnismu lebih mudah diingat.

Lalu, bagaimana cara memilih nama domain yang brandable? Pertama, kamu bisa membuat kata- kata baru yang sebisa mungkin mampu menarik perhatian. Kedua, kamu bisa memanfaatkan kata-kata yang sudah ada. Misalnya, brand produk minuman yang dimiliki oleh Gibran yang diberi nama Goola.

Nama ini berasal dari kata gula yang mengarah pada produk minuman manis. Cara terakhir bisa dengan memanfaatkan generator untuk menentukan nama domain website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai nama domain yang direkomendasikan.
  

3. Manfaatkan Kata Kunci

Apabila domain yang kamu pilih dipakai untuk website usaha, kamu bisa memakai kata kunci yang berkaitan dengan pelayanan maupun bisnis yang kamu punya. Contohnya, kamu punya bisnis jasa cuci pakaian atau laundry, kamu dapat menggunakan kata laundry tersebut pada nama domain website.

Selain memudahkan kamu mendapatkan nama domain yang tepat, menggunakan kata kunci saat menentukan domain juga bisa membantu optimasi SEO website. Jadi, website milikmu akan tampil pada halaman pertama saat seseorang mencari jasa laundry pada halaman pencarian. Dengan begitu, trafik website kamu tentu akan mengalami peningkatan.
  

4. Pakai Ekstensi yang Sesuai

Huruf yang terdapat di belakang nama domain, seperti .org, .com, atau .co.id disebut dengan ekstensi domain. Setiap ekstensi tentu memiliki fungsinya masing masing. Misalnya, ekstensi .org umumnya dipakai untuk lembaga atau organisasi, .net biasanya dipakai untuk halaman yang berhubungan dengan dunia jaringan, dan .sch yang biasanya dipakai untuk menunjukkan halaman website akademis.

Terkait dengan domain yang komersial, sampai saat ini domain dengan ekstensi .com memang masih menjadi yang paling utama. Inilah mengapa, membuat domain dengan akhiran .com tidak mudah. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan ekstensi .id pada websitemu. Bukan tanpa alasan, akhiran .id dikatakan punya kredibilitas yang tinggi.
  

5. Pastikan Nama Domain Belum Pernah Dipakai

Tips memilih nama domain lainnya yang turut harus kamu perhatikan adalah memastikan bahwa nama domain yang kamu pilih belum pernah dipakai oleh orang lain. Selain itu, hindari pula menggunakan nama domain yang terdengar atau terlihat mirip dengan milik orang lain, terlebih apabila nama brand tersebut telah memiliki hak paten.

Itu tadi beberapa tips memilih nama domain yang tepat untuk websitemu sebelum membuka suatu bisnis. Kalau kamu kesulitan mendapatkan nama domain yang tepat, kamu bisa memanfaatkan jasa pendaftaran domain di nusa.id cloud. Tersedia berbagai pilihan nama domain dengan jaminan aktivasi cepat, harga kompetitif, dan fitur domain protection. Kamu juga bisa transfer domain dengan perpanjang otomatis setiap satu tahun di nusa.id cloud.

 

 

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling