fbpx

Kelebihan Google Workspace Dibanding Tools Kolaborasi Lain

Gambar 6 Kelebihan Google Workspace Dibanding Tools Kolaborasi Lain

Komunikasi yang baik dan efektif adalah kunci penting menuju kesuksesan berbisnis. Sayangnya tidak semua perusahaan menerapkan kultur positif ini di lingkungan kerjanya, terutama korporasi yang sebagian karyawannya bekerja secara remote. Jarak seharusnya tak dijadikan alasan untuk tidak membangun kebiasaan komunikasi efektif di tempat kerja, apalagi sekarang sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk meningkatkan produktivitas tim. Salah satu aplikasi yang menawarkan kelebihan dalam hal ini adalah Google Workspace. Kelebihan Google Workspace dapat membantu meningkatkan komunikasi efektif di tempat kerja.

Google Workspace: Tool Kolaborasi untuk Kerja Tim

Kelebihan G suite Dibanding Tools Kolaborasi Lain

Keith Ferrazzi dalam Harvard Business Review menulis bahwa kolaborasi yang solid adalah resep rahasia yang dapat mendongkrak kreativitas, inovasi, serta ide-ide brilian dalam sebuah tim kerja.

Nah, untuk perusahaan yang menerapkan sistem remote working, komunikasi efektif bisa dibangun dengan menggunakan tools kolaborasi online seperti Google Workspace. Dibandingkan perangkat lain seperti Office 365 dan Activecollab, Google Workspace menawarkan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

 

1. Kolaborasi Real Time

Real time collaboration adalah keunggulan pertama yang membuat Google Workspace lebih disukai dibandingkan aplikasi produktivitas lainnya. Kemudahan ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa diakses bersama-sama, seperti G Drive, spreadsheet, dan lain sebagainya.

Singkatnya, Anda dan tim pun bisa berkolaborasi atau mengerjakan dokumen yang sama secara bersamaan tanpa kendala waktu dan jarak. Selama koneksi internet memadai, tugas kantor pun bisa diselesaikan dengan baik sesuai deadline.

 

2. Ruang Penyimpanan Unlimited

Kelebihan G suite Dibanding Tools Kolaborasi Lain

Google Workspace adalah tool canggih yang menyediakan fitur tambahan berupa ruang penyimpanan tak terbatas. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir soal kapasitas storage untuk mengarsipkan berbagai dokumen penting dalam format apa pun.

Selain Google Drive, ada juga Dropbox dengan fungsi yang kurang lebih sama. Yang terpenting, semua bisa diakses dengan mudah dari perangkat apa saja.

 

3. Fitur Lengkap

Google Workspace memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas tim di kantor, seperti Calendar, Drive, Hangouts, Google Meet, Google Form, Jamboard, G Marketplace, serta Google Classroom untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Google Sheets, Slides, dan Docs juga tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan file sharing & editing dalam tim.

 


4. Biaya Langganan Terjangkau

Google Workspace terbilang menerapkan biaya langganan yang murah dengan fitur selengkap itu. Harga yang ditawarkan juga berbeda-beda tergantung jenis plans yang dipilih. Untuk detail layanan bisa di cek disini

Masing-masing plan memiliki fitur yang berbeda. Nah, Anda bisa memilih paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis/perusahaan. Budget pun bisa dihemat untuk keperluan lain yang lebih penting, misalnya membayar biaya iklan.

 

5. Tingkat Keamanan Tinggi

kelebihan gsuite

Jangan lagi khawatir soal kebocoran data atau privasi! Lewat sistem konfigurasi dan setting aplikasinya yang canggih, tim Google Workspace bekerja keras memastikan segala dokumen atau aktivitas yang Anda lakukan aman dari retasan pihak tak bertanggung jawab.

Di dalam Google Workspace juga tersedia fitur integrated Cloud Identify sebagai perlindungan tambahan akun pengguna. Kapan pun ada login atau aktivitas mencurigakan, pengguna akan langsung menerima notifikasi untuk segera mengamankan akun miliknya.

 

6.  Bisa Diakses dari Smartphone

Google Workspace tidak hanya bisa diakses melalui komputer, tapi juga smartphone dengan sistem operasi iOS, Android, atau Windows Phone. Jadi, Anda bisa tetap update dengan informasi atau tugas-tugas dari kantor meskipun sedang tidak berada di depan komputer.

Nah itulah 6 kelebihan Google Workspace, berkat Google Workspace, kebutuhan kolaborasi tim di kantor pun kini bukan lagi masalah. Jika Anda membutuhkan informasi lanjutan seputar layanan Google Workspace, kunjungi saja nusa.id cloud. Kami adalah partner resmi Google Indonesia yang telah dipercaya 3.000+ klien dari dalam maupun luar negeri.

Silakan kontak kami jika Anda membutuhkan konsultasi seputar layanan Google Workspace dan lain-lain. Tim nusa.id cloud akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda!

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling