Ini 3 Keuntungan Memakai Domain Premium bagi Website Bisnis

Ibarat rumah, domain adalah alamat yang merepresentasikan lokasi website Anda, sekaligus menjadi tujuan orang-orang yang mencari tahu tentang bisnis Anda. Sebuah domain bisa jadi premium kalau berhasil merepresentasikan sesuatu dengan tepat dan singkat. Sering kali, nama tersebut adalah nama perusahaan, nama seseorang, atau berupa branding.

Ketentuan Domain Premium


Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) menentukan bahwa domain premium bisa menggunakan berbagai ekstensi seperti .id, .co.id. Biasanya, nama domain terdiri dari 2 – 4 karakter sehingga lebih mudah untuk diingat. Khusus untuk domain .co.id yang termasuk kategori premium adalah jumlah karakter domain terdiri dari 2 karakter.

Namun, tidak menutup kemungkinan nama domain lebih panjang tetapi memiliki branding atau nama yang spesifik dan mudah diingat. Semakin mudah diingat dan ditemukan, harga domain akan semakin tinggi.

3 Keuntungan Domain Premium


Di dunia digital, penting untuk memiliki representasi yang baik dan efektif. Inilah kenapa, domain premium cukup berpengaruh terhadap jalannya bisnis dan promosi di internet. Lebih detail lagi, inilah tiga keuntungan domain premium bagi bisnis Anda:

  1. Meningkatkan Kredibilitas
  2. Layaknya sebuah lokasi kantor, website resmi mengukuhkan keberadaan bisnis Anda di dunia digital. Dari website tersebut, pelanggan dan relasi Anda bisa melihat karakter dan mengenal bisnis Anda lebih jauh. Dengan domain yang representatif dan isi website yang menarik, bisnis Anda akan terlihat lebih kredibel dan dapat dipercaya.

  3. Mudah Dicari dan Diingat
  4. Domain premium biasanya lebih singkat sehingga mudah diingat. Tujuannya adalah ketika ada calon pelanggan yang mau mencari tentang suatu produk atau merek yang identik dengan bisnis Anda, ia bisa langsung tertarik untuk masuk ke website Anda dengan domain yang sederhana dan berkelas.

  5. Sesuai dengan Branding Bisnis
  6. Sebuah domain bisa menjadi premium ketika ada sebagian orang yang menganggap bahwa domain tersebut bisa bernilai tinggi karena nilai branding dan representatifnya. Misalnya saja, ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang impor produk dari luar negeri. Perusahaan tersebut bisa saja menggunakan domain premium yang singkat seperti import.id. Dengan begitu, ketika seseorang mengetik kata “import Indonesia” di pencarian Google, website dengan alamat import.id menjadi relevan.

Domain premium yang merupakan nama domain istimewa, harganya bisa cukup tinggi. Untuk meregulasi ini, PANDI pada bulan Agustus 2020 meluncurkan Domain.id yang merupakan marketplace domain premium. Anda dapat mengunjungi situs tersebut dan mencari domain premium yang cocok untuk branding bisnis Anda.

Yang terpenting, sederhanakan sudut pandang dan jangan masukkan terlalu banyak kata dalam domain pilihan. Untuk tahu domain apa yang cocok untuk bisnis, Anda bisa hubungi nusa.id cloud dan mulai branding perusahaan Anda secara online.