#Mulai Dari 69K G Suite Basic

Ingin Bisnis Online Anda Berkembang Di Masa Pandemi ? Gunakan G Suite

Pandemi covid-19 memang menjadi salah satu penyebab kemunduran para pebisnis, sehingga harus melancarkan kolaborasi melalui online dengan perusahaan lain. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk berjumpa secara online.

Hanya saja aplikasi tersebut tidak menyediakan fasilitas selengkap G Suite. Anda yang tertarik untuk belajar menggunakan Google Suite perlu membaca ulasan ini sampai selesai.

Pada ulasan ini akan dijelaskan mengenai pengertian dasar tentang G Suite dan segala hal yang berhubungan dengan produk G Suite yang kemungkinan bisa dimanfaatkan saat akan mendaftarkan Google Suite untuk bisnis Anda. Beberapa dari ulasan tersebut bisa disimak berikut ini.


Apa Itu Google Suite?


Seperti namanya, G Suite adalah tool milik Google yang menyediakan layanan berhubungan dengan kinerja suatu perusahaan maupun organisasi. Siapa saja yang tertarik untuk menggunakan Google Suite bisa mendaftarkan akun Google Suite yang mana tersedia tiga pilihan berupa Basic, Business, dan Enterprise.

Nah layanan Google yang satu ini bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan proyek secara online maupun bertemu dengan mitra kerja baru secara virtual. Orang yang sudah mendaftarkan diri dalam layanan ini akan bisa memanfaatkan seluruh fitur yang ditawarkan seperti email pembuatan dokumen, kalender online, drive penyimpanan dokumen, presentasi, dan berbagai macam fitur lainnya.

Pada dasarnya Google memang merancang aplikasi yang satu ini untuk menggabungkan seluruh tools yang berkaitan dengan proses manajemen dan komunikasi, sehingga sangat cocok digunakan untuk berbisnis. Pertama kali aplikasi ini dirilis pada 28 Agustus 2006 dengan sebutan Google maps for work. Kemudian namanya diganti lagi menjadi G Suite sampai dengan saat ini.


Apa Saja Produk dari Google Suite?


Anda yang baru pertama kali mengenal Google Suite dan memiliki bisnis online pasti akan langsung tertarik untuk bisa memahami lebih dalam tentang produk Google yang satu ini. Beberapa layanan atau produk yang ditawarkan kepada seluruh penggunanya berupa Gmail, kalender, Google Chat, Google Currents, dan Drive Storage.

Selain itu, Anda akan dapat mengakses beberapa aplikasi seperti Docs, Sheets, Slides, Forms, dan Situs untuk dapat berkomunikasi dengan mitra. Kegunaan lain G Suite oleh panel admin yakni dapat mengatur maupun mengelola seluruh user yang menggunakan servisnya.

Pada dasarnya Google Suite sendiri itu terdiri atas banyak sekali fitur. Beberapa fitur tersebut adalah email dengan alamat domain Anda, video kalender, voice calls, storage sampai 30 GB, collaborative document, spreadsheet, presentation, slides, kendali penuh terhadap keamanan maupun privasi, serta layanan yang mencapai 24 jam setiap harinya.

Anda yang tertarik menggunakan layanan Google ini maupun perlu berkonsultasi bisa melakukan telepon terhadap bagian layanan. Kemudian, bisa saja menggunakan Google Suite akun khusus Bisnis plan yang mana memiliki fitur jauh lebih lengkap daripada G Suite Basic, sehingga memungkinkan penambahan terhadap Vault yang bisa melakukan eDiscovery.

Admin akan memiliki kontrol lebih lanjut terhadap drive penyimpanan tak terbatas yang mampu berkapasitas 1 TB untuk setiap pengguna yang jumlahnya kurang dari 5 pengguna dalam suatu Drive. Pemiliknya juga mungkin saja melakukan pemberitahuan maupun audit terhadap konten yang membagikan Drive, melakukan kebijakan retensi pesan, dan berbagai aktivitas lainnya.


Cara Membuat Akun Google Suite



Apabila Anda sudah memiliki website online untuk usaha yang dijalankan, maka anda tinggal membuat akun Google Suite dan caranya dapat diterapkan sendiri dengan mudah menggunakan panduan ini. Beberapa langkahnya akan dijelaskan secara terperinci berikut.

  • Masukkan nama perusahaan dalam pendaftaran akun Google Suite.
  • Pilih jumlah karyawan yang bekerja dalam perusahaan yang dimiliki. Jika sewaktu-waktu perlu menambah jumlah karyawan yang bekerja, maka tidak perlu khawatir terhadap data yang sudah dimasukkan dalam pembuatan akun Google Suite.
  • Selanjutnya perlu memasukkan data mengenai lokasi perusahaan yang bertujuan untuk penagihan. Google akan memberikan informasi akun Anda setelah melakukan pendaftaran ke alamat email yang sudah digunakan.
  • Masukkan domain yang sudah dimiliki saat ini. Bagi Anda yang belum memiliki domain, maka bisa mencari domain baru yang akan didaftarkan pada akun Google Suite dan pendaftar perlu membayar dengan biaya tertentu.
  • Sisanya hanya perlu membuat akun Google Suite untuk Anda sendiri dengan cara memasukkan nama alamat email yang nantinya akan tertera pada domain yang digunakan serta password yang akan dipakai pada Google site baru pendaftarnya.
  • Pendaftar hanya perlu memberikan informasi berupa nomor telepon yang bisa dihubungi oleh pemberi layanan Google Suite dan akan dipandu secara mendetail untuk mempersiapkan akun Google Suite.

Setiap langkah tadi bisa diikuti dengan mudah dan bagi yang sudah terbiasa untuk mengelola nama domain maupun situs website, maka menyiapkan akun Google sendiri itu sangat sederhana. Bahkan membuat akun ini bisa dilakukan dengan mengisi informasi melalui handphone oleh satu perusahaan ataupun suatu event.

Apabila Anda merasa sedikit kebingungan dengan langkah yang dijabarkan, maka Anda bisa melakukan konsultasi dengan penyedia layanan Google Suite. Pastikan hanya menggunakan layanan Google Suite di nusa.id cloud, karena Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis.


Cara Menambah Jumlah Pengguna Google Suite


Anda sudah melakukan pendaftaran terhadap akun Google G Suite, sehingga langkah selanjutnya yang penting adalah mengetahui cara untuk menambahkan pengguna Google Suite yang Anda pakai. Bahkan cara menambahkan jumlah pengguna itu bisa dilakukan dengan menjalankan beberapa langkah saja.

  • Memasukkan nama member tim Anda maupun memasukkan alamat email yang akan disebarkan kepada calon pengguna Google. Penambahan ini akan melibatkan pengaturan admin dari Google Suite.
  • Selanjutnya Anda mengisi detail user yang akan ditambahkan seperti nama, username / alamat email, password dan informasi lainnya

Sekarang Anda sudah mengerti secara singkat mengenai G Suite adalah tools penting buatan Google yang harus dimiliki oleh seluruh pebisnis. Apapun sektor bisnis yang Anda geluti, menawarkan bisnis secara online melalui website merupakan suatu keharusan kini, karena karyawan perusahaan akan bisa bekerja secara online.

Apabila Anda berniat menggunakan G Suite, maka bisa memesan melalui nusa.id cloud. Setidaknya ada tiga paket yang bisa dipilih, seperti Basic, Business, dan Enterprise. Nusa.id sudah menjadi partner resmi Google yang ada di Indonesia, sehingga Anda bisa percaya dengan layanan yang akan diberikan.