fbpx

Pilih Google Workspace atau Microsoft Office 365? Cek Perbandingannya!

Pilih Google Workspace atau Microsoft Office 365? Tak sedikit orang merasa bimbang dalam menentukan platform Google Workspace atau Microsoft 365. Sebenarnya, kedua platform ini sangat populer di kalangan pebisnis, orang kantoran, hingga dunia pendidikan. Baik Google Workspace maupun Microsoft 365 menawarkan alat yang berguna untuk mendorong produktivitas, efisiensi, dan kolaborasi.

Jika dilihat dari pangsa pasar, Workspace memang lebih unggul dibandingkan Microsoft 365. Berdasarkan data dari 6Sense, persentase market share Google Workspace di tahun 2023 mencapai 69.23, sedangkan Microsoft 365 hanya mencapai angka 19.61%. Meskipun hal ini bisa dijadikan pertimbangan, alangkah bijak untuk mengetahui lebih dulu perbandingan di antara keduanya. 


Pilih Google Workspace atau Microsoft Office 365? Pahami Dulu Perbandingan Google Workspace dengan Microsoft 365

microsoft 365

Sumber : Business Tech Weekly

Untuk memudahkan Anda, berikut perbandingan Google Workspace dengan Microsoft 365 yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan terbaik. 

  • Aplikasi Bisnis Utama

Google Workspace mempunyai aplikasi bisnis utama yang sudah dikenal luas dan sering digunakan, seperti Google Docs, Google Slides, Google Sheets, Gmail, dan lainnya. Microsoft 365 juga menyediakan aplikasi bisnis utama yang dikenal dengan sebutan Office, seperti Word, Excel, Outlook, PowerPoint, dan lainnya.
 

  • Kolaborasi 

Tak dapat dimungkiri bahwa Google Workspace dikenal dengan kolaborasi secara real time yang kuat. Hal ini tampak dari kemudahan orang-orang yang terlibat untuk bekerja di dokumen yang sama dalam waktu bersamaan dan melihat perubahannya secara langsung. Tak hanya itu saja, komunikasi di antara anggota tim juga lebih lancar berkat keberadaan Google Meet dan Google Chat. Tentunya hal ini tak hanya hemat waktu, melainkan juga mendorong produktivitas karyawan. 

Di sisi lain, Microsoft 365 juga menawarkan fitur kolaborasi yang tak kalah kuat dan bisa dicek secara berkala melalui aplikasi Office online, Microsoft Teams, maupun Skype. Kehadiran fitur ini mendorong kelancaran komunikasi yang berdampak baik pada kuatnya kolaborasi di antara anggota tim yang terlibat.

  • Penyimpanan

Google Workspace menyediakan penyimpanan Google Drive, sedangkan Microsoft 365 menyediakan penyimpanan OneDrive berbasis Cloud. Ruang penyimpanan tersebut bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.  

  • Integrasi

Google Workspace dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda tambahkan melalui Google Workspace Marketplace. Tak berbeda dengan Workspace, Microsoft 365 juga terintegrasi dengan sistem operasi Windows maupun aplikasi buatan Microsoft lainnya. Tentunya hal ini sangat memudahkan pengguna yang telah terbiasa dengan ekosistem Microsoft. 

  • Fungsi Pencarian

Lantaran diciptakan oleh Google, Google Workspace unggul dalam fungsi pencarian. Alhasil, data, file, maupun informasi penting yang diperlukan bisa Anda dapatkan dalam waktu relatif singkat. Meskipun tidak sekuat Workspace, Microsoft 365 juga memiliki fungsi pencarian yang cukup memudahkan pekerjaan Anda. 

  • Keamanan 

Google Workspace mempunyai keamanan kuat serta kontrol yang bisa dikonfigurasi oleh administrator. Serupa dengan Workspace, Microsoft 365 juga memiliki perlindungan data yang tak kalah kuat. 

  • Harga

Harga layanan Google Workspace dengan Microsoft 365 bervariasi, sesuai dengan jenis paket yang akan dipilih. Tentunya hal ini memudahkan Anda untuk mengatur budget.

Jadi, pilih Google Workspace atau Microsoft Office 365? Pilihan ada di tangan Anda. nusa.id cloud dapat membantu Anda mempertimbangkan layanan mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dengan harga bersaing dan Sebagai Cloud Service Provider terpercaya, nusa.id akan membantu memenuhu kebutuhan bisnis Anda.

Share Artikel :

Blog Terkait

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Tutorial ini menunjukkan cara mengonfigurasi notifikasi MikroTik melalui webhook Google Chat. Dengan

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Port knocking adalah metode keamanan yang menjaga port layanan sensitif seperti SSH

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Signature atau tanda tangan di email merupakan bagian penting untuk menunjukkan identitas