Google Suite untuk Pendidikan Melindungi Privasi Pendidik dan Murid

Sejak 13 tahun lalu, Google Suite untuk pendidikan sudah menyediakan sekolah terakreditasi dan universitas dari seluruh dunia dengan berbagai kolaborasi dan fitur pengajaran yang memadai, sehingga mudah dipakai dan dikelola, serta melindungi data para siswa. Tim Google sudah bekerjasama dengan banyak pemimpin sekolah dan guru untuk meningkatkan fiturnya.

Selain itu, mereka juga memberdayakan beberapa metode yang efektif dan menarik berkaitan dengan dunia belajar mengajar, kapan saja, dimana saja, dan memanfaatkan peralatan yang mampu tersambung internet. Saat ada semakin banyak sekolah yang menggunakan Google Suite untuk pendidikan, tim Google ingin menjelaskan tentang privasi dan keamanan layanannya.


Apa Saja yang Masuk dalam Google Suite untuk Pendidikan


Google Suite untuk pendidikan menawarkan dua jenis layanan, yakni Google Suite Core Services dan Layanan tambahan. Google Suite Core Service menawarkan fitur berupa Gmail, Kalender, Docs, Formulir, Slides, Pertemuan online, dan Kelas online. Layanan tersebut sudah pasti sangat membantu pendidik dalam mendistribusikan materi, tugas, nilai, dan menjawab pertanyaan, serta berkomunikasi dengan siswa dalam satu wadah yaitu kelas online.

Sedangkan layanan tambahan yang ditawarkan kepada penggunanya adalah Google Books, Google Earth, dan Google Search yang memang bisa digunakan oleh seluruh pengguna Google. Sedangkan menggunakan layanan tambahan tersebut baru bisa jika admin memperbolehkan penggunaan seluruh fitur di layanan tambahan. Biasanya penggunaan perlu pengawasan dari dari orang tua.


Menjaga Keamanan Data Pendidik dan Murid


Beberapa sekolah memiliki data Google Suite untuk pendidikan dan Google memiliki tanggung jawab untuk menjaga keselamatan serta keamanan data tersebut. Sistem dan data center yang dimiliki Google adalah yang paling aman dengan adanya pengaman data berlapis. Seluruh tim engineer yang bekerja harus memastikan keamanan produk dan memberikan tanggapan cepat setiap kali terdapat ancaman yang mungkin memaksa masuk.

Tim Google juga menyediakan kemampuan keamanan kepada semua admin Google Suite untuk pendidikan dalam rangka melindungi informasi yang mereka miliki dan itu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kehilangan data. Admin bisa saja meningkatkan keamanan yang dengan menggunakan Google Suite Enterprise untuk pendidikan.

Google Suite untuk pendidikan menyediakan akun Google berbasis sekolah, khususnya untuk murid, fakultas, dan seluruh pengajar yang terlibat. Admin sekolah dapat menghapus seluruh domain, menghapus akun spesifik kapan saja, maupun melakukan ekspor data. Apabila suatu sekolah memutuskan untuk tidak lagi berlangganan Google Suite untuk pendidikan, maka seluruh akun pengguna dan data didalamnya akan turut dihapus.

Ketika seorang pengguna sudah lulus atau pindah sekolah, maka Google Suite menyediakan alat Takeout yang dapat membuat siswa dapat mengambil data mereka. Jika Anda adalah orang tua atau penjaga siswa, maka Anda akan dapat mengakses informasi personal maupun meminta sekolahan untuk menghapus data tersebut melalui admin.


Tidak Ada Layanan Iklan di Google Suite untuk Pendidikan


Tidak ada iklan di Google Suite untuk pendidikan. Seluruh pengguna berupa murid yang berasal dari satu sekolah dan pindah ke sekolah lainnya, maka Google tidak akan menggunakan informasi personal atau informasi apapun untuk beriklan.


Google Memenuhi Peraturan Industri dan Praktek Terbaik


Google Suite untuk pendidikan mendukung adanya kepatuhan terhadap undang-undang privasi yang berlaku di seluruh dunia. Misalkan saja Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA), General Data Protection Regulation (GDPR), dan juga Family Educational Rights and Privacy Act (FERPA).

Google juga melakukan tanda tangan berupa ikrar menjaga privasi Siswa yang menggunakan layanan inti Google Suite untuk pendidikan, sehingga pendidik maupun orang tua dapat mengetahui bahwa Google selalu mengikuti praktek yang berlaku di industri terkemuka.

Sudah menjadi komitmen bahwa Google Suite dalam menjaga privasi, keamanan, dan membantu pendidik maupun kepala sekola guna menciptakan lingkungan belajar mengajar yang sehat dan aman, selain membuat proses belajar menjadi lebih produktif dan kolaboratif.