Formula Mudah: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Google Sheets

google sheets

Melakukan beberapa aktivitas rutin berupa impor, ekspor, dan email terhadap data analisis memang perlu ketelitian. Setiap kali berkaitan dengan data analisis, tidak peduli seberapa jenius Anda saat berhadapan dengan formula, pivot tabel, keterampilan spreadsheet, dan lain sebagainya, dapat membuat kelelahan.

Itu tidak akan membuat perkembangan yang pesat terhadap perusahaan. Apalagi saat Anda bekerja dengan berbagai versi analisa dan data yang ketinggalan jaman. Rata-rata karyawan menghabiskan setidaknya delapan jam dalam seminggu guna mencari dan menggabungkan informasi. Perusahaan perlu segera mewujudkan berbagai ide pengembangan dari sekedar hanya mengumpulkan informasi dan menggabungkannya.

 

Beberapa Alasan Menggunakan Google Sheets

 

Ada banyak alasan yang perlu Anda ketahui mengapa perusahaan memerlukan Google Sheets daripada hanya menggunakan lembaran dokumentasi yang konvensional. Seluruh alasan tersebut dapat diketahui berikut.

1. Data Bisa Selalu Up To Date

Bisnis saat ini dilanda ketidakpastian masa depan, sehingga menjaga perolehan data real time sangat diharapkan untuk bisa mempersiapkan strategi dengan lebih matang. Bekerja melalui cloud memungkinkan perolehan data yang up to date, karena informasi dapat secara otomatis tersimpan setelah diketik.

Beberapa anggota tim member dapat berkolaborasi secara real time menggunakan Google Sheet. Bahkan, pengerjaannya bisa diakses melalui smartphone maupun tablet. Tidak jadi masalah saat itu dilakukan dalam waktu online maupun offline. Ini bisa sangat membantu dalam membuat sebuah proyek tunggal yang besar.

Anda bisa saja melihat data yang sama dengan yang dilihat rekan kerja Anda tanpa saling mengganggu terhadap tampilan di layar masing-masing. Google Sheets juga menyediakan fitur berupa hide sheets yang mana untuk mengatur orang tertentu tidak akan dapat melihat isi dari suatu sheets.

2. Bisa Mengaplikasian Kecerdasan Buatan

Saat ini sudah tersedia fitur kecerdasan buatan dari Google yang dapat diaplikasikan dalam rangka menganalisa suatu data. Fitur kecerdasan buatan tersebut sudah pasti dapat sangat membantu pekerjaan Anda berkaitan proses analisis. Anda bisa bertanya terhadap mengenai data yang sudah ada dan Sheets akan menjawab menggunakan proses bahasa yang natural.

Bahkan, Sheets yang sudah diaplikasi bersama dengan kecerdasan buatan dapat membuat chart, menawarkan formula, dan menciptakan pivot table secara otomatis untuk Anda. Apabila perlu memanfaatkan Data Guru untuk proses analisa lebih lanjut, maka Anda dapat melakukan proses sinkronisasi Sheets dengan BigQuery.

3. Menjaga Data Tetap Aman

Keamanan data yang disimpan dalam Google Sheets juga mendapatkan sistem pengamanan yang ketat. G Suite akan membantu Anda dalam mengelola data bisnis yang sensitif, termasuk data dalam Google Sheets. Fitur pembagian terhadap Sheets dapat dikendalikan aksesnya hanya pada anggota yang bersangkutan saja.

Dapat menyisipkan komen terhadap dokumen yang dibagikan dan memudahkan kontrol dalam melakukan download, salin, atau print dari spreadsheet. Anda mungkin saja mengatur tanggal kadaluarsa akses ke spreadsheet yang dibagikan. Admin juga memiliki kemampuan dalam melarang pembagian informasi dalam organisasi.

4. Bisa Mengerjakan Tugas Sebagaimana Mestinya

Sebuah tools yang disediakan dalam sebuah aplikasi tidak boleh mengganggu proses pengerjaan tugas lainnya. Apalagi kalau proses tersebut akan terus berulang secara rutin setiap harinya selama perusahaan berdiri. Perlu untuk menggunakan aplikasi yang mampu berfungsi dengan baik dan memugkinkan kolaborasi dengan tim.

5. Dapat Melakukan Proses Otomatisasi

Semua data yang bisa dikumpulkan dalam satu tempat akan mudah dilakukan proses otomatisasi. Katakanlah, Anda perlu membuat order terhadap persediaan di kantor, maka bisa menggunakan spreadsheet untuk membagikan kepada orang yang bersangkutan.

Tidak perlu susah payah harus mengirimkan email yang terkadang sering tertimbun dalam suatu akun. Bahkan, Anda bisa menggunakan sinkronisasi antara spreadsheet dengan Gmail dan mengirimkan email secara otomatis terhadap orang yang berwenang.

 

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting