fbpx

Cara Mudah Dan Cepat Setting SMTP Gmail

 
Tidak banyak yang tahu kalau ternyata Gmail punya sebuah layanan SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol gratis. Bahkan cara setting SMTP Gmail terbilang mudah. Kamu yang masih pemula dan baru tahu saja bisa mengaturnya sendiri, lho!

Untuk yang masih bingung cara melakukan pengaturan server Gmail untuk SMTP, kami punya triknya. Silahkan ikuti pemaparan pada artikel ini hingga selesai.
  

Keistimewaan SMTP dari Gmail

smtp gmail

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita telisik terlebih dahulu apa manfaat dan kegunaannya. Pasalnya, fitur yang satu ini punya banyak keistimewaan sebagai berikut:

  • Memastikan pesan terkirim sampai tujuan.
  • Tidak membutuhkan setup server bagi yang menggunakan VPS.
  • Mencegah kemungkinan laporan email spam untuk pesan yang kamu kirim.
  • Menyediakan limit pengiriman hingga 100 pesan per harinya.

  

Cara mengatur SMTP Google

SMTP GMAIL

Ada beberapa langkah untuk melakukan setting SMTP ini agar kamu bisa memanfaatkannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Generate Gmail App Password

Melakukan generate Gmail App Password merupakan salah satu cara paling direkomendasikan jika Anda inging melakukan pengiriman email via smtp Gmail. Untuk melakukan generate app password, silahkan login ke https://mail.google.com dan akses url https://myaccount.google.com/apppasswords. Untuk pilihan App silahkan pilih Gmail dan pada pilihan Device silahkan pilih Other (Custom name). Setelah itu akan tergenerate 16 karakter yang akan digunakan sebagai password akun saat melakukan pengiriman email melalui smtp.

2. Mengunduh Script

Pada langkah ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengirim email dengan menggunakan PHP mailer.

Pertama-tama, kamu harus membuka repository PHPMailer terlebih dahulu. Setelah itu silahkan kamu unduh script pada menu “Download Zip” yang ada pada opsi “Clone or Download”.

3. Upload File Script

Silahkan kamu upload script yang sudah kamu unduh tadi ke dalam hosting. Cara mengunggahnya sendiri sangat mudah, yaitu melalui FTP Client seperti file manager.

Script yang sudah kamu upload harus kamu edit. Namun jangan khawatir, karena yang kamu edit adalah bagian yang mudah saja.

4. Edit Script

Editing adalah proses terakhir untuk menjalankan fitur ini. Tujuannya agar script tersebut bisa berjalan dengan server SMTP dari Google.

Silahkan kamu lakukan pengaturan server Gmail berikut:

  • Username
  • Password
  • Email Pengirim
  • Email Tujuan
  • Ubah file bernama gmail.phps menjadi gmail.php

 

Untuk mengetahui pengaturan sudah berhasil atau belum caranya sangat mudah. Jika kamu selesai melakukan konfigurasi di atas, maka kamu akan menerima pesan “Sukses” yang artinya pengaturan kamu berhasil.
  

Siapa yang Cocok Menggunakan SMTP Gmail?

smtp editing

Fitur gratisan dari Google ini pada dasarnya tidak dikhususkan untuk perorangan, melainkan untuk perusahaan. Akan tetapi kurang cocok untuk perusahaan atau bisnis yang besar.

Artinya, layanan tersebut akan sangat berguna untuk perusahaan berskala kecil atau sedang. Pasalnya, perusahaan seperti ini biasanya belum memerlukan volume berkirim pesan di atas ribuan per harinya.

Akan tetapi yang namanya layanan gratisan tentu saja ada kekurangannya. Seperti yang kami paparkan sebelumnya, layanan ini berlaku limitasi pesan yang kamu kirim. Kamu hanya bisa mengirim 100 email saja setiap 24 jam. Tapi jumlah tersebut dirasa cukup untuk bisnis berskala kecil.
  

Kesimpulan

Untuk yang membutuhkan limit pengiriman email yang lebih banyak, SMTP Gmail bisa menjadi solusi tepat. Pasalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Setting SMTP Gmail akan membantumu untuk mendapatkan batas pengiriman jumlah email menjadi lebih Melalui layanan tersebut, kamu bisa mengirim email lebih banyak dari biasanya dengan cara melakukan setting terlebih dahulu.

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling