Bingung Memilih Colocation Server Provider? Simak Pertimbangan Penting Ini!

Untuk menggunakan jasa provider colocation server, Anda harus melakukan riset secara memadai. Terlebih lagi, masing-masing penyedia jasa memiliki kontrak yang berbeda-beda. Sistem ritel, misalnya, bisa berlangsung selama 3 sampai 5 tahun. Sementara itu, kontrak dengan sistem wholese bisa berlangsung dari 5-15 tahun, tergantung provider-nya. Jika provider yang Anda pilih tidak memadai, maka kontrak jangka pendek sekalipun bisa berdampak negatif pada bisnis Anda.

Lantas, hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih penyedia jasa colocation terbaik? Simak uraiannya berikut ini!


Cooling dan Power Supply

Cooling dan power merupakan sumber daya utama untuk mendukung konektivitas bandwidth tinggi yang lancar. Selain itu, generator mesin yang menyediakan power supply siapa itu penting, terutama untuk kawasan yang sering mengalami pemadaman. Tanyakan kepada provider Anda tentang jumlah daya yang bisa mereka sediakan dan konsumsi daya serta kebutuhan pendinginan untuk hardware Anda.

Konektivitas

Konektivitas adalah hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memilih provider untuk colocation server. Pada dasarnya, layanan konektivitas yang ditawarkan oleh berbagai provider berbeda-beda. Namun, mereka harus netral terhadap operator dengan menyediakan berbagai opsi operator jaringan.

Fasilitas colocation yang netral terhadap operator dengan interkonektivitas yang lebih komprehensif bisa membantu klien mendapatkan harga WAN yang kompetitif untuk konektivitas mumpuni. Perlu diingat bahwa penyedia layanan colocation Anda tidak bertanggung jawab atas biaya telekomunikasi server Anda. Klien biasanya harus membayar untuk konektivitas jaringan. Jadi, pastikan dana yang Anda keluarkan sebanding dengan layanan yang akan Anda dapatkan.

Keamanan dan Kepatuhan

Penyedia layanan colocation yang Anda pilih harus mematuhi peraturan dan sertifikasi pusat data yang diakui untuk berbagai tingkatan. Misalnya saja dengan mengikuti sistem level yang digunakan oleh asosiasi industri telekomunikasi setempat atau sistem kelas yang diadopsi oleh ISO.

Anda juga harus memeriksa apakah perusahaan penyedia jasa mematuhi aturan dan sertifikasi yang diklaim. Untuk validasi dan transparansi, fasilitas colocation juga sebaiknya mendukung audit pihak ketiga.

Reliabilitas

Reliabilitas atau keandalan merupakan kualifikasi utama sebelum menentukan fasilitas colocation untuk server Anda. Metrik ini berkaitan erat dan waktu aktif fasilitas. Ada cara lain untuk memeriksa reliabilitas perusahaan penyedia jasa colocation yang akan Anda gunakan. Misalnya dengan meninjau sertifikasi staf mereka, melihat feedback yang diberikan oleh pelanggan, serta dukungan yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

Selain itu, reliabilitas penyedia jasa ditunjukkan dengan kemampuan mereka dalam menyesuaikan layanan dengan kebutuhan basis pelanggan yang terus berubah. Oleh karena itu, reliabilitas juga berkaitan erat dengan peluang untuk skalabilitas yang stabil.

Kemudahan Deployment

Deployment di sini mengacu pada kecepatan yang diinginkan agar infrastruktur Anda siap digunakan. Berapa banyak waktu henti yang bisa Anda toleransi sebelum penyedia jasa bisa menemukan ruang rak tambahan untuk peralatan Anda atau untuk menyiapkan cross-connect (sambungan silang) yang baru?

Sebagai klien, Anda tentu menginginkan modifikasi dan deployment dilakukan sesegera mungkin tanpa mengurangi kualitas layanan. Mengukur efisiensi kapasitas penyebaran fasilitas Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena itu untuk menghindari ketidaknyamanan, pastikan Anda melakukan komunikasi yang jelas dengan penyedia jasa.

Selain itu, karena Anda tidak akan memiliki staf internal di lokasi fasilitas colocation, Anda harus memberikan kepercayaan sepenuhnya pada staf jarak jauh yang ada di sana untuk memberikan layanan terkelola dengan kualitas terbaik.

Bingung memilih provider yang tepat? nusa.id siap membantu colocation server Anda bersama neuCentrIX by Telkom Indonesia. Dengan rack server yang tersedia di tiga kota, yakni Jakarta, Medan, dan Bali, neuCentrIX by Telkom Indonesia didukung sertifikat ISO 27001 dan jaminan keamanan (Upstream DDOS, Protection, 24/7 Security Guard, Visitor Tracking hingga Access Card). Hubungi nusa.id cloud sekarang juga untuk informasi selengkapnya.