Berbagai Paket Google Workspace 2020

Anda sudah mengetahui bahwa G Suite mengalami perubahan nama menjadi Google Workspace. Tertarik untuk memiliki akun menjadi Google Workspace, maka Anda perlu mengetahui paket apa saja yang tersedia. Setiap paket yang disediakan juga menawarkan fitur yang berbeda.

Memahami spesifikasi fitur secara detail dapat mempengaruhi kinerja dari pengguna yang tergabung didalamnya. Jika itu merupakan suatu perusahaan, maka kerjasama antar karyawan maupun tim bisa terjalin dengan lebih efisien. Informasi ini akan membantu Anda dalam memilih paket yang tepat demi kemajuan kinerja dalam suatu perusahaan maupun bisnis.


Jenis Layanan Google Workspace


Google Workspaces memiliki dua jenis layanan yakni Paket Layanan Komplit dan Paket Alternatif. Paket Layanan komplit tersebut terdiri atas beberapa paket lagi yaitu Edisi Bisnis Pemula, Edisi Bisnis Standar, Edisi Bisnis Plus, Edisi Diskon untuk Sekolah dan Komunitas Non-profit. Masing-masing dari paket tersebut akan dijelaskan lebih mendetail berikut.

  1. Edisi Bisnis Pemula (Google Workspace Business Starter)
  2. Seorang pebisnis pemula bisa memanfaatkan Google Workspace edisi bisnis pemula. Akun ini memungkinkan pembuatan sampai dengan 300 pengguna dengan penyimpanan sebesar 30 GB untuk setiap pengguna.

    Kapasitas yang sudah cukup besar bukan, sehingga tidak heran ada banyak perusahaan startup yang tergabung dalam produk Google ini. Edisi ini memungkinkan proses kolaborasi yang produktif disertai dengan email yang profesional, video konferensi, berbagi kalender, dan lain-lain. Setiap edisi ini sudah menyertakan aplikasi yang mirip dengan Microsoft Office, sehingga memudahkan proses kolaborasi.

    Pengguna edisi ini akan bisa membuat meeting online berjumlah maksimal 100 orang. Bagian administrasi dan tim IT akan dapat melakukan pengelolaan terhadap akun pengguna Google Workspaces dan mengatur bagian keamanan melalui akun admin.

  3. Edisi Bisnis Standar (Google Workspace Business Standard)
  4. Paket selanjutnya adalah Edisi Bisnis Standar yang mampu menampung sampai dengan 300 pengguna. Masing-masing pengguna pada akun ini dapat menyimpan file sampai dengan 2 TB yang mana jauh lebih besar dibandingkan dengan Edisi Bisnis Pemula.

    Penggunanya akan bisa memanfaatkan Drive bersama-sama, sehingga seluruh file yang ada di dalamnya adalah milik tim tidak peduli dikerjakan secara perorangan maupun bersama. Pada paket ini terdapat penambahan jumlah partisipan dalam meeting online sampai dengan 150 partisipan.

    Seluruh hasil rekaman meeting online akan disimpan dalam Drive dan suatu saat akan terdapat fitur baru, seperti mengangkat tangan dan istirahat. Pada bagian chatting terdapat penambahan fitur berupa menyalakan history chatting dan mematikannya. Pengguna juga akan dapat membuat label maupun persetujuan dalam pengelolaan dokumen. Sisanya edisi ini memiliki fitur yang sama dengan yang ada di Edisi Bisnis Pemula.

  5. Edisi Bisnis Plus (Google Workspace Business Plus)
  6. Edisi Google Workspaces yang berikutnya adalah Edisi Bisnis Plus yang memungkinkan untuk menampung pengguna sampai 300 orang. Setiap pengguna diberikan kapasitas penyimpanan sampai 5TB. Anda akan bisa memanfaatkan penyimpanan cloud yang lebih besar daripada Edisi Bisnis Standar.

    Selain itu Anda akan bisa mengadakan meeting virtual dengan jumlah partisipan hingga 250 orang. Kemudian akan ada perbaikan fitur berupa penelusuran kehadiran. Edisi ini juga memberikan kendali pada admin yang lebih fleksibel berupa pengarsipan vault dan pengelolaan titik akhir, seperti aplikasi iOS maupun Android. Sedangkan sisanya adalah fitur yang tersedia di Edisi Bisnis Standar juga terdapat di edisi ini.

  7. Edisi untuk Pendidikan
  8. Penggantian nama tidak terjadi pada G Suite untuk pendidikan. Seluruh pengguna dari edisi ini tetap dapat memanfaatkan fitur yang sudah tersedia. Sejumlah update terhadap seluruh fitur yang sudah ada tetap akan dilakukan untuk edisi ini.

  9. Edisi Non-Profit
  10. Pengguna yang berniat mendaftar untuk tujuan non-profit akan ditinjau oleh tim Google dahulu. Apabila memenuhi sejumlah persyaratan, maka akan diperbolehkan menggunakan akun non-profit. Edisi ini juga tidak mengalami perubahan nama dari G Suite ke Google Workspaces. Seluruh orang yang tergabung dalam akun akan bisa memanfaatkan fitur yang tersedia.