Apa itu High Availability Server? Apa Kelebihannya?

cloud server

Kalau Anda menjalankan bisnis online, website Anda harus selalu aktif 24 jam untuk melayani pelanggan. Bayangkan seandainya ada pelanggan yang ingin bertransaksi di toko online tetapi ternyata terjadi downtime. Pelanggan pasti langsung kabur ke kompetitor Anda. Nah, untuk mengatasi downtime, High Availability server adalah salah satu solusinya. Lantas, apa yang dimaksud dengan High Availability server dan apa saja kelebihannya? Mari kita bahas.

Mengenal High Availability Server

High Availability itu sendiri artinya “ketersediaan tinggi”. Dalam dunia komputer, “ketersediaan” terkait dengan seberapa sering dan seberapa andal layanan atau sistem yang sedang Anda pakai. 

Ketersediaan ini biasanya diukur dengan persentase. Misalnya, dalam industri penyedia layanan hosting, ketersediaan 99,999% berarti hampir tidak pernah mati, atau mati sekitar lima menit saja setiap tahun.

Nah, High Availability lebih didesain untuk selalu tersedia without failure. Seandainya terjadi kegagalan pun, sistem akan tetap berjalan berkat metode failover. Ketika satu server pada node cluster mengalami masalah, server lainnya segera mengambil alih trafik tersebut. Sementara itu, server yang bermasalah akan melakukan perbaikan otomatis (auto-healing) hingga siap melakukan backup seperti semula.

Kelebihan High Availability Server

Penerapan sistem High Availability (HA) memiliki banyak keuntungan penting untuk bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Selalu Tersedia

Sesuai namanya, High Availability server menyediakan ketersediaan tinggi. Artinya aplikasi dan layanan penting selalu tersedia untuk diakses. Sistem jaringan Anda pun tidak akan mengalami downtime yang bisa mengganggu kegiatan bisnis sehari-hari.

Keamanan Terjamin

Sistem High Availability server memungkinkan perusahaan Anda menerapkan kebijakan keamanan yang lebih ketat. Anda juga bisa melakukan backup data secara berkala dan recovery dengan cepat apabila terjadi masalah. Di samping itu, sistem High Availability memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap serangan siber.

Pelanggan Puas

Dengan minimum downtime, recovery cepat, dan kinerja yang lebih baik, bisnis Anda bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Pelanggan puas, bisnis pun makin kuat.

Singkatnya, penggunaan teknologi ini sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan High Availability server? Nusa.id cloud bisa membantu Anda.

nusa.id cloud adalah Google Premier Partner yang menyediakan layanan cloud untuk berbagai kebutuhan personal, bisnis hingga enterprise. Nah, sistem cloud server di nusa.id didesain khusus dengan konsep high availability.

Pilihan layanannya pun bermacam-macam, yakni: Layanan Cloud Server Indonesia, Droplets By DigitalOcean, Colocation Server di neuCentrIX By Telkom Indonesia, dan Dedicated Server. Apa pun kebutuhan Anda, nusa.id cloud siap memberikan solusi all in one.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting