Alasan Bisnis Anda Harus Memiliki Domain Dan Tips Memilihnya Yang Tepat

Saat ini, hampir semua brand besar di seluruh dunia memiliki website dengan domain sendiri. Mereka mengelola blog, toko online, sampai memberikan pres rilis ke sana secara berkala. Nah, kira-kira kenapa domain itu penting untuk bisnis? Lalu bagaimana cara memilihnya yang tepat?


Mengapa Harus Menggunakan Domain Sendiri?


Domain yang mencerminkan merek atau produk yang dijual sangat penting, simak alasannya berikut:

  • Lebih terlihat profesional dan kredibilitasnya di media sosial serta mesin pencari lebih besar.
  • Memudahkan pencarian di mesin pencari. Orang hanya cukup mengetikkan satu kata kunci lalu website yang Anda miliki bisa muncul.
  • Bebas dalam melakukan modifikasi, apalagi pengguna domain sendiri biasanya menyewa domain secara mandiri.

Tips Memilih Domain yang Tepat


Memilih nama domain tidak bisa sembarangan. Usahakan memenuhi beberapa kriteria di bawah ini.

  1. Menggunakan Nama yang Tepat
  2. Gunakan nama yang tepat dan sesuai dengan merek yang sedang dibangun. Misal membuat domain sesuai dengan nama produk atau nama perusahaan. Nama yang dipakai harus yang mudah diingat agar pencariannya di Google lebih mudah. Menyisipkan kata kunci tertentu juga penting, kalau memang dibutuhkan.

  3. Jangan Terlalu Panjang
  4. Semua website yang pakai domain umumnya memakai DNS. Fungsi DNS adalah menerjemahkan IP Address agar menjadi domain name yang mudah diingat. Kalau Anda tetap pakai domain yang namanya panjang, sama saja DNS yang dipakai jadi tidak berguna karena pengguna akan sulit mengetahuinya.

  5. Menggunakan Ekstensi yang Sesuai
  6. Gunakan ekstensi yang sesuai. Normalnya ekstensi yang banyak digunakan adalah .com. Namun, kalau Anda ingin produk atau jasanya lebih “Indonesia” bisa memakai ekstensi .co.id atau cukup .id.

  7. Menyamakan dengan Identitas Lainnya
  8. Sama dengan identitas lain seperti media sosial. Jangan sampai nama domain berbeda dengan nama dari akun Twitter, Instagram, atau media sosial lain. Cek ketersediaan agar semua akun saling tersambung.

    Jadi, sudah siap memilih domain terbaik yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan?