5 Cara Meningkatkan Keamanan VPN

Smartphone yang menggunakan koneksi Virtual Private Network

Tahukah Anda bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan keamanan VPN (Virtual Private Network)? VPN sendiri merupakan layanan jaringan virtual untuk melindungi privasi dan keamanan ketika mengakses internet. VPN (Virtual Private Network) bekerja dengan cara menyamarkan alamat IP serta mengenkripsi trafik. Hal ini tidak hanya membuat Anda bisa berselancar internet dengan aman, melainkan juga memungkinkan Anda membuka konten yang diblokir di suatu wilayah atau negara.  

Kendati dinilai aman, VPN masih berisiko terkena ancaman kejahatan siber. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan meningkatkan keamanan VPN. Untuk mengetahui caranya, simak penjelasan singkat berikut ini.  

Mudah! Begini Cara Meningkatkan VPN

Pada dasarnya, enkripsi data yang kuat, tidak adanya kebocoran alamat IP dan DNS, tidak ada pelacakan daya, kill switch, dan autentikasi multifaktor merupakan kriteria terbaik untuk keamanan VPN. 

Kalau Anda ingin meningkatkan keamanan VPN, terdapat beberapa cara menurut Devolutions yang bisa Anda coba berikut ini.

Pilih Server VPN yang Tepat

Anda memang bisa memilih server VPN di negara mana saja, sesuai dengan kebijakan yang dimiliki aplikasi VPN Anda. Namun, disarankan memilih server terdekat dengan

lokasi untuk mengurangi latensi. Misal: Anda di Indonesia, Anda bisa memilih server VPN Singapura atau Malaysia.

Lakukan Peninjauan VPN

Meninjau pengaturan VPN dapat mengoptimalkan pengelolaan sistem. Beberapa aplikasi VPN membebaskan pengguna melakukan penyesuaian pengaturan, seperti ukuran enkripsi. Hal ini tidak hanya mengoptimalkan performa VPN, melainkan juga efektif meningkatkan keamanan VPN. 

Saring Lalu Lintas VPN

Kejahatan siber cenderung melakukan pemindaian untuk memasuki jaringan Anda via koneksi VPN. Untuk meningkatkan VPN Anda, terapkan filter lalu lintas untuk membatasi protokol, port, dan alamat IP ke perangkat VPN. Penggunaan firewall juga bisa membantu Anda yang ingin meningkatkan keamanan VPN tanpa menyaring alamat IP tertentu.

Gunakan Patch VPN

Menggunakan patch pada VPN bisa meningkatkan lapisan keamanan tambahan bagi jaringan Anda. Hal ini juga bisa menyelamatkan Anda dari ancaman risiko kejahatan siber.

Menghentikan Kebocoran DNS

Kebocoran DNS merupakan salah satu penyebab lemahnya keamanan. Meskipun VPN berusaha menyembunyikan jejaknya, ketika permintaan DNS terungkap, maka keamanan Anda menjadi lebih berisiko. 

Itulah sejumlah cara untuk meningkatkan keamanan VPN yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang ingin meningkatkan peluang dan keamanan bisnis, pilih nusa.id cloud sebagai Google Cloud Premier Partner. Nikmati layanan profesional dari nusa.id cloud untuk kemajuan bisnis Anda. Ayo, segera hubungi nusa.id cloud !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting