5 Aplikasi Perekam Layar Android Tanpa Watermark dan Gratis

 
Aplikasi perekam layar atau screen recorder adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam aktivitas pada layar Android kita. Belakangan ini, fungsi aplikasi perekam layar ini dinilai sangat bermanfaat, terlebih untuk para konten kreator dan influencer. Aplikasi ini menjadi tools penunjang konten mereka, seperti untuk mendemonstrasikan kerja suatu aplikasi atau website.

Namun, meskipun aplikasi ini sudah menjadi kebutuhan dasar, beberapa merek smartphone belum memiliki aplikasi perekam layar sebagai fitur bawaannya. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa menemukan banyak aplikasi untuk merekam layar Android kamu dan dapat kamu akses secara gratis lho!
  

Fungsi Aplikasi Perekam Layar

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu, apa saja sih fungsi yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi screen recorder ini?
  

1. Fitur untuk demonstrasi

Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya, bahwa saat ini mulai banyak konten kreator yang membutuhkan aplikasi ini untuk membantu mereka dalam merekam demonstrasi penggunaan aplikasi atau website.

Dengan menggunakan aplikasi screen recorder, nantinya kamu dapat menjelaskan dan menunjukkan secara mudah bagaimana penggunaan sebuah aplikasi secara detail. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan suara kamu agar informasi demonstrasi kamu makin jelas dan mudah dipahami oleh pengguna lain.
  

2. Sebagai barang bukti

Tidak hanya berfungsi untuk para konten kreator, aplikasi screen recorder ini juga dapat menjadi barang bukti yang penting lho. Kamu pasti sudah sering menemukan penipuan-penipuan yang memanfaatkan teknologi digital, bukan? Nah, dengan merekam layar kamu, aktivitas penipuan secara digital juga dapat terekam dengan jelas. Rekaman tersebut nantinya dapat menjadi barang bukti yang kuat untuk melaporkan tindakan pelaku.
  

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Android Gratis

aplikasi perekam layar

Kalau kamu membuka play store dan melakukan pencarian untuk aplikasi perekam layar atau screen recorder, mungkin kamu akan banyak menemukan banyak aplikasi yang dapat kamu install. Namun, dari banyaknya pilihan itu, terkadang ada aplikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, aplikasi tersebut ternyata berbayar, ada watermark yang membuat video kurang cantik, sehingga tidak mampu merekam suara kita.

Nah berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi screen recorder yang harus kamu instal, selain gratis, aplikasi ini juga tidak memunculkan watermark lho!
  

1. DU recorder

Dimulai dari DU recorder, aplikasi ini memberikan fitur menarik untuk merekam layar Android kamu. Hasil rekaman akan berupa video dengan kualitas yang tinggi hingga 1080p, 12Mbps, 60FPS. Suara yang kamu munculkan ketika merekam layar menggunakan aplikasi ini juga akan ikut terekam sehingga kamu tidak perlu susah-susah untuk dubbing lagi.
  

2. AZ screen recorder

AZ screen recorder dapat dibilang sebagai salah satu aplikasi perekam layar android yang paling populer. Selain fiturnya yang bervariasi, aplikasi ini juga dapat diaplikasikannya dengan mudah. Video yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah HD dan Full HD.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengatur orientasi layar, frame rate, resolusi video, hingga bit-rate.
  

3. Free camp

Free camp merupakan aplikasi screen recorder yang memiliki tampilan UI/UX yang modern sehingga membuat aplikasi ini lebih menarik dan mudah untuk diaplikasikan. Meski begitu, hasil kualitas rekaman layar dari aplikasi ini sangat tinggi. Kamu juga dapat menggunakannya secara gratis tanpa khawatir akan adanya watermark.

Satu keistimewaan yang dimiliki aplikasi ini adalah tidak adanya iklan ketika kamu mengakses aplikasi ini. Ini jelas menjadi poin plus dibanding dengan aplikasi lain yang sering menampilkan iklan ketika mengakses aplikasi tersebut.
  

4. Mobizen

Pada tahun 2016 lalu, aplikasi ini pernah menjadi aplikasi terbaik untuk kategori screen recorder, lho. Berbagai macam fitur disediakan oleh aplikasi ini, mulai dari tingkat kualitas video, orientasi, hingga memotong tampilan rekaman. Tidak ayal aplikasi ini pernah menjadi salah satu aplikasi terbaik.
  

5. Adv screen recorder

Adv screen recorder juga menjadi salah satu aplikasi dengan tampilan yang user friendly, jadi sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk para pemula. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam layar Android kamu dengan kualitas yang tinggi sekaligus suara yang jernih.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi perekam layar ponsel. Dari kelima rekomendasi aplikasi tersebut, kira-kira kamu lebih memilih yang mana nih?

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting