Alasan Penting Perusahaan Memakai Sistem HRIS di Era “New Normal”

Era new normal menjadi momen penting bagi perusahaan untuk melakukan berbagai pembenahan. Dalam era kenormalan baru, berbagai aktivitas memperoleh pembatasan, termasuk di antaranya adalah kegiatan kerja di kantor. Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan dalam mengantisipasi era new normal adalah dengan penggunaan sistem HRIS

Apa Itu Sistem HRIS ?

sistem hris

Human Resource Information System atau sistem HRIS adalah sistem yang membantu perusahaan dalam pengelolaan administrasi sumber daya manusia (SDM). Berbeda dengan sistem konvensional yang manual, HRIS menggunakan teknologi yang membuat pengelolaan jadi lebih efektif dan efisien. Hasilnya, perusahaan pun akan memperoleh banyak manfaat dari kehadiran sistem HRIS.

 

4 Manfaat Penting Sistem HRIS Perusahaan

Terdapat empat alasan yang mendasari pentingnya pemanfaatan sistem HRIS oleh perusahaan di era new normal, yakni:

1. Mengurangi Faktor Human Error

sistem hris

Faktor pertama yang membuat penggunaan Sistem HRIS adalah meminimalkan human error dalam pengerjaan tugas personalia perusahaan. Cara pengelolaan yang manual berpotensi menimbulkan kesalahan. Berbagai kesalahan yang sering terjadi di antaranya adalah kekeliruan saat melakukan input data karyawan, kesalahan perhitungan gaji, dan lain sebagainya.

Semua permasalahan itu bakal hilang ketika kamu memanfaatkan sistem HRIS terbaik. Kesalahan akibat human error dapat kamu hindarkan karena HRIS menjalankan tugas personalia dengan memanfaatkan sistem yang otomatis. Tak hanya meminimalkan kesalahan, HRIS dapat memberikan manfaat berupa sistem payroll yang lebih akurat ataupun sistem kontrol absensi yang ketat.
 

2. Efisiensi Biaya Operasional Tim Personalia

 
Alasan selanjutnya yang membuat penggunaan sistem HRIS perusahaan sangat penting adalah biaya. HRIS berpotensi memberikan efisiensi biaya yang sangat signifikan bagi perusahaan. Kamu tidak perlu melibatkan tenaga SDM dalam jumlah yang banyak untuk pengurusan berbagai tugas personalia. Sebagai gantinya, sistem yang otomatis akan menjalankan beragam tugas yang sifatnya repetitif.

Biaya penggunaan software HRIS memang jauh lebih terjangkau dibandingkan pemakaian tenaga SDM. Harga software HRIS bervariasi, disesuaikan dengan fitur yang ada di dalamnya. Bahkan, kamu bisa menemukan aplikasi HRIS yang menggunakan sistem berlangganan. Di situ, kamu hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan fitur yang digunakan.
 

3. Mendorong Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan

 
sistem hris

Penggunaan sistem HRIS memberi manfaat dalam mendorong kepuasan kerja para karyawan. Upaya menjaga kepuasan karyawan agar tetap tinggi merupakan sebuah tugas penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Karyawan yang puas dapat menjalankan berbagai tugas dari kantor secara berkualitas.

Ada banyak hal yang membuat penggunaan sistem HRIS perusahaan mampu mendorong kepuasan kerja karyawan. Mereka dapat merasakan kinerja tim personalia yang lebih akurat dalam menangani payroll. Dari situ, karyawan akan memiliki anggapan positif kalau perusahaan menjalankan sistem penilaian yang adil terhadap kinerja mereka.

Di waktu bersamaan, penggunaan sistem HRIS terbaik berpotensi meminimalkan problem yang bisa saja terjadi di antara para karyawan. Terlebih lagi, berbagai pembatasan dalam era new normal membuat karyawan jadi lebih sensitif terhadap lingkungan di sekitar. Semua itu bisa diminimalkan berkat sistem kontrol yang lebih baik dalam sistem HRIS.
 

4. Keamanan Penyimpanan Data

 
HRIS memberikan solusi penyimpanan data karyawan yang praktis karena berbasis online. Di situ, kamu bisa menemukan beragam jenis data krusial, termasuk di antaranya adalah data pribadi, jatah cuti, karier, ataupun penggajian. Semuanya bisa ditemukan secara digital dalam HRIS.

Sistem penyimpanan seperti ini dapat memberi jaminan keamanan yang lebih baik dibandingkan sistem personalia konvensional. Selain itu, perusahaan pun dapat mengakses berbagai jenis data yang tersimpan dengan lebih mudah. kamu tidak perlu mengobrak-abrik lemari arsip sekadar untuk menemukan selembar data.

Nah, itulah empat alasan yang membuat penggunaan sistem HRIS terbaik merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan di era new normal. HRIS adalah bukti kalau kecanggihan teknologi mampu memberikan solusi yang lebih praktis dan efisien untuk berbagai keperluan.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting