Trik untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Update Terbaru dari Google Workspace

Google Workspace

Semenjak pandemi, kebutuhan akan aplikasi kolaborasi semakin tinggi. Untungnya Google Workspace hadir bagi para pekerja remote dan hybrid dengan segudang fitur pendukung. Berbagai fitur ini juga selalu diperbarui dari waktu ke waktu.

Upgrade ini secara berkala akan meningkatkan pengalamanmu dalam menggunakan beragam aplikasi yang ada dalam Google Workspace seperti Google Docs, Meetings, Sheets hingga Chat. Agar produktivitas semakin melesat, simak beberapa tips dan trik menggunakan Google Workspace berikut ini!

 

Gunakan Smart Chips untuk Kolaborasi yang Lebih Baik

Kalau kamu sebelumnya sudah menggunakan Google Docs, kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur Mention. Saat ini Google telah meng-upgrade-nya dengan Smart Chips. Smart Chips tidak hanya memungkinkan pengguna memakai simbol “@” untuk menandai pengguna lain, tapi juga bisa menambahkan link lain untuk file, event bahkan meeting.

Misalnya kamu ingin menandai agenda rapat. Kamu bisa menambahkan Smart Chips yang tertaut ke rapat kalender Google kamu. Cukup ketik “@” dan kamu akan melihat daftar tautan apa saja yang bisa kamu pilih.

 

Manfaatkan Lebih Banyak Ruang Layar dengan Pageless Docs

Saat ini Google Workspace juga telah menyediakan opsi Pageless Docs. Artinya, alih-alih mengetik seolah-olah format dokumenmu akan dicetak, format Pageless Docs atau dokumen tanpa halaman akan menghapus adanya batasan halaman tradisional dan memberimu satu ruang putih bersih untuk dipakai.

Ada 2 manfaat dari Pageless Docs. Kalau kamu menulis banyak konten digital, teks akan ditampilkan seperti di web. Pada dasarnya, banyak di antara kita yang mengetik dengan Google Docs tapi tidak benar-benar mencetaknya, bukan?

Kedua, ini memudahkan kamu yang sering menggunakan split screen atau mereka yang sering membuka banyak tab sekaligus. Opsi format baru ini akan menyesuaikan dengan window yang kamu gunakan tanpa memaksamu membiarkan semua dokumen dalam keadaan full screen untuk melihat semuanya. Dengan fitur ini, kamu bisa bekerja lebih mudah dengan tabel lebar atau gambar besar.

Tidak perlu khawatir karena format halaman juga tetap tersedia jika kamu membutuhkannya.

 

Pengalaman Meeting yang Lebih Baik dengan Tools Integrasi Terbaru

Platform virtual meeting banyak dipakai di dunia bisnis. Tapi seringkali pengalaman pengguna yang buruk membatasi fungsionalitasnya. Ini juga pernah terjadi pada Google Meet. Tidak mudah untuk membagikan atau menyajikan layar, terutama pada konten yang kamu kerjakan sendiri.

Dengan update dari Google Workspace, kamu bisa dengan mudah mempresentasikan konten yang sedang kamu kerjakan pada klien, atasan atau rekan kerja saat rapat dengan Google Meet. Kamu bisa melakukannya langsung dari file yang sedang kamu kerjakan.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa langsung menggunakan Google Meet langsung dari dalam Docs, Spreadsheet atau slide sehingga proses kolaborasi antar anggota tim akan semakin optimal. Fitur lain yang juga bisa meningkatkan engagement selama virtual meeting berlangsung adalah kamu bisa membuat polls (jajak pendapat), Q&A dan melakukan chatting.

 

Lakukan Komunikasi dengan Lebih Baik Menggunakan Google Chat

Google chat –sebelumnya bernama Google Hangouts, juga mengalami perubahan. Kalau kamu menggunakan Google Workspace, kamu mungkin pernah merasa frustasi saat membagikan tautan dokumen lewat Hangouts yang hanya bisa dikirim dalam bentuk 1 URL yang panjang dan berbelit-belit.

Dengan chat yang serba baru, URL ini akan secara otomatis berubah menjadi gambar mini pratinjau dokumen. Lebih kerennya lagu, thumbnail ini juga bisa diklik dan memungkinkanmu benar-benar membuka dokumen langsung dalam obrolan. Artinya, kamu bisa bekerja bersama dengan anggota tim sambil menerima umpan balik dan mengedit dokumen secara bersamaan.

Itulah beberapa update Google Workspace yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas. Ingin berlangganan Google Workspace untuk menikmati fitur yang lebih optimal? nusa.id cloud sebagai reseller partner Google Workspace Indonesia siap membantu kamu. Hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting