fbpx

Pengertian Colocation Server dan Kelebihannya

pengertian colocation service

 
Secara tradisional, data perusahaan akan disimpan dalam server internal dan peralatan jaringan. Dengan adanya teknologi cloud, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk menyimpan data di luar lokasi bisnis. Selain kemudahan akses, perusahaan tidak perlu lagi berurusan dengan biaya perawatan server dan infrastruktur penyimpanan data. Bagi perusahaan yang menginginkan datanya live di suatu tempat, colocation server bisa jadi solusi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan colocation server? Apa saja manfaatnya bagi sebuah bisnis? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

 

Pengertian Colocation Server

Colocation server adalah proses deploying dan hosting server milik sebuah perusahaan atau organisasi dalam fasilitas atau layanan yang terkelola. Colocation server memungkinkan Anda menaruh server di di data center dengan physical server atau hardware milik sendiri, kemudian menyimpannya di lokasi yang disediakan oleh penyedia layanan.

Dalam hal ini, pelanggan mengendalikan layanan server, sistem operasi, dan aplikasi. Sementara itu, penyedia layanan terkelola menyediakan ruangan fisik, daya, dan sumber daya jaringan.

Jika Anda menggunakan colocation server, server tetap menjadi milik Anda. Namun, pemeliharaan, pengelolaan, dan pemantauan dilakukan oleh penyedia layanan. Klien atau perusahaan mengakses server lewat internet atau koneksi VPN.

Tujuan utama dibalik penerapan colocation server adalah untuk memanfaatkan layanan dukungan TI yang lebih baik pada infrastruktur atau server utama tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang besar. Selain layanan pendukung, server juga akan dilengkapi dengan layanan IP, bandwidth, keamanan fisik, daya dan cadangan ke server colocated.

Sekilas, colocation server terdengar mirip dengan dedicated server hosting di mana dedicated server di-host di fasilitas atau pusat data penyedia layanan. Perbedaannya terletak pada server pada colocation yang disediakan langsung oleh pelanggan atau klien.

 

Kelebihan Colocation Server

Colocation server bisa memberikan keuntungan bagi bisnis dengan berbagai skala. Bisnis kecil bisa memperoleh fitur TI yang andal tanpa harus melakukan investasi besar. Sementara itu, perusahaan menengah dapat memperluas kapasitas penyimpanan data mereka tanpa harus melakukan konstruksi atau penyewaan fasilitas yang mahal.

Colocation juga memungkinkan bisnis menyimpan peralatan di fasilitas yang aman dengan bandwidth, daya, dan alamat IP publik yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanan. Beberapa kelebihan lain dari colocation server adalah:

  • Layanan yang andal. Fasilitas colocation menawarkan sistem pendingin server, sistem daya dan komunikasi yang memastikan koneksinya tetap mumpuni sepanjang waktu.
  •  

  • Performa terbaik. Peralatan elektronik termasuk infrastruktur server harus terlindungi dari debu dan berada dalam lingkungan dengan suhu yang terkontrol. Penyedia layanan colocation memastikan semua komponen dikelola dengan baik dan diatur suhunya agar performanya tetap terjaga.
  •  

  • Keamanan fisik. Pusat data dirancang untuk memastikan perangkat Anda terlindungi dari pencurian dan berbagai risiko yang bisa membahayakan keamanan data Anda. Beberapa langkah ketat seperti pemantauan dengan video, pencegah kebakaran, hingga sistem deteksi disediakan untuk menjamin keamanan fisik data Anda.
  •  

  • Maintenance pihak ketiga. Kebanyakan perusahaan baru memikirkan tentang peralatan pendukung server setelah mereka mengalami masalah. Pusat data colocation akan membantu merancang, memantau, serta melakukan maintenance sistem demi memastikan server bekerja dengan kinerja terbaiknya.
  •  

  • Kecepatan. Fasilitas colocation menawarkan koneksi hemat biaya langsung ke beberapa penyedia layanan internet dan memberikan kinerja terbaik seandainya muncul gangguan atau koneksi yang overload.
  •  

  • Manajemen risiko. Pelanggaran penggunaan data dan bencana alam bisa terjadi kapan saja. Namun, jika peralatan penting Anda beroperasi di pusat data yang ada di luar komplek bisnis, ada perlindungan keamanan tambahan yang memungkinkan Anda tetap bisa melanjutkan kegiatan operasional.
  •  

 
Ingin memanfaatkan colocation server dalam penyimpanan peralatan data center Anda? Layanan colocation server di neuCentrIX oleh Telkomsel Indonesia sekarang bisa Anda dapatkan melalui nusa.id cloud. Selain telah bersertifikat ISO 27001, data dan peralatan Anda dijamin keamanannya selama 24 jam dalam sehari. Hubungi nusa.id cloud sekarang juga untuk informasi selengkapnya!

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling