fbpx

Kegunaan Email Bisnis & Google Workspace untuk Bisnismu

google bisnis

Pemanfaatan internet menjadi faktor penting dalam aktivitas bisnis. Dengan cara yang tepat, kamu bisa menggunakan tool di internet untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis. Salah satu tool yang perlu kamu pertimbangkan adalah email bisnis Google.

Google email bisnis beda dengan email Gmail yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Penggunaan email bisnis memungkinkan kamu untuk menyematkan nama perusahaan pada alamat email. Sebagai contoh, kamu bisa memiliki email dengan alamat rais@nusa.id.

Manfaat Pemakaian Email Bisnis

google workspace

Pemanfaatan email bisnis Google memberi dampak positif bagi aktivitas bisnis kamu. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari penggunaan email tersebut di antaranya adalah:
 

1. Bagian dari Profesionalisme

Bandingkan ketika kamu memperoleh alamat email dari klien yang menggunakan nama perusahaannya. Kesan yang muncul dalam pikiran bakal berbeda dibandingkan ketika mereka menggunakan email gratis, kan? Kamu bakal menganggap kalau klien memiliki sikap yang profesional dalam aktivitas bisnisnya.
 

2. Membangun Kepercayaan

Alasan kedua kamu perlu memanfaatkan email bisnis adalah manfaatnya dalam membangun kepercayaan pelanggan. Konsumen akan menaruh kepercayaan yang lebih tinggi ketika kamu memakai alamat email sesuai dengan nama bisnis. Di waktu bersamaan, pemakaian alamat email tersebut juga mendorong trafik website bisnis kamu.
 

3. Perlindungan Data

Email yang ditujukan untuk pebisnis memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan email gratis. Google sebagai penyedia layanan email bisnis lewat produk Google Workspace memberi perlindungan dari spam serta terdapat fitur backup otomatis.
 

4. Sarana Branding

Kamu bisa pula memperoleh manfaat branding dari pemakaian email khusus untuk bisnis. Secara tidak langsung, kamu berkesempatan untuk melakukan pengenalan bisnis pada setiap orang yang menerima alamat email. Tak menutup kemungkinan, kamu bisa memperoleh peningkatan transaksi dari manfaat branding tersebut.
 

5. Sarana Penyimpanan Ekstra Besar

Setiap penggunaan layanan email bisnis dalam Google Workspace disertai dengan fitur penyimpanan berbasis cloud mulai dari 30 GB. Kamu pun bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melakukan penyimpanan berbagai file penting dan berbagi kepada para klien dan karyawan.

Cara Membuat Email Bisnis Google

google workspace

Bagi yang ingin membuat email bisnis dari Google, kamu bisa memanfaatkan produk Google Workspace. Terdapat empat pilihan paket yang tersedia, mulai dari Google Workspace Business Starter, Business Standard, Business Plus, hingga Enterprise. Di dalamnya, kamu tidak hanya memperoleh fasilitas email bisnis, tetapi disertai dengan berbagai fitur lain.

Proses pembuatan email bisnis dengan memanfaatkan layanan Google Workspace sangat mudah. Kamu hanya perlu menjalani tiga tahapan sederhana, yaitu:
 

1. Pendaftaran Google Workspace

Langkah pertama, kamu perlu melakukan pendaftaran akun ke Google Workspace. Pada tahapan ini, kamu perlu tahu kalau penggunaan layanan Google Workspace mengharuskan penggunanya untuk memiliki alamat domain sendiri. Kalau belum memilikinya, kamu bisa melakukan pembelian dari Google.
 

2. Pembuatan Akun

Setelah pendaftaran, Google akan melakukan verifikasi domain yang digunakan. Kamu pun bisa melakukan personalisasi akun. Caranya, kamu bisa mengunggah logo perusahaan. Selain itu, kamu dapat pula melakukan penambahan pengguna email sesuai dengan tingkat kebutuhan.
 

3. Mulai Berkirim Email

Sampai tahapan ini, kamu sudah bisa menggunakan email bisnis dari Google Workspace. Kamu masih belum perlu melakukan pembayaran. Perlu diketahui, Google menyediakan masa trial selama 14 hari. Selama durasi waktu tersebut, kamu dapat menggunakan berbagai fitur yang ada di Google Workspace untuk keperluan bisnis.

Setelah lewat masa 14 hari, kamu bisa mengambil keputusan untuk meneruskan penggunaan layanan atau berhenti. Kalau ingin terus menggunakan layanan ini, kamu bisa menyesuaikan pilihan paket Google Workspace dengan anggaran yang ada.

Hal yang perlu dicatat, biaya pemakaian Google Workspace dihitung berdasarkan jumlah pengguna. Makin banyak pengguna, biayanya kian besar. Untuk penggunaan layanan Google Workspace yang optimal, nusa.id cloud sebagai Google Cloud Partner siap membantu kamu. Semoga bermanfaat, ya.

Share Artikel :

Blog Terkait

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Tutorial ini menunjukkan cara mengonfigurasi notifikasi MikroTik melalui webhook Google Chat. Dengan

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Port knocking adalah metode keamanan yang menjaga port layanan sensitif seperti SSH

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Signature atau tanda tangan di email merupakan bagian penting untuk menunjukkan identitas