Catat! Mulai per 1 April 2022 Harga Nama Domain .ID Naik!

nama domain

 
Kebutuhan terhadap domain website saat ini terus mengalami peningkatan. Domain .ID yang merupakan domain TLD (Top Level Domain) Indonesia, secara khusus mempunyai popularitas tinggi di tanah air. Seiring dengan meningkatkan popularitas domain .ID tersebut, Anda perlu tahu kalau Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) berencana untuk menaikkan harganya per 1 April 2022 mendatang.
 

Harga Terbaru Domain .ID per 1 April 2022

 

Pengumuman terkait kenaikan harga domain .ID telah dilakukan PANDI sejak 10 Januari lalu. Dalam pengumumannya tersebut, PANDI mengungkapkan kalau domain .ID akan dipatok pada kisaran harga Rp300 ribuan. Harga tersebut mengalami peningkatan sekitar Rp100 ribuan dibandingkan dengan banderol yang saat ini berlaku di pasaran.

Dalam pernyataan resminya, PANDI mengungkapkan kalau rencana kenaikan harga domain .ID tersebut sudah ada sejak tahun 2021. Hanya saja, rencana tersebut harus mengalami penundaan karena situasi pandemi COVID-19. Selanjutnya, PANDI pun memutuskan untuk memberlakukan kenaikan harga tersebut pada tahun ini dengan disertai kualitas pelayanan lebih baik.
  

Disertai Kenaikan PPN

nama domain

Berkaitan dengan biaya penggunaan domain .ID, Anda juga perlu memperhatikan pengeluaran lain yang perlu dikeluarkan. Biaya tersebut adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kalau kenaikan tarif PPN tersebut selaras dengan pengesahan RUU Harmonisasi Peraturan Perpajakan per 7 Oktober 2021.

Berlandaskan aturan tersebut, maka PPN akan mengalami kenaikan secara berkala. Per 1 April 2022, Anda perlu mengeluarkan biaya PPN untuk pembelian domain .ID sebesar 11%. Nilai PPN tersebut pun akan meningkat menjadi 12% pada 1 Januari 2025. Perlu Anda ketahui, tarif PPN yang berlaku saat ini adalah sebesar 10%.
  

Jumlah Pengguna Domain .ID Meningkat Pesat

nama domain

Berdasarkan data PANDI, angka penggunaan domain .ID meningkat secara drastis. Per 31 Desember 2021, PANDI mencatat ada sebanyak 554.330 pengguna domain .ID. Angka tersebut pun melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni 532.213 pengguna.

Jumlah pengguna sebanyak itu menjadikan .ID sebagai domain terpopuler di wilayah Asia Tenggara. Merujuk data per Juli 2021, PANDI mencatat angka pengguna .ID sebanyak 534.876. Pencapaian tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan .VN (531.672 pengguna), .SG (191.579 pengguna), .MY (319.224 pengguna), serta .th (74.302 pengguna).

Pada tahun 2022 ini, PANDI menargetkan jumlah peningkatan pengguna .ID sebesar 38 persen. Harapannya, pengguna .ID bisa tumbuh ke angka 702.372 pada akhir tahun 2022. Dalam jangka panjang, PANDI berkeinginan agar pengguna .ID jauh lebih banyak dibandingkan dengan domain .COM.

Seperti diketahui, .COM merupakan domain website terpopuler di Indonesia saat ini. Per Juli 2021, Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD) mencatat jumlah pengguna .COM di Indonesia sebanyak 52 persen atau 775.021.
  

Keuntungan Menggunakan Domain .ID

 

Domain .ID merupakan domain yang usianya relatif baru, diperkenalkan pada 2014. Namun, saat ini angka pemakaiannya meningkat secara drastis dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Lalu, kenapa banyak orang yang mempertimbangkan penggunaan domain .ID? Ada beberapa alasan yang mendasarinya, yaitu:

1. Nama Domain yang Singkat

Domain .ID termasuk dalam kategori domain TLD yang mempunyai bentuk singkat. Penggunaannya membuat alamat website mempunyai struktur kata yang pendek dan mudah diingat.
  
2. Kemudahan Pendaftaran

Alasan selanjutnya adalah karena kemudahan proses pendaftaran. Anda tidak perlu melampirkan dokumen tertentu untuk mendaftarkan domain .ID. Oleh karenanya, proses pendaftaran berlangsung singkat dan praktis.
  
3. Pemakaian yang Fleksibel

Keunggulan domain .ID selanjutnya berkaitan dengan pemanfaatannya sebagai alamat website. Domain ini cocok digunakan untuk siapa saja. Tidak hanya untuk website personal, tetapi juga website bisnis, lembaga profesional, dan lain sebagainya.
  
4. Merepresentasikan Identitas Website

Terakhir, penggunaan domain .ID adalah representasi website. Pemakaiannya jadi representasi bahwa website tersebut berasal dari Indonesia.

Sampai di sini, apa Anda tertarik untuk menggunakan domain .ID? Sebaiknya, lakukan pendaftaran sekarang juga. Anda pun bisa daftar domain .ID di nusa.id cloud, murah mulai dari Rp219 ribu.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting