Bagaimana Google Cloud Membantu Perusahaan untuk Migrasi dan Mengelola Aplikasi Mereka

google cloud

Bagi Anda yang memiliki bisnis dengan layanan cloud sebagai bagian dari produktivitas, Anda mungkin pernah mendengar tentang Google Cloud. Google Cloud Platform merupakan layanan cloud dari Google yang sudah dikenal karena keamanan dan keandalan data (security and reliability) yang mereka tawarkan.

Google Cloud menyediakan layanan komputasi cloud publik yang memungkinkan pengguna menyimpan dan memanfaatkan data mereka dengan cara yang lebih efisien. Ini memberikan pengguna akses ke infrastruktur IT modern dan platform yang ramah pengguna. Google Platform mencakup berbagai layanan yang di-hosting untuk komputasi, penyimpanan dan pengembangan aplikasi yang berjalan di perangkat keras Google. Bagaimana Google Cloud melakukan ini untuk Anda?

 

Menyediakan Live Virtual Machine Migration

Live Virtual Machine Migration (VM) sangat bermanfaat bagi teknisi dan administrator karena mampu menjaga sistem tetap berjalan lancar selama update atau maintenance dalam infrastruktur. Ini juga memastikan bahwa VM dan perangkat lunak Anda tetap terlindungi dan beroperasi secara efisien selama kegagalan perangkat keras maupun perangkat lunak.

Menariknya lagi, tidak ada pesaing Google Cloud yang memberikan fitur serupa. Meskipun Azure, AWS dan berbagai penyedia layanan cloud lain menawarkan VM, tapi tidak ada yang menawarkan migrasi langsung dari VM tersebut.

 

Backup yang Luar Biasa

Meskipun terjadi bencana besar, Google Cloud memastikan bahwa data yang Anda simpan di dalam jaringan mereka akan hilang. Dengan empat jenis penyimpanan yang berbeda, Google Cloud menyimpan data Anda secara redundan (di antara satu atau lebih tempat). Jadi jika sesuatu terjadi, mereka sudah menyiapkan cadangan untuk Anda. Ini tentu tidak hanya menguntungkan dalam penyimpanan data saja, tapi juga pengelolaan aplikasi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Anda.

Dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan multiregional yang mereka miliki, data Anda disimpan setidaknya di dua wilayah terpisah. Ini membuatnya aman dari pengaruh apapun baik secara internal maupun eksternal.

 

 

Penawaran Harga yang Menarik

Dengan layanan pay-as-you-use, biaya yang dibebankan kepada Anda tergantung pada waktu dan sumber daya yang Anda manfaatkan. Dibandingkan beberapa penyedia layanan cloud lain, Google Cloud bahkan dianggap sebagai opsi yang lebih terjangkau dan ramah biaya. Untuk Compute Engine saja, biaya yang dikenakan oleh Google Cloud bisa 40 – 50% lebih murah daripada AWS dan Azure.

 

Keamanan dan Keandalan Data (Security and Reliability) yang Luar Biasa

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Google memang tidak pernah main-main soal keamanan dan keandalan data yang mereka berikan. Dengan pengalaman belasan tahun, mereka memiliki akses ke profesional di bidang keamanan tingkat atas dan telah membuktikan diri dengan menyediakan layanan yang aman kepada publik selama bertahun-tahun.

Coba pikirkan seperti apa tingkat keamanan yang diperlukan untuk Gmail, Youtube bahkan mesin pencari mereka. Dengan menggunakan Google Cloud, pada dasarnya Anda juga ikut menggunakan teknologi canggih yang selama ini mereka terapkan untuk bisnis mereka sendiri.

 

Pendekatan yang Berpusat pada Pelanggan

Google dengan bangga memberikan pengalaman pengguna yang nyaman dan menyenangkan bagi semua pelanggan mereka. Begitu juga bagi pengguna Google Cloud. Salah satu keistimewaan Google Cloud adalah ketika mereka melakukan sejumlah perubahan atau penyempurnaan, mereka memastikan bahwa penyesuaian tersebut tidak akan mengganggu atau membingungkan pengguna mereka.

Google juga memberikan lebih banyak jaminan jika terjadi kegagalan atau bencana dengan segera mengizinkan pencadangan ke pusat sekunder dengan cara yang lebih praktis dan mudah.

Ingin merasakan kemudahan, keamanan dan dukungan terbaik ini? Saatnya menggunakan layanan Google Cloud untuk bisnis Anda. Tidak perlu bingung mau mencari ke mana sebab nusa.id sebagai Google Cloud Partner siap membantu Anda mendapatkannya. Konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan Anda pada kami di sini.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting