fbpx

7 Tools Esensial untuk Remote Working, Start-Up Wajib Punya

7 tools esensial

7 tools esensial apa saja sih yang dibutuhkan ?

Tren bekerja dari rumah sempat menjamur beberapa tahun ke belakang lantaran adanya pandemi covid-19. Meski kini pandemi berangsur pulih atau mungkin telah berakhir, tren bekerja jarak jauh tidak hilang karena banyak perusahaan dan startup yang menerapkan sistem ini.

Jika kamu juga tertarik mengaplikasikan kerja jarak jauh, startup atau perusahaan wajib memiliki sejumlah alat yang dibutuhkan. Beruntung, saat ini ada beragam tools untuk remote working yang bisa kamu jajal. Berikut daftarnya.
  

1. Trello

Papan kanban kerap ditemukan di tempat kerja yang melibatkan tim. Papan ini digunakan untuk memvisualisasikan proyek pekerjaan dengan menggunakan kartu yang ditempelkan di atasnya. Kartu tersebut nantinya akan dipindahkan ke kolom sesuai dengan progresnya.

Tahukah kamu, ternyata sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang mengadopsi sistem kanban untuk memudahkan pengelolaan proyek melalui papan digital. Salah satu di antaranya yang menjadi favorit startup, yaitu Trello.

Trello memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif sehingga mudah dipahami dan digunakan. Tools ini dapat digunakan untuk mengelola proyek, membuat target, dan menetapkan tugas yang semuanya itu bisa dilakukan dalam satu platform.
  

2. Slack

Agar semua anggota tim bisa berkolaborasi secara jarak jauh, tentu dibutuhkan alat yang bisa memudahkan mereka berkomunikasi. Menggunakan platform obrolan populer, seperti WhatsApp dan Telegram bukanlah ide yang bagus. Pasalnya jika demikian, hal itu akan membuat urusan pribadi dan urusan pekerjaan menjadi tercampur.

Nah, solusinya kamu bisa menggunakan platform obrolan dan kolaborasi yang memang dikhususkan untuk urusan pekerjaan. Salah satu aplikasi komunikasi dan kolaborasi tim yang bisa kamu gunakan adalah Slack.

Slack hadir dengan antarmuka yang ramah pengguna dan dapat diintegrasikan dengan produk lain, seperti Google Workspace, Dropbox, Adobe Creative Cloud, dan masih banyak lagi. Selain itu, Slack juga tersedia dalam versi aplikasi seluler dan situs web yang memungkinkan penggunanya berkolaborasi dan berkoordinasi dari mana pun.
  

3. Zoom

Siapa yang tidak kenal Zoom, aplikasi ini yang sempat booming sejak munculnya pandemi covid-19. Saat itu, berbagai kalangan ramai-ramai menggunakan platform ini untuk beragam tujuan, seperti kuliah online, seminar online, dan rapat kerja.

Baik untuk rapat tim atau menyelenggarakan webinar, Zoom diklaim sebagai alat konferensi video terbaik untuk remote working. Dengan aplikasi ini, kamu akan merasakan seolah-olah berada di ruangan yang sama dengan rekan satu tim lainnya.
  

4. Google Drive

Platform penyimpanan cloud merupakan salah satu tools esensial yang wajib dimiliki untuk melakukan remote working. Melalui alat ini, kamu dapat menyimpan semua file, dokumen, dan spreadsheet dengan aman di satu tempat.

Salah satu platform penyimpanan cloud terbaik yang bisa kamu coba adalah Google Drive. Bukan sekadar bisa mengakses file milik kamu sendiri, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagi file serta mengedit file bersama dengan tim secara real time.
  

5. Time Doctor

Untuk mengelola tim jarak jauh, dibutuhkan alat produktivitas yang bisa digunakan untuk memantau apa yang mereka lakukan. Salah satu tools yang bisa kamu coba adalah Time Doctor.

Tidak hanya mencatat jam kerja, Time Doctor juga dapat digunakan untuk melacak pergerakan mousekeyboard, dan situs web mana yang dikunjungi. Alhasil, karyawan bisa mencapai lebih banyak target dalam sehari karena mereka lebih fokus menyelesaikan pekerjaan tanpa terdistraksi dengan hal-hal lain.
  

6. Microsoft Teams

Selain Slack, tools lain yang bisa kamu gunakan untuk berkolaborasi dengan tim adalah Microsoft Team. Aplikasi ini berada di dalam ekosistem Microsoft office yang terintegrasi dengan semua produk Microsoft lainnya, seperti Word, Excel, Powerpoint, dan Outlook.

Kalau kamu dan anggota tim lainnya sama-sama menggunakan Microsoft Office, aplikasi Microsoft Team sangat cocok digunakan untuk remote working.
  

7. WooBoard

Meski pekerjaan dilakukan secara jarak jauh, tetap penting untuk menciptakan budaya kerja yang positif dengan cara menghargai kerja keras dan prestasi karyawan. Salah satu tools yang bisa kamu pakai untuk melakukan ini adalah WooBoard.

WooBoard memungkinkan kamu memberikan poin dan lencana kepada karyawan berdasarkan prestasi yang mereka raih. Kemudian, poin atau lencana tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah nyata yang telah kamu persiapkan sebelumnya.

Nah, itu tadi tujuh tools untuk remote working yang esensial dan perlu dimiliki startup. Sebagai catatan, ada berbagai tools remote working lain di luar sana yang mempunyai fungsi sejenis. Kamu bisa memilih platform mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Sumber Referensi:

  • https://www.trio.dev/blog/tools-remote-work
  • https://thrivemyway.com/remote-work-tools

Share Artikel :

Blog Terkait

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Netwatch: Monitoring Perangkat dengan Google Chat

Tutorial ini menunjukkan cara mengonfigurasi notifikasi MikroTik melalui webhook Google Chat. Dengan

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Cara Mengamankan Router MikroTik dengan Port Knocking

Port knocking adalah metode keamanan yang menjaga port layanan sensitif seperti SSH

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Cara Membuat Signature di Gmail Google Workspace

Signature atau tanda tangan di email merupakan bagian penting untuk menunjukkan identitas