Tips Memilih Cloud Server Provider Terbaik

Pelaksanaan bisnis pada kenyataannya selalu memerlukan tempat penyimpanan data yang bisa berupa email maupun data lainnya. Penggunaan cloud server Indonesia dapat mengurangi ongkos dalam memberi perangkat fisik guna menyimpan data. Setiap karyawan yang berwenang dapat melakukan akses terhadap file server tersebut.

Tidak perlu lagi terlalu bergantung kepada pihak air, hanya untuk mencari cara untuk menyimpan data. Sebuah provider yang baik selalu memiliki kapabilitas untuk memberikan fasilitas secara remote kepada seluruh konsumen yang menggunakan servisnya. Semua kolaborasi tersebut bisa dilakukan secara online. Untuk bisa mendapatkan seluruh kriteria ke provider terbaik, perlu mengetahui tips berikut.


Beberapa Tips Memilih Cloud Provider


Ada banyak tips yang bisa diterapkan untuk mencari cloud provider terbaik di Indonesia. Seluruh langkah yang perlu diterapkan diantaranya:

  1. Memahami Apa Saja yang Ditawarkan oleh Cloud Provider
  2. Pengetahuan harimau kunci kekuatan dalam dunia sosial dan ini berlaku dalam menggunakan layanan provider juga. Baca seluruh layanan yang diberikan cloud provider secara teliti. Pastikan untuk memahami seluruh detail yang ditulis dan langsung bertanya apabila terdapat informasi yang belum bisa dipahami.

    Calon konsumen perlu mengetahui tentang apa saja yang ditawarkan dalam layanan yang disediakan oleh cloud provider, biasanya berupa RAM, CPU, dan penyimpanan data.

  3. Seberapa Aman Cloud Service
  4. Perkembangan teknologi selalu diiringi dengan perkembangan cybercrime. Setiap pengguna internet baik perorangan maupun perusahaan wajib berhati-hati dalam menggunakan internet, karena memiliki potensi untuk dibobol oleh cracker atau hacker.

    Apapun data yang diambil oleh cracker maupun hacker, semuanya selalu merugikan pihak yang yang dibocorkan rahasianya. Apalagi bila yang kecurian data itu itu berada dari pihak perusahaan sudah pasti ada banyak korban yang diambil datanya. Semua itu bisa ditangani sistem keamanan yang tinggi.

  5. Seberapa Aman Data center dan Dimana Lokasinya
  6. Aspek yang harus ditanyakan sebelum menggunakan sesuatu layanan cloud provider adalah mengenai Data center dan lokasinya. Apabila menggunakan data center milik pribadi, maka layanan yang ditawarkan lebih aman. Sisanya saya harus bertanya dimana lokasi dari Data center tersebut.

  7. Harga Layanan
  8. Bisnis selalu berkaitan dengan harga. Tidak hanya peduli dalam menjual suatu produk atau layanan, melainkan dalam membeli sebuah infrastruktur. Pastikan layanan yang ditawarkan masuk dalam anggaran dana perusahaan, agar membuatnya menjadi lebih efisien dipakai.

    Mengenai spesifikasi dari sebuah Cloud server, hal yang perlu dipahami dengan bertanya saat konsultasi adalah RAM, CPU, dan storage. Apabila seluruh spesifikasi sudah memenuhi apa yang diperlukan perusahaan maka bisa langsung segera menggunakan cloud server tersebut.

  9. Sejarah Downtime
  10. Downtime adalah sebuah periode waktu di mana layanan tidak bisa diakses secara efektif oleh pengguna. Hal ini sudah pasti sangat critical bagi perusahaan sehingga perlu mencari downtime yang paling minimal.

    Akan menjadi sangat tidak nyaman saat menggunakan layanan yang memiliki sejarah tentang buruk. Akibatnya sudah pasti karyawan yang berwenang yang mengalami kesulitan dalam melakukan akses terhadap data perusahaan yang sudah tersimpan di dalam cloud server.

    Perlu untuk mencari tahu sejarah downtime sebuah layanan yang diberikan Cloud provider. Cara paling mudah untuk mengetahui adalah mencari tahu Cloud provider yang mencantumkan sejarah downtime mereka.



  11. Client Support yang Responsif
  12. Masalah teknis bisa terjadi kapan saja, sehingga perlu untuk mendapatkan layanan cloud server yang memiliki client support yang responsif. Client support yang responsif memudahkan koordinasi tercapainya sebuah layanan optimal yang yang lebih cepat. Sebuah masalah teknis akan bisa teratasi dalam hitungan beberapa detik atau menit support responsif.

    Apabila menemukan sebuah Cloud provider yang menawarkan support sampai dengan 24 jam, disarankan untuk menggunakan layanan tersebut. Hal tersebut sangat diprioritaskan penggunaannya untuk perusahaan yang juga bergerak selama 24 jam atau 3 shift.

    Anda sudah mengetahui seluruh tips memilih cloud provider terbaik. Jika berminat menggunakan sebuah Cloud server, bisa menyewa melalui nusa.id cloud. Layanan kami memenuhi seluruh aspek yang sudah dijelaskan tadi.

    Ada 3 jenis paket Cloud server yang kami tawarkan kepada konsumen, seperti NCC 20 NCC 25 dan dan NCC 40. Bagi yang berminat juga dapat berkonsultasi secara gratis kepada tim kami selama 24 jam.