Perbedaan Web Hosting, Cloud Server, dan VPS Dalam Membangun Sebuah Website

Pemula dalam dunia website sudah pasti belum terlalu memahami tentang perbedaan antara web hosting, VPS, dan cloud server. Ketiga istilah tersebut sering ditemukan oleh seluruh orang yang menggunakan website.

Apabila sedang mencari layanan sebuah cloud server, tentunya harus dapat mengerti perbedaan cloud server dan VPS maupun cloud server dan web hosting. Apabila belum terlalu paham tentang yang ketiga istilah di atas, maka Anda bisa membaca dari ulasan ini.


Pengertian Web Hosting


Web hosting adalah sebuah layanan yang bisa di sewa pengguna dimana penggunanya akan mendapatkan ruang untuk aplikasi website yang dimiliki pengguna. Ada nama domain yang bisa digunakan oleh pemilik website dan mengarahkan nama domain tersebut ke sebuah aplikasi.

Intinya pengguna akan bisa menikmati seluruh fasilitas manajemen yang sangat berguna untuk mengelola website miliknya. Sebuah platform akan bisa dipakai untuk melakukan banyak kegiatan, seperti memasukkan program PHP dan juga database MySQL atau MariaDB.

Layanan tersebut biasanya tersedia dengan harga terjangkau dan tidak hanya dibatasi pada adanya platform yang tersedia. Seluruh kelebihan dari web hosting diantaranya:

  • Ada banyak paketnya, sehingga konsumen bisa memilih paket dengan harga yang sesuai kemampuan. Bahkan ada web hosting yang ditawarkan dengan harga beberapa belas ribu rupiah saja. Namun, web hosting tersebut tidak akan bisa melakukan penyimpanan data dalam jumlah besar, sehingga paket yang terendah biasanya hanya dipergunakan untuk orang yang sedang belajar atau baru dalam dunia website.
  • Tidak bisa dipakai menarik traffic dalam jumlah banyak saat berlangganan paket yang murah, karena memiliki batasan dalam hal pengunjung website yang dapat akses datanya.
  • Sangat memperhatikan uptime yang rata-rata sudah mencapai 99%. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini uptime sebuah layanan hosting sudah bisa mencapai 99.99%

Beberapa kelebihan web hosting sudah dijelaskan secara singkat, maka sisanya hanya perlu memahami tentang kekurangan web hosting. Anda yang masih baru dalam dunia website perlu mengetahui seluruh kekurangan web hosting.

  • Sebagai salah satu cara untuk menyimpan data, web hosting memiliki banyak kekurangan yang harus dipertimbangkan, seperti resiko mengalami malware dan hack. Itulah mengapa konsumen perlu menggunakan layanan penyedia web hosting yang terpercaya.
  • Web hosting yang ditawarkan dengan harga murah sangat memungkinkan untuk menggunakan server gabungan dengan perusahaan lain. Pastinya hal tersebut bisa berpotensi menimbulkan bahaya yang ditimbulkan dari perusahaan lain berupa spam dari mailing list hosting.
  • Disarankan untuk tidak menggunakan paket dengan harga terendah saat ingin pakai web hosting untuk urusan perusahaan.

Pengertian VPS


VPS memiliki kepanjangan virtual private server yang mana memiliki fungsi untuk bisa membuat partisi terhadap sumber daya berupa server fisik dan diubah dalam bentuk server virtual dalam rangka penggunaannya. Server virtual yang yang diberikan oleh VPS biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk menjalankan sistem operasi sendiri.

Konsumen yang menggunakan VPS biasanya akan mendapatkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut bisa disimak berikut.

  1. Lebih fleksibel
  2. Setiap pengguna yang melakukan instalasi software pada VPS bisa dilakukan sesuai dengan keperluan maupun keinginan.

  3. Kemudahan akses root
  4. Anda yang menggunakan VPS akan memiliki akses root yang mana akses ini bisa melakukan apa saja terhadap VPS yang dimiliki.

  5. Adanya garansi resource
  6. Penyedia layanan VPS biasanya memberikan garansi resource dalam jumlah yang banyak tidak hanya satu macam. Beberapa resource yang dimaksud adalah CPU, RAM, dan space.

Anda sekarang sudah mengetahui seluruh kelebihan dari penggunaan VPS. Hal lain yang harus dipahami yakni mengenai kekurangan VPS. Beberapa kekurangannya bisa lihat di bawah ini.

  • Pengguna VPS perlu memiliki pengetahuan dasar tentang cara menggunakan server Windows maupun Linux.
  • Biaya menyewa VPS jauh lebih mahal daripada menyewa share hosting.
  • Pengguna yang memerlukan resource dengan kapasitas besar, diharuskan mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.



Pengertian cloud server


Cloud server adalah teknologi yang memungkinkan untuk menyimpan data secara virtual menggantikan penyimpanan fisik. Teknologi cloud server ini sudah pasti berbeda dengan web hosting maupun VPS. Sebuah teknologi cloud server sudah pasti akan memerlukan CPU virtual dan penggunaannya sebagai penyimpanan data tidak akan dibatasi.

Mengapa bisa disebut sebagai tidak ada batasan terhadap penyimpanan data, karena pengguna bisa selalu melakukan upgrade terhadap storage, memori, dan prosesor sesuai keperluan pengguna.

Setidaknya pengguna akan mendapatkan 4 keunggulan dengan menggunakan cloud server dibandingkan dengan VPS. Keempat keunggulan tersebut bisa disimak berikut ini.

  • Memiliki sumber daya yang hampir tidak terbatas, karena pengguna bisa dengan fleksibel melakukan upgrade maupun downgrade terhadap fasilitas cloud server yang mereka sewa.
  • Pengguna yang ingin melakukan upgrade bisa diwujudkan dengan cepat.
  • Cloud server memungkinkan redudansi secara signifikan dan lebih baik

Ulasan ini sudah membahas tentang perbedaan istilah web hosting, cloud server, dan VPS. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan cloud server, maka bisa menyewa melalui nusa.id cloud. Kami adalah penyedia layanan cloud server terpercaya yang sudah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan ternama.

Ada 6 paket cloud server yang kami sediakan yakni NCC 20, NCC 25, NCC 40, NCC 60 dan NCC 100. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar teknis cloud server, bisa langsung ditanyakan terhadap tim teknis kami ataupun sales. Layanan konsultasi tersebut kami sediakan selama 24 jam.