Google Workspace For Education, Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

google workspace for education

Pandemi COVID-19 membuat berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat mengalami berbagai pembatasan. Oleh karenanya, kamu perlu memutar otak untuk bisa tetap produktif pada situasi seperti ini. Salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan memanfaatkan Google Workspace for Education.

Apa Itu Google Workspace for Education?

anak-anak sedang belajar menggunakan google workspace for education

Google Workspace for Education adalah sistem berbasis cloud yang dijalankan oleh Google. Di dalamnya, terdapat berbagai jenis tool yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dalam meningkatkan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis selama proses belajar mengajar.

Kehadiran Google Workspace jadi solusi jitu untuk mengatasi berbagai pembatasan yang berlangsung saat pandemi COVID-19. Lewat tool Google ini, kamu bisa memperoleh berbagai fitur. Menariknya, keberadaan tool tersebut tidak cuma bermanfaat untuk aktivitas pendidikan. Ada pula opsi paket Google Workspace Business Starter yang ditujukan bagi pebisnis.

Fitur Lengkap Google Workspace

 

Lalu, apa saja fitur Google Workspace Indonesia yang bisa membantu kelancaran aktivitas belajar ataupun bisnis? Hal yang perlu kamu pahami, Google Workspace adalah layanan yang ditawarkan Google dalam berbagai pilihan paket. Kamu bisa memilih paket yang disediakan secara gratis maupun berbayar.

Terlepas dari pilihan paket yang kamu pakai, terdapat beberapa fitur utama yang membuat Google Workspace memberi banyak manfaat di era pandemi COVID-19, di antaranya:

1. Google Classroom

google workspace for education

 

2. Google Drive

google drive

Tool yang satu ini tentunya sudah sangat familiar. Google Drive merupakan fitur Google Workspace for Education yang berfungsi layaknya tempat penyimpanan. Hanya saja, kamu menyimpan data secara online. Pemanfaatannya berguna untuk sarana pengumpulan tugas yang kemudian bisa diakses secara langsung oleh siswa dan guru.

3. Google Docs

google docs

Fitur yang tidak kalah penting dari Google Workspace selanjutnya adalah Google Docs. Pemakaian tool Google ini bisa kamu manfaatkan untuk menggantikan keberadaan aplikasi MS Office. Di sini, kamu tidak hanya bisa membuat dokumen, tetapi juga memakainya untuk menyusun formulir untuk survei, pembuatan slide presentasi, grafik, serta spreadsheet.

4. Google Meet

google meet

Google Workspace adalah tool yang lengkap. Buktinya, kamu bisa menemukan fitur bernama Google Meet yang dapat dipakai untuk keperluan rapat secara online. Dengan Google Meet, kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi serupa seperti Zoom. Kamu pun bisa memanfaatkan Google Meet ketika ingin bertatap muka melalui video dengan para siswa atau guru lain.

5. Tool Pendukung Lain

google workspace

Selain tool yang telah disebutkan, kamu bisa pula menjumpai berbagai fasilitas lain yang tidak kalah penting. Kamu akan memperoleh layanan email Gmail yang bisa digunakan untuk pengiriman surat elektronik.

Selain itu, ada fitur pendukung lainnya seperti Google Group untuk sarana diskusi online, Google Calendar yang berguna sebagai penjadwalan, atau Google Sites untuk pembuatan halaman web sederhana.

Semua fasilitas tersebut bisa kamu peroleh secara gratis lewat paket Google Workspace for Education Fundamental. Selain itu, ada pula pilihan paket lain yang berbayar seperti Google Workspace for Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, serta Google Workspace for Education Plus dengan berbagai fitur ekstra.

Kamu punya kebebasan dalam melakukan pemilihan paket. Hal yang bisa dipastikan, pemakaian Google Workspace membuat siapa saja bisa tetap produktif di masa pandemi. nusa.id cloud bisa membantu kamu dalam proses penggunaan Google Workspace secara optimal. Selamat mencoba, ya.

 

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting