Menggunakan Cloud Hosting untuk Bisnis Online, Apa Manfaatnya ?

cloud hosting

Cloud hosting adalah salah satu jenis web hosting yang memungkinkan pengguna menyimpan data secara virtual pada media awan atau cloudCloud hosting cocok bagi kamu yang masih pemula tetapi ingin memiliki sumber daya server yang memadai. Berkat teknologi cluster pada cloud hosting, performa website akan tetap terjaga.
 

Cloud Hosting untuk Website

Pilihan bagi pengguna shared hosting ketika kapasitas penggunaan telah melebihi seharusnya adalah VPS dan cloud hosting. Keunggulan VPS adalah memiliki sumber daya server yang tinggi dan bersifat privat, tetapi pengelolaannya tergolong sulit. Berbeda dengan cloud hosting yang unggul dari segi sumber daya server dan mudah dikelola.

Ketika menggunakan cloud hosting untuk website, ada beberapa keuntungan yang akan dinikmati, yaitu:
  

1. Dapat Menampung Banyak Pengunjung

Ketika menggunakan cloud hosting, kamu tidak perlu khawatir jika website diserbu oleh banyak pengunjung. Seperti diketahui, trafik yang berlebihan dapat membuat sebuah website menjadi down dan akhirnya malah kehilangan pengunjung. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh pemilik website.

Dengan adanya teknologi cluster, website bisa diakses oleh banyak pengunjung dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dimungkinkan karena fitur back-up resource, yaitu ketika server-server tersebut saling berbagi beban apabila terjadi situasi overload.
  

2. Memiliki Sistem Keamanan Tinggi

Selain dari sisi performa, keunggulan cloud hosting lainnya adalah dari sisi keamanan. Cloud hosting dapat diandalkan untuk mengatasi celah keamanan yang mungkin terjadi pada suatu website. Hal ini karena ada berbagai fitur keamanan yang bisa digunakan pada cloud hosting sehingga mengurangi risiko serangan malware dan hacker.

Bukan hanya itu, cloud hosting juga biasanya telah memiliki sertifikat SSL kelas dunia. Berbekal sertifikat ini, website akan dinilai aman oleh Google sehingga reputasi website dan ranking pencarian lebih tinggi. Faktor keamanan data juga tidak perlu diragukan karena ada fitur backup dan restore data.
  

3. Pengelolaan Website Lebih Mudah

Salah satu keunggulan website yang menggunakan cloud hosting adalah pengelolaan yang lebih mudah, terutama jika kamu tidak fasih bahasa pemrograman. Hal ini karena server telah fully managed atau telah dikonfigurasi penuh oleh penyedia jasa.

Dengan demikian, kamu sebagai pemilik website tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan kustomisasi. kamu hanya perlu fokus pada konten yang akan dimasukkan pada website tersebut.
 

Manfaat untuk Bisnis Online

cloud hosting

Karena berbagai keunggulan tersebut, cloud hosting sangat cocok digunakan oleh para pemilik toko online. Beberapa pertimbangan berikut akan membuat kamu lebih yakin menggunakan cloud hosting dibandingkan jenis hosting lainnya.
 

1. Bisa Menyimpan Banyak Data Produk

Pada sebuah website yang merupakan toko online, ada banyak data produk yang harus dimasukkan. Masalahnya, jika menggunakan shared hosting, sumber daya server sangat terbatas. Bahkan, satu server bisa digunakan oleh beberapa website. Kondisi ini bisa menjadi kendala bagi yang ingin mengembangkan bisnis online.
  

2. Selalu Bisa Diakses oleh Pelanggan

 
Di cloud hosting, data produk diduplikasi di beberapa server terpisah. Ketika salah satu server mengalami masalah atau melambat karena overload, website tetap berjalan lancar karena dibantu oleh server lainnya.

Keunggulan ini akan membuat toko online bisa diakses sepanjang waktu. Apalagi jika pengunjung tiba-tiba banyak dalam waktu bersamaan, toko online tidak akan mengalami masalah yang berarti.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu diketahui tentang cloud hosting dan manfaatnya terkait bisnis online. Kamu bisa menggunakan layanan Google Cloud Platform Indonesia dari nusa.id yang merupakan partner resmi Google Cloud di Indonesia.

Selain cloud hosting terbaik, nusa.id juga menawarkan Nusawork, aplikasi HRIS (Human Resource Information System). Dalam aplikasi berbasis cloud ini, ada fitur absensi online, sistem approval, dan sistem payroll yang sangat berguna bagi perusahaan. Aplikasi Nusawork kini tersedia dan bisa diunduh dari Playstore dan App Store. Tertarik untuk mencoba?

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting