Anda Bekerja di Institusi Pendidikan ? Perlu Mengenal Lebih Dalam Tentang Google Suite Untuk Pendidikan

Sebagian besar orang yang sudah mengenal Google Suite, mengira bahwa aplikasi tersebut hanya digunakan untuk berbisnis aja. Padahal hampir seluruh sektor yang ada saat ini bisa menggunakan aplikasi tersebut, seperti misalnya G Suite untuk pendidikan. Hampir sebagian besar lembaga pendidikan yang ada saat ini sudah memanfaatkan layanan ini.

Kemudian, rilisan Google tersebut memiliki berbagai layanan terhadap lembaga pendidikan yang menggunakannya seperti manajemen akun, manajemen penjadwalan, Google Drive, maupun perangkat kolaborasi yang berkaitan dengan pendidikan. Instansi pendidikan yang menggunakan tidak hanya instansi yang besar saja, melainkan yang kecil juga.

Jika Anda berprofesi sebagai administrator dalam instansi pendidikan, maka Anda bisa menyarankan penggunaan dari Google Suite untuk membantu berbagai urusan yang berkaitan dengan sistem institusi pendidikan.


Layanan Google Suite untuk Pendidikan


Ada banyak sekali layanan Google Suite untuk pendidikan dan Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan nusa.id. Seluruh layanan tersebut bisa Anda lihat dibawah ini.

  1. Google Kelas
  2. Layanan pertama ini merupakan layanan utama yang ditawarkan oleh Google dalam hal pendidikan, sehingga guru dan murid bisa melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan membuat kelas virtual. Seluruh siswa yang masuk dalam kelas tersebut akan dapat mengirimkan pertanyaan secara instan tanpa memerlukan kertas.

    Guru akan dapat mengawasi seluruh siswa yang hadir dalam kelas online satu per satu. Pembagian materi menjadi lebih mudah dan setiap siswa tetap dapat berinteraksi langsung kepada guru.

  3. Gmail
  4. Layanan lainnya yang diberikan dalam pembuatan Google ini yakni Gmail yang memiliki kapasitas storage sampai dengan unlimited. Seluruh data yang disimpan dalam Gmail akan mendapatkan pengamanan yang ketat, sehingga institusi pendidikan bisa mengamankan data yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dengan aman.

  5. Google Drive
  6. Layanan ketiga yang disediakan bagi institusi yang mendaftarkan di layanan Google akan mendapatkan Google Drive. Seluruh pengguna yang ada dalam sistem tidak akan kehabisan memorinya untuk melakukan penyimpanan banyak data, karena semua data yang berkaitan dengan institusi dan kelas online akan disimpan dalam Google Drive.

  7. Kalender
  8. Seluruh user dalam institusi pendidikan yang menggunakan Google Suite dapat mengakses kalender yang memberitahukan tentang tanggal, bulan dan tahun. Fasilitas kalender tersebut akan sangat mendukung sistem belajar-mengajar melalui kelas online.

    Guru dapat memberikan jadwal tertentu kepada muridnya untuk melaksanakan ujian online dan pemberitahuannya bisa dilakukan melalui sistem chatting. Selain itu, guru tidak lagi harus memberitahukan secara satu persatu informasi kepada seluruh siswa yang hadir di kelas online.

  9. Google Site
  10. Layanan Google site dalam dunia pendidikan dapat membantu pembuatan website sekolah. Admin akan bisa mengelola isi kontennya, desainnya, maupun menu yang ada di dalamnya sesuai keperluan institusi.

  11. Google Vault
  12. Layanan yang satu ini membantu user dalam melakukan pengarsipan seluruh data, seperti Google Drive, chatting, email, dan layanan lain. User tidak perlu khawatir akan kehilangan data yang sudah dibuat dengan adanya layanan ini.

  13. Applikasi Office Google
  14. Google Suite sudah memberikan layanan berupa Google office yang terdiri dari dokumen spreadsheet, dan slide. Layanan ini akan memudahkan user yang seorang guru dalam membuat tugas sekolah maupun murid dalam menjawab tugas sekolah.


Petunjuk aktivasi Google untuk Pendidikan



Melakukan aktivasi Google Suite itu mudah dan bisa dilakukan secara mandiri setelah mendaftarkan suatu paket. Seluruh langkah aktivasinya bisa Anda lihat berikut ini.

  • Pertama-tama buka bagian halaman http://google.com/a/cpanel/education/new. Anda yang ingin melakukan aktivasi juga bisa mencoba masuk melalui alamat http://edu.google.com.
  • Pada layar Anda akan muncul tulisan berupa “mari kita mulai” dari Google Suite. kemudian ada tulisan tepat di bawahnya yang memberikan informasi mengenai Anda akan mengubah cara siswa dan staf pengajar dalam berinteraksi.
  • Klik tombol berikutnya yang ada pada layar PC. Kemudian harus memastikan bahwa sudah memiliki domain administrasi dari web institusi tempat Anda bekerja. Contoh domainnya biasanya memiliki ekstensi ac.id, sch.id, .edu, dan ekstensi institusi pendidikan lainnya.
  • Pada layar Anda akan muncul tampilan berupa pertanyaan beritahu kami tentang institusi Anda.
  • Masukkan nama institusi tempat Anda bekerja yang ingin didaftarkan akun Google Suite. Pilih tingkat pendidikan yang ditawarkan oleh institusi tempat Anda bekerja seperti pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi.
  • Selanjutnya Anda akan diharuskan mengisi berbagai informasi institusi lainnya seperti situs institusi, jumlah siswa dan staf.
  • Klik tombol dengan tulisan berikutnya dan pada layar akan muncul pertanyaan mengenai lokasi institusi dan nomor teleponnya. Isi seluruh informasi yang dipertanyakan dan tekan tombol bertuliskan berikutnya.
  • Lalu Anda masukkan alamat institusi secara lengkap seperti alamat berupa jalan kota, provinsi, dan kode pos. Setelah selesai mengisi informasi halaman institusi Anda secara lengkap tekan tombol bertuliskan berikutnya.
  • Selanjutnya terdapat pertanyaan mengenai alamat email Anda sekarang yang diperiksa secara rutin dan tekan tombol bertuliskan berikutnya.
  • Kemudian akan muncul lagi pertanyaan berupa apakah institusi Anda memiliki domain. Pertanyaan tersebut merupakan pilihan seperti ya atau tidak.
  • Isi pertanyaan berikutnya yang menanyakan tentang apa nama domain institusi tempat Anda bekerja. Lalu Anda akan dipandu untuk melakukan verifikasi institusi Anda sebagai pemilik domain. Selanjutnya hanya perlu klik tombol bertuliskan berikutnya.
  • Pertanyaan berikut yang harus Anda isi adalah gunakan domain ini untuk menyiapkan akun. Tekan tombol bertuliskan berikutnya.
  • Anda akan diberikan pertanyaan mengenai siapa nama Anda yang merupakan pembuatan akun ataupun administratornya. Pertanyaan ini mengharuskan Anda untuk mengisi nama depan maupun nama belakang dan tekan tombol bertuliskan berikutnya setelah selesai mengisi.
  • Langkah selanjutnya adalah cara Anda masuk untuk bisa login ke akun admin Google Suite instansi pendidikan tempat Anda bekerja. Dalam langkah ini akan diminta membuat suatu nama maupun password yang nanti dipakai setiap kali akan login ke dalam akun admin institusi.
  • Pertanyaan selanjutnya adalah berbagi ide hebat dengan Google. Jika anda tidak ingin memberikan ide yang dimaksud maka Anda bisa pilih tombol tidak, terima kasih.
  • Anda akan dialihkan menuju ke bagian persetujuan sekolah G Suite untuk pendidikan. Baca seluruh informasi yang tertera dalam layar komputer dan setelah membaca secara lengkap, Anda bisa tekan tombol bertuliskan setuju dan lanjutkan.
  • Anda akan diberitahu mengenai proses pembuatan akun yang hampir selesai. Pastikan untuk mengisi bagian saya bukan robot dan dilanjutkan dengan menekan tombol setuju dan buat akun.
  • Sisanya hanya perlu membuka konsol admin. Bagian ini mengakhiri seluruh proses pembuatan admin Google Suite.

Apabila institusi Pendidikan yang belum terdaftar dalam Google Suite, maka Anda bisa melakukannya sekarang juga dengan mengunjungi situs nusa.id cloud. Kami akan melayani pendaftaran akun admin institusi pendidikan dengan sangat baik, karena kami merupakan partner resmi Google Indonesia.