Mengenal Lebih Dalam Mengenai Cloud Server Dan Cara Kerjanya

Dalam dunia IT ada yang namanya cloud server. Istilah tersebut tentu saja asing bagi orang yang baru mulai mengenal dunia website. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa itu cloud server, maka ada baiknya mengenal apa itu cloud dulu.

Seluruh penjelasan tentang cloud akan dijelaskan secara lengkap melalui artikel ini. Anda akan bisa memahami pengertian dan manfaat dari cloud server dengan membaca ini sampai selesai. Langsung saja pembahasannya dimulai berikut ini.


Apa Itu Cloud ?


Pengertian dari cloud lebih merujuk pada beberapa koneksi server ke internet yang mana bisa disewakan sebagai bagian dari sebuah layanan aplikasi maupun software. Layanan berbasis cloud biasanya termasuk ke dalam web hosting, data hosting dan sharing, serta software.

Cloud juga bisa diartikan sebagai komputasi cloud dimana beberapa server terhubung bersama-sama untuk membagikan suatu muatan data. Hal ini bisa berarti daripada menggunakan satu buah perangkat yang canggih dan tangguh, maka lebih baik menggunakan beberapa perangkat serupa dengan ukuran kecil dan banyak.

Itu berlaku dalam hal cloud storage juga. Salah satu manfaat dari cloud storage adalah ada banyak sumber distribusi yang bertindak sebagai satu kesatuan dan sering disebut dengan federated storage clouds.


Apa Itu Cloud Server


Cloud server adalah sebuah layanan teknologi yang mengkombinasikan komputer dengan jaringan berbasis internet. Teknologi cloud server mendayagunakan media internet dan menjadikannya sebagai pusat server dalam mengelola data. Setiap data yang diperlukan akan bisa diakses dengan mudah tanpa adanya penyimpanan data ke perangkat penyimpanan.

Beberapa perangkat penyimpanan yang biasa digunakan adalah harddisk, CD, DVD, dan flashdisk. Penyimpanan data dalam sebuah perangkat tersebut sangat riskan hilang terselip, apabila pemiliknya teledor dalam meletakkan barang-barang. Menyimpan data di cloud server tidak akan hilang, seperti yang terjadi pada penyimpanan data secara manual ke perangkat keras.

Cloud server sangat memudahkan banyak orang yang memerlukan data untuk bisa mengaksesnya kapan saja. Anda yang berminat menggunakan layanan tersebut biasanya perlu mencantumkan nama email untuk pembuatan sebuah akun.

Setiap kali Anda yang akan menyimpan maupun membuka file yang ada di cloud server, maka Anda harus memberikan ID dan password sesuai akun yang sudah didaftarkan. Suatu layanan cloud server memungkinkan memberikan layanan berupa upgrade dan downgrade suatu resource server, sehingga bisa memenuhi keperluan konsumen.

Beberapa resource server yang dimasukkan ke dalam kategori tadi adalah jumlah core dari CPU dan jumlah RAM. Pastikan kedua fitur tadi bisa diatur sesuai keperluan konsumen atau biasa disebut dengan istilah On Demand. Apabila sebuah layanan cloud server tidak menyertakan fasilitas On Demand, maka bisa jadi itu adalah layanan VPS.

Bagi Anda yang memiliki dana lebih dapat memesan satu server untuk digunakan sendirian. Memesan server pribadi membuat kualitas lebih baik berkat infrastruktur yang terdiri atas lebih dari satu server yang akan dapat saling melakukan back up.


Kegunaan Cloud Server


Setiap orang yang bekerja dan berhubungan dengan komputer tiap hari, pasti sudah pernah mengalami kehilangan data. Bisa jadi itu ada data yang tidak penting sampai yang prioritas. Mengalami hal tersebut bisa membuat hari Anda menjadi menyebalkan, sehingga yang diperlukan hanya sebuah cloud server.

  1. Menurunkan Resiko Kehilangan Data
  2. Tidak lagi perlu cemas saat flashdisk rusak dan tidak bisa diselamatkan, karena sistem penyimpanan data di cloud server yang jauh lebih aman dari menyimpan data di perangkat keras. Setiap perusahaan yang besar sudah memanfaatkan cloud server sebagai gudang penyimpanan data penting perusahaan.

    Pastinya data yang ada di perusahaan besar penting semua dan harus bisa terhindar dari kerusakan maupun kehilangan data. Anda yang berniat untuk mengembangkan skala perusahaan disarankan untuk menyewa sebuah cloud server khusus perusahaan.

  3. Menghemat Dana Perusahaan
  4. Sebuah perusahaan memerlukan jumlah kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda tergantung dari jenis produk dan layanan yang mereka tawarkan. Namun, jumlah keperluan penyimpanan data sudah pasti lebih besar dari yang diperlukan oleh seorang karyawan. Terkadang jumlah kapasitas yang diperlukan bisa mencapai lebih dari 100 TB.

    Bayangkan saja berapa banyak perangkat yang harus dibeli dan harganya sudah pasti tidak akan murah. Selain itu, menggunakan penyimpanan berupa perangkat keras akan sangat menghabiskan ruang penyimpanan. Bisa-bisa perlu ruang gudang tersendiri untuk menyimpan seluruh perangkat fisik perusahaan yang sudah selesai dipakai.

    Apalagi kalau harus menyimpan data tersebut dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Sudah pasti akan sangat boros biaya. Cara menghemat dana perusahaan dalam hal penyimpanan data bisa menggunakan cloud server. Menyewa sebuah cloud server bisa jauh lebih murah daripada harus menambah jumlah perangkat keras terus menerus.

  5. Pelaksanaan Upgrade yang Mudah
  6. Keunggulan lain dari menggunakan sebuah cloud server adalah kemudahan dalam melakukan upgrade kapasitas performanya. Terkadang sebuah perusahaan perlu melakukan upgrade demi dapat menjaga kualitas produk maupun layanannya.

    Saat suatu perusahaan sudah menggunakan cloud server, meminta bantuan kepada penyedia cloud server untuk dilakukan upgrade sangat mudah. Proses upgrade dapat dilakukan dengan cepat dan bisa langsung dilakukan proses reboot bila diperlukan.

  7. Lebih Praktis
  8. Media penyimpanan fisik perlu dibawa setiap kali akan mengakses dan ini sangat merepotkan saat Anda perlu mengakses berbagai data yang disimpan pada lebih dari satu media penyimpanan. Ini bisa diandaikan mirip dengan membawa uang cash dengan hanya membawa sebuah kartu kredit maupun ATM.

    Sudah pasti membawa kartu kredit atau ATM lebih praktis daripada harus membawa uang dalam jumlah yang sangat banyak. Menggunakan cloud server membuat karyawan perusahaan yang berwenang mengakses data bisa melakukannya dengan lebih mudah tanpa harus membawa media penyimpanan fisik dalam jumlah yang banyak.

  9. Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Menyimpan Data


  10. Suatu cloud server dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam menyimpan data. Hal itu disebabkan oleh penggunaan sebuah server yang terisolasi hanya dalam sebuah lingkungan saja. Cloud server lainnya tidak akan berpengaruh terhadap cloud server yang dipakai oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

    Saat ada salah satu pengguna dalam lingkungan perusahaan yang overload, maka itu tidak akan berdampak pada cloud server perusahaan. Sangat berbeda sekali bukan antara menyimpan data dalam cloud server dengan media storage fisik.

Perusahaan tempat Anda bekerja memiliki banyak data dan masih disimpan secara manual di media storage fisik. Apabila berniat untuk menyewa sebuah cloud server khusus, maka Anda bisa menyewa melalui nusa.id. Seluruh konsumen dapat melakukan konsultasi secara gratis dan didukung oleh tim support sampai 24 jam.

Cloud server di nusa.id cloud menawarkan harga yang terjangkau di seluruh Indonesia. Proses aktivasi dapat dilakukan secara cepat dan sudah dilengkapi dengan Upstream protection. Saat Anda perlu melakukan upgrade maupun downgrade, maka bisa dilakukan secara cepat juga. Ada tiga paket yang kami sediakan yaitu Paket NCC 20, Paket NCC 25, dan Paket NCC 40.